Festival Film Busan dibuka hampir sepenuhnya normal
Elshinta
Kamis, 07 Oktober 2021 - 12:28 WIB |
Festival Film Busan dibuka hampir sepenuhnya normal
Ilustrasi Festival Film Internasional Busan (Antara/elshinta.com)

Elshinta.com - Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-26 dibuka pada Rabu malam (6/10) waktu setempat dengan kondisi hampir sepenuhnya normal atau lebih banyak berpusat pada acara secara langsung.

Festival film terbesar di Asia ini diselenggarakan selama 10 hari dengan upacara pembukaan yang dihadiri 1.200 penonton di teater terbuka Busan Cinema Center yang berlokasi di kota pelabuhan selatan Busan. Acara ini dipandu oleh aktor Korea Selatan Song Joong-ki dan Park So-dam.

Sutradara Jepang Ryusuke Hamaguchi serta aktor Korea Yoo Ah-in, Doh Kyung-soo, dan Jeon Yeo-been termasuk di antara mereka yang telah melakukan perjalanan jarak jauh ke kota yang terletak 450 kilometer tenggara Seoul itu.

“Tahun ini, BIFF akhirnya menjadi tuan rumah upacara pembukaan festival film, berkat upaya bersama kami untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Saya berharap BIFF akan membantu kita selangkah lebih dekat ke kehidupan normal kita,” kata Walikota Busan Park Heong-joon saat membuka festival tahunan tersebut, dikutip dari laporan Yonhap pada Kamis.

Penyelenggaraan BIFF hampir kembali ke situasi normal. Seluruh pengunjung dan peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes negatif COVID-19 pada saat kedatangan.

Tahun ini, semua film panjang yang diundang akan ditampilkan dua hingga tiga kali masing-masing di enam bioskop, sementara beberapa film pendek akan diputar secara daring. Setiap sesi penayangan film di bioskop akan berjalan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Otoritas festival mengatakan mereka akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan yang aman di bawah pedoman pengendalian COVID-19 di Busan.

Film “Heaven: To the Land of Happiness” karya sutradara Im Sang-soo adalah film pertama yang diputar di BIFF tahun ini yang dihadiri oleh sekitar 220 undangan dari 70 negara.

Dibintangi oleh aktor kawakan Choi Min-sik dan Park Hae-il, film “Heaven” menyoroti kisah dua buronan laki-laki. Film ini masuk seleksi resmi untuk Festival Film Cannes 2020 tetapi ditayangkan perdana di BIFF karena Festival Cannes dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Sementara itu, film biopik penyanyi Hong Kong dan aktris Anita Mui “Anita” karya sutradara Leung Longman akan menjadi film penutup acara festival.

Tiga film akan ditampilkan di Gala Presentation yang bergengsi, yakni karya garapan Leos Carax yang sempat menjadi film pembuka Festival Cannes tahun ini “Annette” dan dua karya dari sutradara Ryusuke Hamaguchi, yakni “Wheel of Fortune and Fantasy” yang memenangkan Silver Bear Grand Jury Prize di Festival film Berlin dan “Drive My Car” yang dianugerahi skenario terbaik di Cannes.

Pada bagian kompetisi “New Currents” tahun ini, 11 film dari 10 negara, termasuk “The Absent Director” oleh Arvand Dashtaray dari Iran, “Photocopier” oleh Wregas Bhanuteja dari Indonesia, dan “Farewell, My Hometown” oleh Wang Er Zhuo dari China, akan bersaing memperebutkan penghargaan.

Dua serial Netflix “Hellbound” dan “My Name” serta serial original HBO Asia “Forbidden” akan diputar perdana di bagian sesi “On Screen”. Sesi tersebut dirancang untuk menayangkan serial drama baru yang akan dirilis secara daring di platform streaming.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dua film `Mission: Impossible` ditunda hingga 2023 dan 2024
Sabtu, 22 Januari 2022 - 18:26 WIB
Dua film `Mission:Impossible` yang menjadi franchise langganan aktor Tom Cruise dipastikan mengala...
Pemerintah apresiasi `Before, Now & Then` masuk Festival Film Berlin
Jumat, 21 Januari 2022 - 22:55 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapr...
Alasan Hanung Bramantyo pilih jadi produser di film `Just Mom`
Jumat, 21 Januari 2022 - 10:41 WIB
Hanung Bramantyo mengatakan bahwa alasannya menjadi seorang produser di film `Just Mom` adalah karen...
Cerita Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae-in adu peran di `Snowdrop`
Kamis, 20 Januari 2022 - 22:07 WIB
Dua aktor utama `Snowdrop`, yaitu Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae-in membagi cerita mereka beradu peran...
Rano Karno dan Maudy bersatu dalam film `Pelangi Tanpa Warna`
Kamis, 20 Januari 2022 - 21:07 WIB
Rano Karno dan Maudy Koesnaedi kembali dipasangkan namun bukan sebagai Doel dan Zaenab, melainkan da...
Kisah seru Angga Dwimas Sasongko garap film `Ben & Jody`
Rabu, 19 Januari 2022 - 10:53 WIB
Demi menggarap film `Ben & Jody`, sutradara Angga Dwimas Sasongko sempat melakukan adegan drift h...
Denzel Washington bocorkan soal film `Equalizer 3`
Senin, 17 Januari 2022 - 17:07 WIB
Denzel Washington mengungkap bahwa film`Equalizer 3` sudah selesai ditulis.
Mamoru Hosoda berbagi inspirasi di balik film anime `Belle`
Senin, 17 Januari 2022 - 10:40 WIB
Dikenal karena karyanya di film-film seperti `The Girl who Leapt Through Time`, `Wolf Children`, `Mi...
`Drive My Car` dinobatkan sebagai film terbaik di TFCA Awards
Senin, 17 Januari 2022 - 09:45 WIB
Toronto Film Critics Association (TFCA) menobatkan “Drive My Car” karya sutradara Ryusuke Hamagu...
Netflix naikan biaya langganan bulanan di AS dan Kanada
Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:25 WIB
Netflix menaikan biaya berlangganan bulanan untuk para penggunanya di Amerika Serikat (AS) dan Kanad...
InfodariAnda (IdA)