Kapolri: Jangan ragu pecat dan pidanakan anggota yang melanggar! 
Elshinta
Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:23 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Kapolri: Jangan ragu pecat dan pidanakan anggota yang melanggar! 
Sumber foto: Rizkia/elshinta.com.

Elshinta.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajarannya untuk memberikan tindakan tegas kepada oknum anggota kepolisian yang melanggar aturan saat menjalankan tugasnya. 

Sigit menekankan kepada seluruh Kapolda dan Kapolres untuk tidak ragu memberikan sanksi tegas berupa pidana atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada personelnya yang tidak menjalankan tugas sesuai aturan. 

"Perlu tindakan tegas jadi tolong tidak pakai lama, segera copot, PTDH, dan proses pidana. Segera lakukan dan ini menjadi contoh bagi yang lainnya. Saya minta tidak ada Kasatwil yang ragu, bila ragu, saya ambil alih," kata Sigit dalam arahannya kepada jajaran melalui Vicon di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/10).

Menurut mantan Kapolda Banten ini, perbuatan oknum anggota kepolisian telah merusak marwah dari institusi Polri. Hal itu juga telah menciderai kerja keras dan komitmen dari personel Korps Bhayangkara yang telah bekerja secara maksimal untuk masyarakat. 

Sigit mencontohkan kerja keras dan perjuangan anggota Polri yang positif adalah dengan berjibaku melakukan penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. Diantaranya, memastikan penyaluran bansos tepat sasaran, melakukan akselerasi vaksinasi dan memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, Sigit berharap dengan adanya tindakan tegas kepada oknum polisi yang melanggar aturan dapat memberikan efek jera. Mengingat, kelakuan dari oknum tersebut berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, yang selama ini telah mendapatkan tren positif.

"Saya tidak mau kedepan masih terjadi hal seperti ini, dan kita harus melakukan tindakan tegas. Karena kasihan anggota kita yang sudah kerja keras, yang cape yang selama ini berusaha berbuat baik, terus kemudian hancur gara-gara hal-hal seperti ini. Tolong ini disikapi dengan serius, kemudian lakukan langkah-langkah konkret yang baik," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Disisi lain, Sigit memberikan apresiasi kepada seluruh personel yang selama ini telah berjuang dan bekerja keras yang menjaga nama baik institusi, serta bekerja untuk kepentingan Bangsa Indonesia. Ia berharap, perilaku oknum tersebut tak mengendorkan semangat personel yang telah bekerja baik selama ini. 

"Saya berikan apresiasi atas kerja keras, tetap semangat dan yakini apa yang dilakukan dilapangan benar sesuai SOP. Namun bila ada kesengajaan dan pelanggaran dari oknum yang bisa menjatuhkan marwah institusi, maka saya minta tak ada keraguan untuk memberikan tindakan tegas," ucap Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima Kontributor Elshinta, Rizkia, Rabu (20/10).

Oleh karena itu, Sigit menegaskan, kedepannya seluruh jajaran Polri harus mampu membaca situasi kapan harus mengedepankan pendekatan humanis, dan kapan harus melakukan tindakan tegas. 

"Jadi lakukan langkah-langkah kapan rekan-rekan harus humanis, kapan rekan-rekan laksanakan langkah-langkah tegas dilapangan sebagaimana SOP yang berlaku. Itu semua ada ukuran," tutur Sigit.

Sementara itu, Sigit juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan masukan dan kritiknya. Menurutnya, semua aspirasi tersebut akan dijadikan bahan evaluasi demi kebaikan dan kemajuan Polri. 

Sigit memastikan, Polri lembaga yang terbuka, sehingga tidak anti-kritik, apalagi masukan yang sifatnya membangun untuk menjadikan lebih baik lagi kedepannya. 

"Jangan anti-kritik, apabila ada kritik dari masyarakat lakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik," tutup Sigit.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kodam XVII/Cenderawasih serahkan 67 kendaraan operasional Mabes TNI AD
Rabu, 01 Desember 2021 - 07:45 WIB
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyerahkan 67 unit kendaraan oper...
Danrem 172/PWY tegaskan TNI kuasai Suru-suru
Selasa, 30 November 2021 - 14:45 WIB
Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menegaskan TNI saat ini sudah menguasai Suru-suru usai pe...
TNI bagikan sembako untuk warga Jila Mimika Papua
Selasa, 30 November 2021 - 08:01 WIB
Prajurit TNI Kodim 1710/Mimika Serda Lambertus Stevanus H membagikan paket sembako di Kampung Deloa ...
Mabes Polri tegaskan soliditas sinergisitas TNI-Polri tetap terjaga
Senin, 29 November 2021 - 19:25 WIB
Salah satu pejabat di Mabes Polri menegaskan keributan yang melibatkan oknum TNI-Polri kerap terjadi...
Kapolri perintahkan periksa anggota terlibat pertikaian Tembagapura
Senin, 29 November 2021 - 16:07 WIB
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sud...
 Antisipasi banjir dan longsor, personel lalu lintas siaga
Minggu, 28 November 2021 - 17:58 WIB
Personel dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya...
 Begi-bagi jamu, Operasi Zebra Candi ala Satlantas Polres Kudus
Minggu, 28 November 2021 - 14:26 WIB
Puluhan anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kudus, Jawa Tengah berkumpul di sisi timur kawasan Alun-a...
Satgas TNI Yonif 123 berikan bantuan tas-buku anak di perbatasan
Minggu, 28 November 2021 - 10:27 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali di bawah Kolakopsrem 174/ATW Merauke menjadi gu...
Satgas Yonif 512 bagikan pakaian untuk warga perbatasan RI-PNG
Minggu, 28 November 2021 - 09:03 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalilapar dipimpin Danpos Letda Inf Wahyu...
Kodim Polewali Mandar sisir pelosok ajak warga divaksin
Minggu, 28 November 2021 - 08:51 WIB
Kodim 1402 Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyisir pelosok desa setempat untuk mengajak ...
InfodariAnda (IdA)