UNTIDAR raih predikat `Informatif` dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021
Elshinta
Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 UNTIDAR raih predikat `Informatif` dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021
Sumber foto: Kurniawati/elshinta.com.

Elshinta.com - Universitas Tidar (UNTIDAR) berhasil menerima penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan predikat Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Perolehan penghargaan itu  diumumkan secara daring yang  dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI  KH. Ma’ruf Amin, Selasa (26/10).

“Saya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada seluruh Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) UNTIDAR atas diraihnya predikat Informatif. Ini menunjukkan upaya yang optimal dalam mewujudkan berbagai inovasi yang berkaitan dengan keterbukaan informasi publik,” ucap Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc., seusai menerima penghargaan secara virtual. 

Menurut Arifin, UNTIDAR terus mengembangkan berbagai inovasi dalam upaya mencapai standar pelayanan informasi publik yang ideal, diantaranya pembuatan sub website data.untidar.ac.id yang menjadi jendela daftar informasi publik yang bisa diakses oleh siapa saja. UNTIDAR juga memanfaatkan media sosial Instagram PPID untuk diseminasi informasi, dan penggunaan sistem barcoding sebagai representasi efektifitas dan efisiensi bagi masyarakat.

"Sistem ini memungkinkan meringkas alamat link yang terlalu panjang, agar langsung masuk ke alamat yang dituju hanya melalui pindai kode QR," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Kurniawati.

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, PPID Untidar meminimalisir permohonan informasi secara tatap muka. Aplikasi whatsapp dan email menjadi pilihan sebagai media tanya jawab antara pemohon informasi dengan petugas. Setiap whatsapp dan email yang masuk, akan dijawab tak lebih dari 1 x 24 jam oleh petugas.

"Kesemua inovasi tersebut bermanfaat bagi publik, diantaranya komprehensifitas akses informasi bagi masyarakat, efisiensi pemohon informasi karena pemohon informasi bisa mengakses dimanapun dan kapanpun, mengurangi tatap muka secara langsung dalam upaya pencegahan Covid 19, interaktif, dan menjamin publik memperoleh jawaban secara cepat," tambah Arifin.

Menurut Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana, penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik diberikan oleh KI Pusat setiap tahun kepada Badan Publik yang menerapkan dan menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan oleh KI Pusat. Tahun 2021 KIP melakukan monev kepada 337 Badan Publik. Hasilnya, 83 Badan Publik berpredikat Informatif, 63 Badan Publik berpredikat Menuju Informatif, 54 Badan Publik berpredikat cukup Informatif, 37 Badan Publik berpredikat Kurang Informatif dan 100 Badan Publik berpredikat Tidak Informatif. Untuk Kategori Perguruan Tinggi, 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berpredikat Tidak Informatif, 12 PTN berpredikat Kurang Informatif, 13 PTN berpredikat Cukup Informatif, 15 PTN berpredikat Menuju Informatif, dan 21 PTN berpredikat Informatif.

“Penganugerahan ini bukanlah suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar Badan Publik, tetapi harus kita maknai sebagai tolak ukur impelementasi keterbukaan informasi publik di tanah air yang kata kuncinya ada pada kualifikasi, bukan peringkat dan nilai suatu Badan Publik,” urai Gede Narayana dalam laporannya.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan Penganugerahan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Badan Publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik mengenai keterbukaan informasi melalui berbagi inovasi yang tiada henti.

“Pengelolaan Keterbukaan Informasi ini dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan transparan. Hasil penilaian juga sebagai sarana instropeksi semua badan publik untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19,” jelasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bupati Magelang serahkan sejumlah bantuan saat peringatan HUT KORPRI ke-50
Senin, 29 November 2021 - 17:44 WIB
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2021 Tingk...
Presiden Jokowi ingatkan anggota Korpri agar berikan layanan terbaik
Senin, 29 November 2021 - 14:36 WIB
Presiden Joko Widodo mengingatkan para anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk selal...
Bandar Lampung tutup semua tempat wisata jelang Natal dan Tahun Baru
Senin, 29 November 2021 - 12:18 WIB
Pemerintah Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung akan menutup sementara semua tempat wisata di wi...
Kemenkes: Waspadai gelombang ketiga saat Natal-Tahun Baru
Senin, 29 November 2021 - 11:56 WIB
Seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman gelombang ketiga pandemi C...
Satgas TNI Yonif 403 layani kesehatan ke rumah warga perbatasan
Senin, 29 November 2021 - 11:12 WIB
Tim kesehatan Satgas TNI Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista menggelar pelayanan kesehatan ke...
Cegah varian Omicron, Kemenhub perketat pintu masuk internasional
Senin, 29 November 2021 - 09:30 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melakukan penyesuaian syarat perjalanan internasional dal...
Erick Thohir bercita-cita buat sentra kuliner Indonesia di luar negeri
Senin, 29 November 2021 - 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memiliki cita-cita untuk membuat sentra (hub) untuk memperkenalkan kuliner...
Warga Sukabumi positif COVID-19 ketika baru pulang dari Arab Saudi
Senin, 29 November 2021 - 07:30 WIB
Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi pada akhir pekan atau Minggu, (28/11...
BMKG ingatkan hujan petir guyur Kalsel di tengah bencana banjir
Senin, 29 November 2021 - 06:15 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjar...
Pemerintah Indonesia akan tingkatkan kerja sama dengan Palestina
Minggu, 28 November 2021 - 21:47 WIB
Pemerintah Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Palesti...
InfodariAnda (IdA)