Inventory Management Software; Pengertian dan manfaatnya untuk bisnis
Elshinta
Senin, 20 September 2021 - 14:07 WIB | Penulis : | Editor : Administrator
Inventory Management Software; Pengertian dan manfaatnya untuk bisnis
Sistem Inventory Management Software adalah sebuah sistem software yang digunakan untuk melacak dan mendata tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman.

Elshinta.com - Sistem Inventory Management Software adalah sebuah sistem software yang digunakan untuk melacak dan mendata tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman.

Software Ini juga dapat digunakan di dalam industri manufaktur untuk membuat perintah kerja, tagihan bahan, dan dokumen terkait produksi lainnya.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan software manajemen persediaan untuk menghindari kelebihan stok dan pemadaman produk. Jadi, inventory management software adalah alat untuk mengatur data inventaris dimana sebelumnya sering disimpan dalam bentuk hard copy atau dalam spreadsheet aplikasi komputer biasa.

Inventory Managment Software Akurat dan Efisien

Kelola seluruh  inventaris bisnis Anda dengan perangkat lunak inventory management software. Perangkat lunak Kontrol Stok dan Manajemen Inventaris end to end yang komprehensif serta terintegrasi dengan semua aspek operasional perusahaan Anda.

Dengan menggunakan sistem inventory Management Software membuat inventaris Anda lebih terencana dan terprogram dengan baik.

Inventory Management Software dirancang untuk membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi dan berdasarkan data secara real-time. Inventaris real time dan aplikasi manajemen stok sangat penting untuk kelancaran bisnis apa pun dan dimanapun.

Pengelolaan Kontrol Stok yang akurat & Efisien

  1. Manajemen Gudang, Dapatkan penanganan stok yang akurat dan pemenuhan pesanan yang cepat di satu atau beberapa gudang, berapapun jumlah pesanan yang Anda terima.
  2. Pengatur persediaan, Mencapai akurasi stok yang tak tertandingi, keterlacakan lengkap, dan visibilitas penuh di satu atau beberapa lokasi.
  3. Pembelian, Tingkatkan akurasi penilaian saham Anda secara dramatis dan dapatkan wawasan tentang margin keuntungan yang sebenarnya dengan perangkat lunak Pembelian terintegrasi kami.
  4. Penjualan, Mudah mempertahankan akurasi stok di semua saluran Anda, membantu staf mengurangi penjualan berlebih, memaksimalkan peluang penjualan, dan menutup dengan percaya diri.
  5. Manajemen Pesanan, Dengan kontrol stok, masukkan data Anda ke pembaruan pesanan pelanggan dan tampilan level stok langsung untuk manajemen pesanan online sederhana.
  6. Sesuai aturan Industri, Lacak nomor batch, seri, dan daluwarsa, serta verifikasi item untuk persyaratan komponen atau penyimpanan dengan modul untuk standar kepatuhan industri Anda.
  7. Integrasi Kurir, Pengiriman yang efisien dengan integrasi ke lebih dari 70 penyedia kurir populer untuk pencetakan label otomatis dan transfer detail pengiriman.
  8. Intelligent Bisnis, memberikan data penting kepada staf secara real-time, memungkinkan mereka untuk tetap mendapat informasi tentang pembaruan terbaru.

Inventory Management Software untuk keputusan bisnis yang terinformasi

Tidak hanya stok gudang, sistem inventarisasi bisa untuk semua aset TI dan non-TI Anda, termasuk lisensi perangkat lunak Anda, dengan kemampuan manajemen aset TI dari sistem inventory management software terbaik yang Anda pilih. Maksimalkan visibilitas aset perangkat keras dan perangkat lunak Anda dengan beberapa mode penemuan seperti pemindaian domain Windows, pemindaian skrip, pemindaian berbasis agen, dan pemindaian kode batang.

Menginventarisir semua aset perangkat keras dan perangkat lunak Anda secara efektif dengan menentukan jenis produk, produk, dan grup produk khusus. Juga, lacak aset keuangan utama termasuk informasi penyusutannya. Hasilkan laporan khusus tentang inventaris aset TI Anda untuk perencanaan dan penganggaran yang efektif.

Fitur Penting Inventory Management Software

  1. Penemuan dan pemindahan aset

Pindai dan temukan aset secara otomatis dari beberapa situs menggunakan teknik pemindaian berbeda seperti pemindaian domain Windows, pemindaian skrip, atau pemindaian berbasis agen.

  1. Status Aset

Tetapkan status aset yang sesuai untuk semua aset di organisasi Anda dengan Status Aset default seperti In Use, In Store, In Repair, Expired, dan Disposed, atau buat status kustom untuk menjaga data aset tetap terbaru.

  1. Grup Aset

Kelola aset secara efektif dengan kontrol yang lebih baik dengan mengelompokkan dan mengaturnya ke dalam grup aset khusus berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

  1. Pinjaman aset

Memaksimalkan utilitas aset dengan menandai aset sebagai dapat dipinjamkan, dan lacak aset tersebut dari waktu penerbitan hingga pengembaliannya.

