Mengenal propolis lebah, nutrisi dan manfaat bagi kesehatan
Elshinta
Minggu, 24 Oktober 2021 - 13:06 WIB |
Mengenal propolis lebah, nutrisi dan manfaat bagi kesehatan
Sumber foto: Antara/elshinta.com

Elshinta.com - Propolis lebah atau dikenal sebagai lem lebah merupakan zat resin lengket yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Propolis ini banyak digunakan sebagai obat karena memiliki nutrisi dan manfaat kesehatan.

Mengutip Boldsky, Minggu, lem lebah merupakan zat padat, namun jika dipanaskan menjadi lunak, elastis dan sangat lengket. Warna propolis bervariasi tergantung pada dari pohon mana lebah tersebut mengumpulkan resin.

Propolis mentah mengandung sekitar 50 persen resin (termasuk flavonoid dan asam fenolik), 10 persen minyak atsiri, 30 persen bahan lilin, 5 persen serbuk sari, dan sisanya 5 persen berbagai senyawa organik. Ada sekitar 12 flavonoid penting dalam propolis dan beberapa di antaranya adalah luteolin, catechin, kaempferol dan quercetin.

Dua asam fenolik penting dalam propolis adalah asam sinamat dan caffeic. Propolis lebah mengandung lebih dari 300 senyawa yang meliputi, polifenol, asam sinamat, asam benzoat, benzaldehida, tokoferol, asam diterpenat, keton, terpen, mineral, asam amino, sterol, senyawa heteroaromatik dan turunan dari senyawa tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa mineral penting termasuk magnesium, natrium, kalium, mangan, besi, seng dan tembaga. Sedangkan vitamin yang dikandungnya adalah vitamin C, E, B1, B2 dan B6. Resveratrol, polifenol penting juga ditemukan dalam propolis lebah.

Berikut ini adalah manfaat propolis lebah untuk kesehatan.

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Propolis lebah memiliki efek imunomodulasi yang membantu meningkatkan kekebalan serta mengobati banyak gangguan terkait kekebalan.

Propolis lebah juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih, membangkitkan antibodi penetral yang lebih tinggi, meningkatkan penggandaan sel B dan T, menginduksi perlindungan dini dan juga memberikan efek perlindungan ketika digunakan sebagai bahan vaksin. Hal ini bisa jadi karena adanya senyawa fenolik yang tinggi dalam propolis lebah.

2. Membantu menyembuhkan luka

Propolis lebah adalah zat anti-inflamasi yang sangat baik dengan kemampuan penyembuhan luka, terutama bagi penderita diabetes dan kekurangan sirkulasi perifer.

Senyawa kimia dalam lem lebah, terutama flavonoid dan asam fenolik dapat menginduksi proliferasi sel endotel yang dapat membantu mengisi jaringan yang rusak dan menyembuhkan luka lebih cepat.

3. Mencegah infeksi virus

Makanan super ini memiliki aktivitas antivirus yang ampuh melawan infeksi virus seperti herpes, hepatitis, influenza, penyakit virus ebola, penyakit pernapasan virus, retrovirus, dan demam kuning.

Menurut sebuah penelitian, flavonoid, terutama flavon dan flavonol dalam propolis lebah dapat bertindak melawan berbagai infeksi virus, termasuk COVID-19.

4. Produk perawatan kulit yang bagus

Lem lebah memiliki banyak sifat seperti antioksidan, anti-inflamasi, antibiotik, antialergi, antipenuaan dan tonik yang dapat membantu mengobati atau mencegah berbagai kondisi yang berhubungan dengan kulit seperti infeksi jamur, intertrigo, sariawan, luka bakar, jerawat dan cheilosis.

Propolis juga bahan yang bagus untuk produk tabir surya karena adanya asam caffeic, ferulic dan coumaric. Propolis adalah makanan anti penuaan yang bagus dan juga menjaga kelembapan kulit lebih lama.

5. Membantu mengobati infeksi bakteri

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa propolis lebah adalah agen antibakteri yang hebat terhadap strain bakteri seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan bakteri yang resistan terhadap banyak obat.

Aktivitas antibakteri terutama karena adanya senyawa kimia seperti flavanol, asam caffeic, flavonoid, quercetin, galangin, ester dan pinocembrin. Propolis juga memiliki aktivitas antibakteri terhadap strain bakteri lain seperti Klebsiella pneumoniae dan Listeria monocytogenes.

