Wapres tinjau sentra vaksinasi kedua yang digelar Kompas Gramedia dan Neoclinic
Elshinta
Kamis, 23 September 2021 - 16:22 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Wapres tinjau sentra vaksinasi kedua yang digelar Kompas Gramedia dan Neoclinic
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Pemerintah Republik Indonesia menentukan target sasaran vaksinasi dalam mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity sebanyak 208.265.720 orang. Tercatat per 12 September 2021 lalu, jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yaitu 72.766.195 orang atau 34,94%, sedangkan jumlah masyarakat yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua hanya sejumlah 41.734.734 orang atau sekitar 20,04% dari total target sasaran vaksinasi.

 
Sesuai rekomendasi dari  World Health Organization (WHO), program vaksinasi harus dilakukan dengan memberikan dua dosis untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencegah penularan virus Covid-19. Neoclinic, klinik kesehatan berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Ralali.com kembali berkolaborasi dengan Kompas Gramedia melaksanakan sentra vaksinasi dosis kedua yang akan diselenggarakan selama 15 hari mulai dari 14 September 2021 hingga 15 Oktober 2021. 
 
Adapun kegiatan vaksinasi dosis kedua ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, beserta para pejabat pemerintah lainnya. Mengusung tema #BerkolaborasiUntukIndonesia, vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini ditargetkan untuk diikuti oleh 10.000 pekerja dengan dukungan penuh dari pemerintah. Wapres RI, Ma’ruf Amin hadir untuk meninjau kegiatan sentra vaksinasi Covid-19 dosis kedua demi memastikan percepatan target vaksinasi untuk mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity).
 
"Saya apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas peran dan kontribusi nyata dalam melakukan upaya percepatan vaksinasi melalui Sentra Vaksinasi Dosis Kedua ini, seperti yang dilakukan pada hari ini hingga 5 Oktober 2021 mendatang. Kunci terwujudnya keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting,” jelas Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin saat melakukan peninjauan pagi tadi di Bentara Budaya Jakarta.
 
Sebelumnya, Neoclinic dan Kompas Gramedia telah berhasil menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada Juli lalu yang diikuti oleh 10.000 pekerja media. Vaksinasi dosis kedua kali ini bertempat di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat. 
 
Jenis vaksin yang akan diberikan adalah AstraZeneca, bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk membentuk antibodi yang dapat melawan infeksi virus Covid-19 disimpulkan efikasi atau tingkat efektifitas AstraZeneca mencapai 63–75 persen. AstraZeneca telah lolos uji klinis dan sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
 
“Kegiatan Sentra Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua ini diharapkan dapat segera memenuhi target pemerintah dalam percepatan program vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Melalui Neoclinic, klinik kesehatan berbasis teknologi yang dikembangkan Ralali.com, kami terus berupaya terjun secara langsung untuk bantu penanggulangan Covid-19 demi mewujudkan herd immunity,” papar Joseph Aditya, CEO Ralali.com.
 
Seluruh penyelenggara termasuk Neoclinic sebagai tenaga medisnya sangat memperhatikan protokol kesehatan di setiap penyuntikan vaksinasi dosis kedua ini. Peserta yang masuk akan dibatasi dan ruangan vaksinasi akan disteril secara berkala setiap pergantian kelompok peserta yang mengikuti vaksin.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Video keluarga DPO MIT Poso ajak pulang ke rumah kembali beredar
Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:57 WIB
Setelah Video ibu Ahmad Panjang, terduga teroris Poso yang meminta anaknya pulang tersebar di media ...
Relawan Jokowi desak Tito cabut aturan PCR penerbangan
Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:44 WIB
Ketua Jokowi Mania (JoMan), Imanuel Ebenezer menyatakan penerbitan UU itu sangat bermotif dan beraro...
Pengamat: jangan tergiur arisan daring dengan keuntungan ganda
Minggu, 24 Oktober 2021 - 19:56 WIB
Pengamat hukum Faisal mengingatkan masyarakat, terutama kalangan remaja dan ibu rumah tangga tidak t...
Ribuan ASN Kemenkumham donor darah
Minggu, 24 Oktober 2021 - 18:46 WIB
Sebanyak 3.800 aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di seluruh Indone...
Giat `Kumham Peduli` bagikan 1.000 bingkisan untuk pasien Wisma Atlet 
Minggu, 24 Oktober 2021 - 18:34 WIB
Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyelenggarakan bakti sosial dengan tema `Kumham Peduli,...
RT dilibatkan sisir warga yang belum divaksin Covid-19
Minggu, 24 Oktober 2021 - 18:23 WIB
Kalangan DPRD Sukoharjo, Jawa Tengah meminta pemerintah daerah mengoptimalkan pengurus kampung menyi...
Kasus COVID-19 bertambah 623 orang, DKI laporkan tambahan terbanyak
Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:56 WIB
 Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat kasus penularan COVID-19 di Indonesia bertambah...
Tinjau vaksinasi Covid-19, Pangdam III/Siliwangi apresiasi inovasi Pemkab Indramayu
Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:11 WIB
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto meninjau Serbuan V...
PLN Mobile VCRR 2021 kumpulkan donasi Rp4,3 miliar penyambungan listrik keluarga pra-sejahtera
Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:46 WIB
Gelaran PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 disambut antusiasme yang tinggi dari mas...
Sinergi Korem 101/Antasari-Ponpes Walisongo gelar sunatan massal 
Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:37 WIB
Korem 101/Antasari bekerja sama dengan Pondok Pesantren Walisongo Fiddaris Salam Banjarbaru, melaksa...