  1. Pelacakan aset

Pantau semua aset Anda dalam inventaris dengan mudah sepanjang siklus hidupnya mulai dari pengadaan hingga menjadwalkan pemindaian berkala otomatis dan mengkonfigurasi peringatan untuk pembaruan perangkat lunak, masa berlaku lisensi, depresiasi, dan banyak lagi.

  1. CBD

Buat peta hubungan visual untuk pengguna, aset, dan item konfigurasi (CI) dengan tipe hubungan dan dependensi, dan identifikasi potensi dampak pada CI dari insiden, masalah, dan perubahan.

  1. Analisis dan Laporan

Gunakan statistik Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan memastikan kesiapan audit yang konsisten dengan laporan kustom, kueri, dan prakonfigurasi. Telusuri untuk mendapatkan angka paling akurat dan kelola aset secara efisien.

Manajemen Aset Inventory Management Software

Pusatkan semua data aset perangkat lunak Anda dan kelola secara efektif dengan status khusus yang telah ditentukan sebelumnya; jenis perangkat lunak seperti freeware atau malware; rincian pembelian termasuk vendor, biaya, masa berlaku lisensi, dan depresiasi; mengotomatiskan pemindaian berkala pada aset individu; dan tetap update status setiap aset.

Manajemen aset Hardware

Buat inventaris semua aset perangkat keras Anda termasuk mesin Windows, mesin virtual (VM), dan perangkat jaringan dengan pemindaian dan pelacakan otomatis yang mudah dengan peringatan berkala. Pertahankan data aset yang komprehensif seperti spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak yang diinstal di dalamnya, kepemilikan aset, dan status untuk akses mudah dan visibilitas ke dalam aset.

Rekomendasi Inventory Management Software Terbaik

#1. Software Jurnal

Software untuk manajemen inventaris barang dari Jurnal dapat meningkatkan kinerja bisnis sambil tetap memegang kendali penuh atas inventaris. Dengan fitur aplikasi stock opname, laporan persediaan dan penyimpanan disajikan dengan cepat.

  1. Buat laporan penjualan dan inventaris, Lacak sebagian besar penjualan produk perangkat lunak inventaris dapat memberikan informasi tentang status & kinerja produk dan pemberitahuan untuk kehabisan stok.
  2. Otomatis memonitor persediaan di gudang, Memantau aktivitas gudang dengan lebih mudah serta melakukan stock opname produk di beberapa area penyimpanan sekaligus.
  3. Buat laporan penjualan dan inventaris, Data status penjualan dan pembelian yang tercatat akan otomatis terupdate dalam laporan.

Menggunakan sistem Inventory Management Software mampu meningkatkan profitabilitas tanpa mengorbankan pangsa pasar dan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pelanggan yang sama. Selain itu menetapkan harga terbaik untuk pelanggan tertentu berdasarkan daftar kontak dan produk khusus

Pertahankan harga rata-rata untuk mencegah perbedaan harga antar pelanggan yang berbeda. Dapatkan kualitas faktur yang lebih akurat dan proses modul penjualan yang lebih cepat

#2. Software Odoo

Odoo Inventory dirancang secara ahli untuk membantu perusahaan meningkatkan operasi internal mereka, khususnya dengan menyediakan metode penyimpanan paling efisien yang dapat dibayangkan. Pengguna dapat dengan bijak mengelola gudang mereka, dan memaksimalkan inventaris mereka, dengan mengurangi tingkat stok dan menghindari kehabisan stok yang tidak perlu. Dengan sistem entri ganda inovatif Odoo, inventaris tidak memiliki input, output, atau transformasi stok - semua operasi hanyalah perpindahan stok antar lokasi.

Perangkat lunak open source Odoo hadir untuk membantu semua orang, mulai dari orang yang hanya membutuhkan blog hingga perusahaan besar yang membutuhkan ERP lengkap. Perangkat lunak ini fleksibel dan dapat disesuaikan dengan UKM atau perusahaan besar.

#3. Software Unicommerce

Software inventaris dari Unicommerce telah menyederhanakan penjualan eCommerce untuk 10.000+ Penjual, Pengecer, dan Merek dengan menerapkan solusi manajemen inventaris yang unggul di semua saluran penjualan online & offline untuk membantu mereka mencapai penjualan & margin yang lebih tinggi, biaya pengoperasian yang lebih rendah, biaya tenaga kerja yang lebih rendah, visibilitas data yang lebih baik, dan lebih banyak. Beberapa klien utama Unicommerce termasuk Hamilton Housewares, Enamor, Jack & Jones, Chumbak, Liberty Shoes, W, House of Anita Dongre, MCaffeine, Sugar Cosmetics, dll

Software ini cocok untuk penjual Online, karena setiap pedagang yang menjual secara online. Siapapun yang menjalankan bisnis e-commerce-nya. Baik menjual melalui situs mereka atau menjual di beberapa pasar, mereka membutuhkan Unicommerce.

Untuk harganya unicommerce mulai dari $100,00 berdasarkan penggunaan, per bulan. Mereka tidak memiliki versi gratis. Unicommerce tidak menawarkan uji coba gratis. Lihat detail harga tambahan di bawah.