6. Baik untuk pilek dan sakit tenggorokan

Pilek dan sakit tenggorokan terutama yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Seperti disebutkan di atas, propolis memiliki tindakan anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan paru-paru dan mengobati pilek dan sakit tenggorokan.

Propolis juga baik terhadap infeksi pernapasan akut lainnya seperti flu musiman dan kemacetan dada dan komplikasi terkait seperti sinusitis.

7. Meningkatkan fungsi ginjal

Proteinuria (kehilangan protein melalui urin) merupakan penanda penting penyakit ginjal kronis, terutama pada penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, propolis memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan dan imunomodulator yang dapat membantu mengurangi hilangnya protein dari tubuh.

8. Mengatasi radang sendi

Kemampuan anti-inflamasi propolis sudah terkenal. Karena radang sendi adalah penyakit radang, konsumsinya dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan radang sendi dan membantu meringankan rasa sakit pada orang dengan kondisi tersebut. Flavonoid dalam propolis juga dapat membantu mengurangi risiko radang sendi dan penyakit tulang lainnya.

9. Mengobati sariawan

Stomatitis aftosa adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pembentukan berulang dari sariawan yang tidak menular dan jinak. Ini bisa menjadi kondisi yang menyakitkan dengan penyebab yang tidak diketahui.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa propolis lebah dapat membantu mengurangi wabah sariawan hingga 50 persen. Ini juga dapat membantu mengobati kondisi sepenuhnya. Propolis lebah dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang kelelahan dengan gangguan ulseratif ini.

10. Membantu melawan kanker

Propolis lebah memiliki efek kemopreventif yang kuat karena adanya banyak fitokimia. Resin, yang membuat 50 persen propolis, sebagian besar adalah flavonoid dan asam fenolik.

Resin terutama berkontribusi pada aktivitas anti-kanker propolis dan dapat efektif melawan jenis kanker yang berhubungan dengan kulit, pankreas, prostat, hati, paru-paru lambung, kolorektal, payudara, mulut dan banyak lagi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Moeldoko: Perlu sumber pendanaan alternatif untuk BPJS Kesehatan
Senin, 29 November 2021 - 14:45 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan diperlukannya sumber pendanaan alternatif untuk menga...
 Pemkot bertekad turunkan angka stunting di Kota Magelang
Minggu, 28 November 2021 - 13:44 WIB
Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah bertekad terus menekan jumlah anak penderita stunting di wilay...
Tetap sehat saat liburan, pilih protein yang tepat
Minggu, 28 November 2021 - 12:35 WIB
Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Saat liburan, kita cenderung mengkonsumsi makanan tinggi ka...
Alasan PPOK bisa munculkan sesak
Minggu, 28 November 2021 - 12:11 WIB
Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), dr. Aditya Wirawan, Ph.D, Sp.P,...
PPOK dan kanker paru bisa dicegah dengan berhenti merokok
Minggu, 28 November 2021 - 11:59 WIB
Rokok adalah salah satu jenis candu yang dapat membahayakan kesehatan dan menimbulkan berbagai masal...
Bupati Sleman ajak masyarakat rutin olahraga cegah penyakit degeratif
Sabtu, 27 November 2021 - 17:41 WIB
Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk dapat secara...
Kompetisi kopi COE pertama Asia digelar oleh Indonesia
Sabtu, 27 November 2021 - 13:35 WIB
Indonesia menjadi Negara Asia pertama yang menggelar kompetisi kopi Cup of Excellence (COE). Sebanya...
Mengatasi gejala kelelahan pada penyintas COVID-19
Sabtu, 27 November 2021 - 12:21 WIB
Kelelahan atau fatigue adalah gejala yang paling sering ditemukan pada post-COVID syndrome, bahkan k...
Tiga metode terapi pasien kanker paru
Sabtu, 27 November 2021 - 10:35 WIB
Dr. Ralph Girson Ginarsa, SpPD-KHOM, spesialis penyakit dalam dan konsultan hematologi onkologi medi...
 Turunkan stunting, DP2KBP3A Boyolali lakukan latihan orientasi
Kamis, 25 November 2021 - 19:46 WIB
Upaya percepatan turunkan stunting di Kabupaten Boyolali JawaTengah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) B...
InfodariAnda (IdA)