IDI: telemedisin jadi solusi di hulu dan hilir penanganan COVID-19
Elshinta
Kamis, 22 Juli 2021 - 15:35 WIB |
IDI: telemedisin jadi solusi di hulu dan hilir penanganan COVID-19
Tangkapan layar Ketua Umum PB IDI dokter Daeng M. Faqih dalam konferensi pers bersama aplikasi telemedisin Good Doctor, Kamis (22/7/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Elshinta.com - Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih menilai kehadiran layanan telemedisin untuk menangani lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia menjadi solusi strategis baik di hulu dari sisi pencegahan maupun di hilir untuk sisi perawatan.

"Penanganan di hulu, telemedisin ini mempercepat vaksinasi. Sementara di hilirnya siapa pun yang sakit bisa dapat perawatan dan pengawasan yang baik khususnya untuk mereka yang isolasi mandiri," kata Daeng dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Layanan telemedisin untuk vaksinasi COVID-19 misalnya selain menyediakan lokasi sentra vaksinasi, layanan digital telemedisin mampu membuat pendaftaran, mengatur jadwal, hingga melakukan skrining awal sehingga mempercepat Indonesia bisa mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity dengan lebih optimal.

Dengan adanya sistem yang tertata lewat layanan digital itu pun, proses vaksinasi nasional untuk menciptakan kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 bisa berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Selain vaksinasi, Daeng juga mengapresiasi layanan telemedisin yang memiliki pusat informasi COVID-19 sehingga masyarakat awam bisa lebih paham mengenai kondisi kesehatan hingga penanganan pandemi yang saat ini berlangsung.

Masyarakat pun mendapatkan sumber edukasi yang terpercaya dan tidak perlu bingung karena layanan telemedisin di Indonesia saat ini sudah banyak yang terafiliasi langsung dengan Kementerian Kesehatan dan dokter- dokter berpengalaman,

Edukasi yang diberikan kepada masyarakat tentang menjaga pola hidup bersih dan sehat, terus menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat imun tubuh tentunya membantu masyarakat untuk bisa menjalani kualitas hidup yang lebih baik meski harus berhadapan dengan pandemi COVID-19.

Selanjutnya dari sisi hilir, telemedisin juga dalam satu bulan terakhir telah berdampak cukup besar khususnya untuk penanganan COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya karena telah menjadi mitra yang menyediakan layanan konsultasi bagi para pasien yang menjalani isolasi mandiri.

Pasien- pasien isolasi mandiri khususnya yang tanpa gejala atau asimptomatik dan yang bergejala ringan menurut Daeng memiliki angka kesembuhan yang lebih tinggi sejak layanan telemedisin membantu tidak hanya dari segi konsultasi tapi juga dari segi distribusi obat serta multivitamin.

“Perawatan isolasi mandiri ini penting sekali, pendampingan dari tenaga kesehatan membantu pasien- pasien ini menjadi terarah. Layanan yang tadinya harus dilakukan satu persatu saat ini lewat telemedisin memungkinkan tenaga medis memantau pasien dengan lebih efektif. Ini langkah- langkah yang strategis dan berkontribusi besar terhadap penanganan pandemi di Indonesia,” kata Daeng.

Ia berharap ke depannya masyarakat di Indonesia bisa semakin aktif menggunakan layanan telemedisin sehingga dengan demikian angka penularan COVID-19 bisa menurun serta tingkat kesembuhan dari kasus COVID-19 semakin tinggi untuk kasus isolasi mandiri bagi mereka yang tanpa gejala dan bergejala ringan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
RSUD Balaraja tambah fasilitas kateterisasi jantung
Selasa, 21 September 2021 - 19:12 WIB
Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang RSUD Balaraja menambah ...
Pakar sarankan untuk gunakan jenis vaksin yang sama sebagai booster
Selasa, 21 September 2021 - 15:37 WIB
Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Anda...
Mengenal Alzheimer, gejala hingga faktor risiko
Selasa, 21 September 2021 - 12:03 WIB
Penyakit Alzheimer sering dikaitkan dengan demensia atau pikun, padahal kondisi dari dua masalah ini...
Kemenkes: Waspadai pelaku perjalanan dari negara perbatasan
Senin, 20 September 2021 - 16:25 WIB
Indonesia perlu mewaspadai kasus COVID-19 yang berpotensi dibawa oleh sejumlah pelaku perjalanan int...
Dokter RS PON anjurkan pemeriksaan berkala cegah pecah pembuluh otak
Kamis, 16 September 2021 - 14:42 WIB
Kepala Neurosurgeon Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Prof. DR. Dr. Mahar Mardjono, Jakarta,...
Dokter spesialis jiwa: Matikan TV dan HP agar anak konsentrasi belajar
Rabu, 15 September 2021 - 16:46 WIB
Dokter spesialis kedokteran jiwa di Semen Padang Hospital Dr dr Amel Yanis, Sp.KJ (K) menyarankan or...
Cara mudah terhindar dari `sedentary lifestyle` agar tubuh tetap fit
Rabu, 15 September 2021 - 16:27 WIB
Salah satu gaya hidup yang jadi berbahaya di tengah pandemi COVID-19 adalah `sedentary lifestyle` at...
Iklan obat tradisional harus lengkap dan obyektif agar tak menyesatkan
Selasa, 14 September 2021 - 16:06 WIB
Direktur Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makana...
BPOM sebut herbal untuk terapi tambahan pasien COVID-19 masih diteliti
Selasa, 14 September 2021 - 14:16 WIB
Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan M...
Armand Maulana ajak masyarakat untuk vaksinasi COVID-19
Selasa, 14 September 2021 - 11:25 WIB
Musisi Armand Maulana mengajak agar masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19 di samping tetap menjaga...
Live Streaming Radio Network