#4. Software PartsPal

Software PartsPal digunakan oleh bisnis suku cadang mobil untuk menjual suku cadang aftermarket dan OEM secara online dengan data perlengkapan yang detail dan akurat. PartsPal mencocokkan inventaris dengan data perlengkapan dari 2 basis data standar industri, GAPC dan UVDB, memungkinkan akses ke informasi suku cadang dan kompatibilitas kendaraan. Bisnis Anda kemudian dapat dipublikasikan ke Shopify, dan pasar eBay.

Untuk penggunaan, software ini cocok untuk dealer dan produsen suku cadang mobil, dan pasar suku cadang. Sementara itu harga PartsPal mulai dari $199,00 berdasarkan penggunaan, per bulan. Sayangnya mereka tidak memiliki versi gratis namun PartsPal menawarkan uji coba gratis.

#5. Software Megaventory

Software Megaventory adalah manajemen inventaris berbasis web, pelacakan pesanan, pembuatan faktur, dan pelaporan untuk perusahaan menengah di berbagai lokasi - termasuk produksi. Lihat peringatan stok, ketersediaan pemasok, dan waktu tunggu. Lacak tingkat stok, biaya, nilai inventaris dari waktu ke waktu. Menangani pengambilan, serial, batch dan tanggal kedaluwarsa, barcode, pengembalian, konsinyasi, dropshipping, dan transfer internal. Antarmuka yang ramah pengguna, dukungan komprehensif, dan nilai investasi! Daftar untuk uji coba gratis atau pesan demo hari ini.

Software ini cocok untuk CEO/COO/manajer TI dari bisnis dengan 10+ orang yang membeli, menjual, mendistribusikan, atau memproduksi barang fisik terutama.

Untuk harganya,  Megaventory dipatok mulai dari $150,00 per fitur, per bulan. Mereka tidak memiliki versi gratis namun Megaventory menawarkan uji coba gratis.

#6. Software QT9 ERP

Inventory Management Software bernama QT9 ERP ini lebih fleksibel dapat diskalakan. Kompatibilitas Multi-Situs Termasuk. Inventaris Pemindaian Kode Batang. Analisis Data Waktu Nyata. Peringatan Email Otomatis untuk Level Stok Minimum & Persediaan yang Segera Akan Kadaluarsa. Lacak Dengan Nomor Lot atau Nomor Seri.

Termasuk Persediaan Transaksional & Fisik. Lacak Pekerjaan dalam Proses. Jejak Audit Lengkap dan Ketertelusuran 100%. Sederhanakan Kepatuhan ISO & FDA. Hilangkan Data Silo. Pertahankan Stok Lebih Sedikit. Mengurangi Biaya. Coba Gratis 1 Bulan.

Software QT9 ERP ini memungkinkan usaha kecil dan menengah untuk mengubah proses manual secara digital dengan skalabilitas yang tak terbatas - Termasuk perangkat medis, farmasi, plastik, dan manufaktur makanan yang sangat diatur.

Semua software diatas memiliki keunggulan tersendiri yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Semoga bermanfaat!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tanda dan gejala kecanduan internet secara fisik maupun emosional
Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:57 WIB
Kecanduan internet ditandai dengan keasyikan yang berlebihan atau kurang terkontrol dalam perilaku p...
TKDN perangkat 4G dan 5G naik 35%, Menkominfo: Tumbuhkan industri dalam negeri
Kamis, 21 Oktober 2021 - 19:05 WIB
Pemerintah menetapkan pemenuhan terhadap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) naik menjadi 35% untuk...
 Dukung transformasi digital ASEAN, Menkominfo: Indonesia tekankan 4 pandangan
Senin, 18 Oktober 2021 - 20:24 WIB
Transformasi Digital menjadi perhatian Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC ...
Menkominfo: Sinergi penting untuk wujudkan transformasi digital ASEAN
Senin, 18 Oktober 2021 - 17:36 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate mengatakan sinergi dan kolaborasi ...
Kominfo: Penghentian siaran tv analog di NTT dimulai di lima daerah
Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:47 WIB
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Phillip Gobang mengatakan penghentian siaran televisi...
Digitalisasi museum permudah masyarakat untuk berkunjung secara daring
Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:42 WIB
Edukator Museum Sumpah Pemuda Dwi Nurdadi mengungkapkan bahwa digitalisasi museum bisa memudahkan ma...
Telkomsel hadirkan Robocall untuk permudah layanan daring RS
Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:30 WIB
Operator seluler Telkomsel, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia, men...
Telkomsel REDI hadirkan akses layanan bank lewat satu aplikasi
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:30 WIB
Telkomsel, operator seluler anak usaha BUMN telekomuniksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menghad...
APPI minta generasi muda tak sembarangan pakai tekfin
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 10:41 WIB
Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) meminta masyarakat, khususnya generasi muda, tidak s...
Malware BloodyStealer incar akun game online
Minggu, 03 Oktober 2021 - 16:11 WIB
Malware Trojan yang dijuluki BloodyStealer dijual di forum gelap dan digunakan untuk mencuri akun pe...