Profesionalitas dan ketaatan pajak krusial dalam menjalankan usaha ekspor
Elshinta
Sabtu, 18 September 2021 - 21:45 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Profesionalitas dan ketaatan pajak krusial dalam menjalankan usaha ekspor
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Profesionalitas dan ketaatan hukum, termasuk dalam hal perpajakan, sangat krusial dalam menjalankan usaha terutama ekspor, tanpa itu perusahaan atau startup akan sulit berkembang dan bahkan mengalami kerugian finansial.

Abu Bakar Nazibulloh dari Madeinindonesia.com dan Harumi Sekar Melati dari KontrakHukum.com menyampaikan hal itu dalam webinar bersama, Jumat (17/9). 

Acara webinar bertajuk “Pentingnya Legalitas Bagi Pelaku Usaha” ini diselenggarakan dalam memberikan edukasi publik mengenai proses pendirian usaha dan ekspor, khususnya terkait isu legalitas.

Dalam paparannya, Harumi Sekar Melati, menjelaskan secara kronologis mengenai proses pendirian badan usaha (atau startup), pendaftaran merek dagang dan persyaratan untuk mendirikan sebuah badan usaha.

Harumi menekankan pentingnya membedakan mana urusan pribadi (personal) dan mana urusan pekerjaan (professional), terutama dalam menjalankan sebuah startup.

“Founder agreement [kesepakatan para pendiri] penting mencantumkan mana urusan personal dan mana urusan professional,” katanya.

Menjelaskan pentingnya membedakan urusan personal dan urusan professional, Harumi mengambil contoh nyata dari kasus yang menimpa usaha restoran Ayam Goreng Ny. Suharti.

Menurutnya, awalnya, usaha restoran ayam goreng itu didirikan oleh suami istri tanpa ada perjanjian hukum hitam di atas putih. Sesuatu yang wajar karena keduanya adalah suami istri yang saling percaya satu sama lain.

“Ayam Goreng Ny. Suharti didirikan pasangan suami istri. Saat membangun bisnis, tentunya mereka berbagi ide terkait rahasia dagang termasuk resep dan sebagainya,” ungkapnya.

Dalam perkembangannya, kedua suami istri menghadapi masalah rumah tangga yang tidak terselesaikan dan berujung pada perceraian. Sangat disayangkan, semua aset jatuh ke suami. Sang istri tidak mendapatkan apa-apa. Lalu kemudian publik tahu belakangan ada “dua versi ayam goreng Ny. Suharti”, yang satu tetap pakai gambar logo perempuan (yang diasumsikan sebagai Ny. Suharti) dan satunya lagi pakai logo ayam.

Pada awalnya saling percaya, tapi kemudian Ketika ada masalah harus diselesaikan secara professional. Semua harus diatur melalui agreement agar bisa diselesaikan secara professional. “Jika tidak ada agreement akan sulit dalam penyelesaian jika ada masalah,” kata Harumi.

Dalam paparannya, Harumi juga menyebutkan pentingnya karyawan untuk memahami perjanjian kerja. Para karyawan bisa mengacu pada peraturan perusahaan, yang wajib dimiliki perusahaan yang punya karyawan minimal 10 orang.

“Jika muncul kasus atau keputusan perusahaan yang tidak sesuai dengan perjanjian kerja, bisa dilakukan musyawarah dahulu atau lapor ke Disnaker [Dinas Tenaga Kerja]. Masalah yang ada bisa terkait tunjangan, hak cuti, THR dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara itu, Abu Bakar Nazibulloh menjelaskan tentang beberapa hal terkait ekspor, termasuk melakukan ekspor sebagai konsekuensi pengembangan usaha, karena produksi yang berlebihan dan sebagai langkah pemasaran ke mancanegara.

Abu juga menjelaskan beberapa hal terkait ketentuan dan dokumen yang harus dipenuhi sebelum melakukan ekspor. “Misalnya, segala hal terkait perpajakan atau Laporan SPT harus sudah beres dahulu sebelum melakukan ekspor. Jika tidak, proses ekspor akan terhambat atau mengakibatkan kerugian [finansial] bagi anda sendiri,” kata Abu.

Abu menegaskan bahwa Madeinindonesia.com akan mendampingi pelaku usaha Indonesia yang akan memulai ekspor termasuk dalam pengurusan semua dokumen yang dipersyaratkan sebelum melakukan ekspor ke mancanegara.

“Mengenai fee terkait layanan asuransi dan yang lain-lain bisa konsultasi langsung dengan penyedia layanan terkait,” katanya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sandiaga: Potensi game di masa depan luar biasa bagi ekonomi Indonesia
Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahud...
Rupiah Jumat pagi melemah 25 poin
Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:12 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi melemah 25 poin
IHSG Jumat dibuka melemah 12,31 poin
Jumat, 22 Oktober 2021 - 09:49 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat dibuka melemah 12,31 poin
BI NTT targetkan perluas QRIS untuk retribusi semua pasar Kota Kupang
Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:35 WIB
Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan memperluas transaksi elektronik p...
Sandiaga: Kuliner Mie Aceh buka peluang usaha dan lapangan kerja
Kamis, 21 Oktober 2021 - 12:48 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan kuliner khas Mie Ace...
IHSG Kamis dibuka menguat 14,28 poin
Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:17 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka menguat 14,28 poin
Rupiah Kamis pagi melemah 26 poin
Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:06 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi melemah 26 poin
Orang tua dan pengelola mall antusias menyambut anak-anak masuk mall 
Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:45 WIB
Diperbolehkan anak-anak usia dibawah 12 tahun masuk ke dalam mall atau pusat perbelanjaan mendapat r...
Warga boleh hajatan, kunjungan pasar meningkat 
Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:56 WIB
Aktivitas pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mulai pulih. Kunjungan pembeli kemba...
 BPMA dan PGE gelar edukasi hulu migas untuk jurnalis
Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:35 WIB
Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) bersama PT. Pema Global Energi (PGE) menggelar edukasi industri hu...