Kominfo: Radio punya peran vital di tengah pandemi COVID-19
Elshinta
Kamis, 09 September 2021 - 11:58 WIB |
Kominfo: Radio punya peran vital di tengah pandemi COVID-19
Petugas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjelaskan informasi tentang diorama ruang siaran radio dalan tur virtual Hari Radio Nasional di Museum Penerangan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (11/9/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.

Elshinta.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai radio memegang peran vital dalam memberikan berbagai informasi terkait pandemi COVID-19 ke khalayak luas, sekaligus media distribusi informasi yang akurat demi menangkal hoaks.

"Kementerian Kominfo melihat bahwa radio memiliki peran vital dalam memberikan informasi melalui beragam talkshow, kegiatan diseminasi informasi, sosialisasi, serta 'public service announcement' tentang pandemi COVID-19," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat dihubungi ANTARA, dikutip Kamis.

Johnny pun mengapresiasi penyebaran informasi yang dilakukan oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio maupun pihak lainnya di daerah-daerah.

Selain itu, Kominfo juga menilai inisiasi Radio Siaga Covid oleh Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) berperan penting dalam menangkal peredaran hoaks dan disinformasi terkait COVID-19.

Radio, lanjut Johnny, tidak hanya berperan dalam penyebaran informasi, tetapi juga memberikan pelayanan publik, seperti program pembelajaran daring bagi siswa selama pandemi COVID-19.

"Bahkan di beberapa daerah yang terkendala untuk memberikan layanan pembelajaran daring bagi siswanya, radio dapat membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh," ucap dia.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Jakarta Enderiman Butar-Butar mengatakan bahwa pihaknya totalitas melayani masyarakat di tengah pandemi dengan menghadirkan berbagai program siaran maupun pemberitaan yang fokus pada penanggulangan penyebaran COVID-19.

"Perjalanan Radio Republik Indonesia selama dua tahun ini semenjak masa pandemi memang kita totalitas, dalam arti program-program acara kita fokus pada bagaimana penanggulangan, bagaimana memutus rantai COVID-19 dengan berbagai sisi," ujar Enderiman.

Dia mengatakan selama pandemi, RRI senantiasa menyajikan konten berita yang bersifat informatif, membangun, tidak membuat trauma maupun gaduh, serta mendukung seluruh program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Di tengah penyebaran arus informasi yang pesat, RRI juga berkomitmen memerangi kabar hoaks yang beredar di masyarakat.

Pelopor radio di Tanah Air itu menghadirkan sumber pertama dalam siaran pemberitaan untuk mengklarifikasi atau meluruskan informasi, termasuk tentang COVID-19, yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

RRI juga menjadikan Pro3 sebagai layanan siaran nasional resmi yang menyajikan informasi mengenai perkembangan COVID-19 secara penuh.

Sementara dari sisi konten siaran, lanjut dia, RRI fokus menghadirkan program-program yang menghadirkan semangat dan optimisme menghadapi pandemi, salah satunya program edukasi belajar dari rumah.

Program bertajuk "Belajar di RRI" itu menghadirkan para guru sekolah untuk mengajar di udara yang juga melayani tanya jawab secara interaktif.

Enderiman mengatakan program edukasi melalui radio sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah-wilayah pelosok.

RRI, kata dia, juga memiliki program siaran khusus dengan menghadirkan psikolog untuk membahas berbagai topik menarik, seperti kiat menghadapi stres atau situasi sulit di tengah pandemi COVID-19.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
3 perluas jaringan ke 70 desa terpencil di Indonesia
Senin, 11 Oktober 2021 - 11:45 WIB
Operator seluler 3 Indonesia memperluas jaringan dan menyelesaikan penyebaran BTS 4G di 70 desa terp...
Telkomsel buka pameran 5G di PON XX Papua
Selasa, 05 Oktober 2021 - 17:09 WIB
Operator seluler Telkomsel, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia, men...
BNPB fasilitasi mobil komunikasi berteknologi satelit untuk Satgas
Kamis, 30 September 2021 - 11:23 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan armada mobil komunikasi (Komob) ber...
27 September 1945: Sejarah dibalik Hari Bhakti Postel
Senin, 27 September 2021 - 06:00 WIB
Tak banyak yang mengetahui bahwa sejarah Hari Bhakti Postel 27 September ini sebenarnya dilatarbel...
BAKTI siapkan pendukung jaringan telekomunikasi PON XX Papua
Selasa, 21 September 2021 - 14:37 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, me...
Telkom ajak talenta terbaik akselerasi digitalisasi di Indonesia
Selasa, 21 September 2021 - 13:59 WIB
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, sebagai BUMN digital telco pertama dan terbesar di Indonesia, mem...
Telkomsel - Zoom berkolaborasi hadirkan komunikasi virtual terjangkau
Senin, 20 September 2021 - 14:18 WIB
Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) mengumumkan kolaborasi pada Senin untuk men...
Upaya perlindugan data pribadi dan keterbukaan informasi di era digtal
Kamis, 09 September 2021 - 22:05 WIB
Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Ditjen Aptika Ko...
Kominfo: Radio punya peran vital di tengah pandemi COVID-19
Kamis, 09 September 2021 - 11:58 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai radio memegang peran vital dalam memberikan berbagai ...
Telkomsel luncurkan solusi IoT Envion
Jumat, 13 Agustus 2021 - 13:12 WIB
Telkomsel, anak perusahaan Telkom Indonesia, meluncurkan layanan internet of things (IoT) bernama En...
Live Streaming Radio Network