Warga Indonesia bersepeda bersama seberangi Golden Gate San Francisco
Elshinta
Senin, 26 Juli 2021 - 13:58 WIB |
Warga Indonesia bersepeda bersama seberangi Golden Gate San Francisco
Masyarakat Indonesia di Amerika Serikat dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI bersepeda bersama-sama menyeberangi jembatan Golden Gate di kota San Francisco, Amerika Serikat pada Sabtu (24/7/2021). (ANTARA/HO-KJRI San Francisco)

Elshinta.com - Masyarakat Indonesia di Amerika Serikat dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI bersepeda bersama-sama menyeberangi jembatan Golden Gate di kota San Francisco pada Sabtu (24/7).

Sebanyak seratus peserta dari beberapa kota besar di AS, seperti Houston, Los Angeles dan kota-kota di sekitar San Francisco, seperti Richmond, Palo Alto, West Covina, terlihat antusias dalam kegiatan gowes bersama yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco.

Dengan semangat "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" yang merupakan tema HUT ke-76 RI, para peserta dapat memilih rute 17 Agustus, yakni bersepeda dengan jarak 23 kilometer; atau rute Maju Tak Gentar yaitu bersepeda dengan jarak 50 kilometer menyusuri kota San Francisco, Sausalito dan Tiburon yang menanjak dan penuh tantangan.

Peserta rute 17 Agustus menyeberangi jembatan Golden Gate hingga kota Mill Valey dan kembali dengan ferry Sausalito menuju San Francisco. Sementara peserta rute Maju Tak Gentar menempuh jarak 50 kilometer dengan medan jalur sepeda yang melintasi perbukitan naik dan turun dengan hembusan angin kencang di sepanjang teluk.

Kegiatan bersepeda bersama itu diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas Gowes Indo-SF dan Gowes Indo-AS. Gowes Merdeka merupakan acara olah raga besar sepeda pertama di AS yang diselenggarakan untuk masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI.

Kegiatan itu dibuka oleh Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I. Soekarno dan Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P Krisnawan. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dan diaspora di Indonesia diajak untuk selalu tangguh dan mendukung Indonesia untuk selalu tumbuh, khususnya di tengah pandemi COVID-19 saat ini yang penuh tantangan.

Masyarakat Indonesia di AS diharapkan dapat terus bersatu untuk memperkuat bangsa menjadi lebih tangguh dan dapat mendukung pembangunan Indonesia. Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I Soekarno menyampaikan apresiasi atas antusiasme dan semangat komunitas gowes Indonesia di AS, yang mencerminkan kekompakan masyarakat Indonesia di AS.

Selain untuk menyambut HUT ke-76 RI, acara itu juga dilakukan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia.

Konjen RI Simon D.I. Soekarno mengajak masyarakat dan diaspora Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang dapat mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi di Indonesia, peserta juga diajak untuk mengulurkan tangan membantu penanganan COVID-19 di Indonesia melalui kegiatan penggalangan dana oleh komunitas gowes yang diselenggarakan pada Minggu (25/7).

Selama kegiatan berlangsung, meski situasi COVID-19 di Amerika Serikat sudah membaik, para peserta tetap diminta menerapkan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak. Sepanjang rute bersepeda, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa ikon wisata di kota San Francisco, seperti Palace of Fine Arts dan jembatan Golden Gate.

Para peserta menikmati indahnya panorama sepanjang teluk San Francisco hingga Tiburon, mulai dari pemandangan alam hingga laut biru bagian barat pasifik.

"Ini pengalaman pertama saya menelusuri jembatan Golden Gate dengan sepeda, saya ingin ucapkan terima kasih kepada panitia KJRI San Francisco. Ini salah satu hal dari daftar keinginan saya. Sekaligus saya ucapkan Dirgahayu Indonesia yang ke-76," ungkap Bimo Hadiputro, WNI yang tinggal di Houston, Texas.

Kegiatan ditutup oleh Konjen RI San Francisco, Simon D.I Soekarno dengan pemberian piagam dan penganugerahan medali kepada peserta dan acara ramah tamah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sydney akan keluarkan buku panduan saat pembatasan COVID dilonggarkan
Senin, 27 September 2021 - 13:32 WIB
Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) akan mengeluarkan buku panduan pada Senin (27/9) untu...
Pasien COVID-19 ICU menyesal tidak divaksin tepat waktu
Senin, 27 September 2021 - 12:58 WIB
Pemilik toko roti yang kini terbaring di ruang ICU di Turki barat laut menyesal tidak disuntik vaksi...
Sekjen PBB serukan pemusnahan senjata nuklir
Senin, 27 September 2021 - 11:01 WIB
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang berbicara pada Hari Internasional untuk Penghapusan T...
Laporan: Bukti baru patahkan teori COVID berasal dari kebocoran lab
Sabtu, 25 September 2021 - 20:01 WIB
Sebuah studi baru memberikan bukti yang mematahkan teori COVID-19 bermula dari \"kebocoran laborator...
Usai liburan kasus harian COVID-19 di Korsel melonjak
Sabtu, 25 September 2021 - 17:46 WIB
 Kasus harian COVID Korea Selatan untuk pertama kalinya menembus angka 3.000 pada Sabtu saat waba...
Jajanan Nusantara jadi menu utama `AIIB Member Day`
Sabtu, 25 September 2021 - 16:57 WIB
Jajanan khas Nusantara menjadi menu utama dalam acara \"AIIB Member Day: One Day in Wonderful Indon...
Turki perkenalkan Karahantepe sebagai proyek warisan Neolitikum
Sabtu, 25 September 2021 - 14:24 WIB
Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Turki bersama Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisa...
Myanmar tidak akan berpidato di Sidang Umum PBB
Sabtu, 25 September 2021 - 11:26 WIB
Tidak ada perwakilan dari Myanmar yang dijadwalkan berbicara pada Sidang Majelis Umum Perserikatan B...
Jepang menuju akhir darurat COVID di sebagian besar wilayah
Jumat, 24 September 2021 - 18:27 WIB
Situasi kasus COVID-19 Jepang membaik sehingga status darurat dapat segera dicabut di sebagian besar...
Kerajinan perhiasan Indonesia dipamerkan di Singapura
Jumat, 24 September 2021 - 16:48 WIB
Indonesia akan menampilkan kerajinan perhiasan khas Tanah Air dari beberapa provinsi dalam Singapore...
Live Streaming Radio Network