Panglima TNI gunakan booster vaksin MSC
Elshinta
Kamis, 26 Agustus 2021 - 13:26 WIB |
Panglima TNI gunakan booster vaksin MSC
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo, dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur, mengaku menggunakan booster vaksin skretom.

"Yang dimaksud scretome booster ini adalah Mesenchymal Scretome Stem Cell (MSC) dari sel punca dari tali pusat manusia sebagai booster vaksinasi Sinovac," kata dokter pribadi Panglima TNI, Kolonel Kes dr Mukti Arja Berlian SpPD, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (26/8).

Kepala RSAU dr Esnawan Antariksa di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, ini mengatakan, sel punca alias stem cell merupakan induk dari semua sel yang ada di tubuh manusia.

"Stem cell atau sel punca adalah sel Induk yang menjadi jejak utama DNA. Sel ini mampu berdeferensiasi menjadi lebih dari 200 sel lain dalam tubuh dengan spesifik," katanya.

Menurut Berlian, semua sel di dalam tubuh akan mengalami mati setelah bekerja menyelesaikan tugasnya.

Untuk menggantikan sel yang mati ini, kata dia, maka sel punca akan membelah diri untuk menghasilkan sel baru demi meneruskan tugas sel yang sudah mati tersebut.

"Sel punca memiliki tugas untuk memperbaiki jaringan yang terluka atau menggantikan sel lain pada saat mereka mengalami kematian rutin. Dalam melakukan tugasnya sel punca melepas berbagai molekul anti radang, molekul imunomodulator, dan molekul regenerasi, yang dalam bentuk sekretom sel punca," katanya.

Ia menyebut ada enam manfaat sekretom sel punca terhadap pasien Covid-19, yakni menghentikan badai sitokin, mencegah fibrosis paru-paru, memperbaiki disfungsi paru-paru, memperbaiki lingkungan mikro paru-paru, melindungi sel epitel alveolar paru-paru; dan meningkatkan fungsi paru-paru.

"Sel punca mesenkimal memiliki sifat regeneratif, immunoregulator, dan dapat dengan mudah diisolasi dan diperbanyak secara in vitro," jelasnya.

Ia menjelaskan, sel punca Mesenchymal Secretome (MSC) ini sendiri adalah molekul yang dikeluarkan dari sel punca tali pusat bayi dan merupakan molekul yang memiliki kemampuan immunomodulator karena mampu mengeluarkan molekul molekul anti inflamasi yang disebut Il-10 (Interleukin 10) dan TGFb (transforming growth factor beta).

"Molekul anti inflamasi ini selain memiliki peran dalam meredakan inflamasi atau badai sitokin yang sering terjadi akibat infeksi termasuk badai sitokin akibat infeksi Covid-19," kata Berlian.

Hasil penelitian terkini yang telah dipatenkan Stem Cell and Cancer Research Laboratorium biomedikal Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung, Semarang, telah mengisolasi molekul sekretom yang berasal dari mesenchymal stem cell hipoxia dengan sumber tali pusat bayi yang difiltrasi d atau disaring dengan berat molekul 100-300 kiloDalton, yang isinya adalah molekul anti radang IL-10, TGF Beta, VEGF, PDGF, dan lainnya.

"Ke dua molekul anti radang inilah (IL-10 dan TGFb) yang akan mendorong aktifitas sel imun-T-regulator pada pasien yang di beri injeksi skretom ini," ujarnya.

Berlian menyebut mereka yang sudah menerima vaksin Sinovac baik itu satu atau dua dosis, jika menerima booster suntikan sel punca mesenkimal sekretom akan mendapat dua manfaat.

Pertama, akan mendorong sel T-regulator untuk mengaktivasi lebih banyak sel limfosit B memori. Sel B memori inilah yang nanti berubah menjadi sel plasma yang akan memproduksi lebih banyak IgG/Antibodi spesifik untuk melawan antigen spesifik Covid-19.

Kedua, Il-10 dan TGF Beta akan mendorong T-regulator untuk memproduksi lebih banyak Il-10 dan interferon, yang akan membangkitkan plasmatoid tipe sel dendritik, dimana fungsi plasmatoid yaitu untuk melawan antigen Covid-19.

"Dengan pemberian booster skretom ini tentunya akan lebih baik dan menjaga atau memperkuat vaksin sinovac di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terpapar Covid-19," kata Berlian. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
TNI Boven Digoel bagikan alat mandi untuk warga kampung Waropko
Kamis, 28 Oktober 2021 - 08:47 WIB
Personel TNI Babinsa Koramil 1711-01/Waropko di Kampung Winiktit Sertu N. Koibur membagikan peralata...
Vaksinasi digelar alumni Akabri 1990 menyasar 3.000 warga Tangerang
Selasa, 26 Oktober 2021 - 23:40 WIB
Pelayanan vaksinasi COVID-19 yang digelar alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Aka...
 Menteri Yasonna serahkan sembilan kekayaan intelektual ke Korp Polairud Polri 
Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:44 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, menyerahkan sembilan Kekayaan Inte...
Perumusan Plan Bobcat disusun berdasarkan dinamika geopolitik dan perkembangan teknologi
Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:37 WIB
Perumusan Plan Bobcat disusun mengacu dinamika geopolitik dan mengikuti perkembangan teknologi kedir...
 Danrem 172/PWY pimpin sertijab Kasipsrs dan Danyon 756/WMS
Selasa, 26 Oktober 2021 - 13:25 WIB
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan memimpin upacara Korps Raport dan serah terima ja...
Satgas TNI beri layanan kesehatan posyandu warga perbatasan RI-PNG
Selasa, 26 Oktober 2021 - 07:15 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama Puskesmas Ubrub memberikan pe...
Polda Aceh pro aktif selidiki kasus dugaan percobaan rudapaksa
Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:23 WIB
Seiring dengan semakin liarnya pemberitaan dan isu tentang dugaan penolakan laporan yang dibuat oleh...
Paulus Waterpauw dilantik jadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP
Sabtu, 23 Oktober 2021 - 19:10 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Paulus Waterpauw sebagai Deputi Bid...
AKABRI 1999 Peduli gelar vaksinasi massal dan salurkan bansos di wilayah Polresta Cirebon
Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:55 WIB
AKABRI 1999 Peduli menggelar vaksinasi massal dan penyaluran bantuan sosial di wilayah Polresta Cire...
Satgas TNI bagikan masker cegah COVID-19 di perbatasan RI-PNG
Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:15 WIB
Prajurit TNI Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY membagikan masker kepada warga perbatas...