HUT ke-70, PP PERBASI tekadkan target ke FIBA World Cup 2023
Elshinta
Minggu, 24 Oktober 2021 - 14:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 HUT ke-70, PP PERBASI tekadkan target ke FIBA World Cup 2023
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Hari ulang tahun (HUT) PP PERBASI ke-70 pada 23 Oktober 2021 dirayakan dengan penuh keakraban. Ajang ini menjadi momen kangen-kangenan sesama pengurus federasi bola basket Indonesia sejak awal 2020 dilarang ngumpul akibat pandemi Covid 19. Perayaan secara sederhana di Villa Robinson Cisarua Resort Bogor, Jawa Barat, ditutup dengan "konser" Ketum PP PERBASI Danny Kosasih dengan menyanyikan lagu 'Gereja Tua' yang populerkan Panbers dan Sekjend PP PERBASI yang membawakan lagu 'Jangan Ada Dusta di Antara Kita' milik Broery Marantika pada Sabtu malam (23/10).

Para pengurus yang hadir di acara malam itu hanyut ikut bernyanyi bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan sumbang lagi dari pengurus lain kemudian potong tumpeng nasi kuning dan makan bersama. Acara syukuran ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun PP PERBASI oleh pengurus yang dilakukan pada 22 hingga 24 Oktober 2021.

Sebelum puncak acara itu, para pengurus PP PERBASI menggelar rapat pleno. Rapat ini membahas organisasi dan menghasilkan beberapa program spektakuler yang akan diputar tahun ini yang berlanjut tahun depan. Program tersebut dipaparkan kepada publik melalui konferensi pers usai rapat pleno. Hadir dalam acara itu Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi, Bendahara Umum Cyrus Harsaningtyas, Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng, Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi, dan Waketum Bidang Organisasi Wawan Mulyana. 

"Rapat Pleno berjalan lancar ada beberapa program yang telah diputuskan dan disetujui. Seperti rangkaian kegiatan HUT PERBASI ke-70 yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi FIBA World Cup," jelas Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Minggu (24/10).

Dikatakan Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, program yang dibahas dalam rapat pleno akan dilakukan selambatnya 2 bulan ke depan. Goal besar untuk timnas, akan mempersiapkan Timnas Elite proyeksi FIBA World Cup 2023. Awal bulan depan akan training camp ke Amerika Serikat untuk kemudian match jumpa Lebanon dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023 untuk window pertama pada 26 dan 29 November 2021.

Namun demikian, Danny menegaskan bahwa target tembus 8 besar FIBA Asia Cup tahun depan tetap menjadi harga mati. Ini bisa menjadi jalur lain menembus putaran final FIBA World Cup 2023 selain melalui kualifikasi. Mendukung target ini, PP PERBASI juga sudah membentuk Timnas Elite Muda yang difungsikan sebagai penyedia pemain muda berkualitas untuk dipilih Coach Timnas Bolabasket Indonesia Rajko Toroman. Saat ini juga baru saja selesai seleksi tahap pertama dan akan dilakukan seleksi tahap berikutnya. "Nantinya, materi pemain bisa dipakai Coach Toro dan status pemain belum terikat dengan klub IBL," jelas Danny. 

Nah, agar dukungan publik melimpah dalam penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, PP PERBASI meluncurkan program Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini masyarakat Indonesia bisa demam bola basket. Rencananya dieksekusi mulai tahun 2022 dengan menyentuh lapisan masyarakat hingga pelosok di 80 kota di seluruh Indonesia. 

"Konsepnya, selain untuk demamkan masyarakat terhadap bola basket, program ini untuk menambah jam terbang para pebasket muda. Pelaksanaannya mengambil waktu saat wekend, Jumat sampai minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Toyal akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov," terang Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George.

Pada perayaan ulang tahun kali ini juga  dimanfaatkan untuk mentransformasi PP PERBASI menjadi lebih profesional. Salah satunya dengan merapihkan administrasi organisasi. Kemudian melakukan rebranding PP PERBASI dalam marketing. Dengan membuat logo baru kegiatan dan menyegarkan sosial media. Tujuannya menambah awareness kepada publik terhadap PP PERBASI. 

"Semuanya akan kita perkenalkan atau launching saat perayaan ulang tahun PP PERBASI dengan publik di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, bulan depan. HUT PERBASI ke-70 akan menjadi momentum program ke depan, rangkaian acara peluncuran logo dan label basketball Indonesia, pemberian penghargaan terhadap tokoh bola basket Nasional termasuk launching sosmed PP Perbasi  bersifat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mem-follow semua kegiatan PP PERBASI," jelas Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Masuki Grand Final, Piala Presiden Esports 2021 diharapkan dongkrak pariwisata Bali
Rabu, 08 Desember 2021 - 20:14 WIB
Piala Presiden Esports 2021 bakal segera memasuki babak grand final yang akan berlangsung pada 17 -1...
Pemkot Bandung salurkan Rp16,5 miliar untuk bonus atlet PON-Peparnas
Rabu, 08 Desember 2021 - 18:33 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyalurkan bonus sebesar Rp16,5 miliar bagi para atlet Pekan Olahr...
Kormi Kabupaten Bogor ajukan diri jadi tuan rumah Fornas 2023
Selasa, 07 Desember 2021 - 08:59 WIB
Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Bogor Usep Supratman men...
Ratusan atlet dari 28 provinsi ikuti Indonesia Wushu All Games 2021
Selasa, 07 Desember 2021 - 08:01 WIB
Sedikitnya 578 atlet dari 28 provinsi di Tanah Air mengikuti ajang Indonesia Wushu All Games 2021 di...
Kontingen Indonesia bawa pulang 12 medali emas dalam ajang AYPG 2021
Selasa, 07 Desember 2021 - 07:01 WIB
Kontingen Indonesia membawa pulang 37 medali dengan rincian 12 emas, 11 perak, dan 14 perunggu dalam...
Para-renang Indonesia lampaui target pada gelaran AYPG 2021
Senin, 06 Desember 2021 - 17:23 WIB
Atlet para-renang Indonesia tampil gemilang dalam gelaran Asian Youth Para Games (AYPG) Bahrain 2021...
BWF tuai kritik karena jadwal turnamen yang padat
Sabtu, 04 Desember 2021 - 08:45 WIB
Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menuai kritik seiring dengan bertambahnya pebulu tangkis yang bert...
Indonesia siap bertarung di final kejuaraan dunia Call of Duty Mobile
Jumat, 03 Desember 2021 - 16:39 WIB
Tim perwakilan Indonesia, DG Esports, siap bersaing dengan 23 tim lainnya dari seluruh dunia di baba...
WTA tangguhkan semua turnamen di China menyusul kasus Peng Shuai
Kamis, 02 Desember 2021 - 12:12 WIB
Asosiasi tenis perempuan (WTA) mengatakan segera menangguhkan turnamen yang akan digelar di China ka...
Kunjungi EVOS Integrated Training Facility, Pemerintah komitmen kembangkan potensi atlet esports Nasional
Kamis, 02 Desember 2021 - 11:05 WIB
Turnamen Piala Presiden Esports (PPE) 2021 bakal segera memasuki puncaknya pada babak grand final di...
InfodariAnda (IdA)