Menkeu apresiasi fitur ekonomi digital permudah masyarakat bayar pajak
Elshinta
Rabu, 14 Juli 2021 - 09:29 WIB |
Menkeu apresiasi fitur ekonomi digital permudah masyarakat bayar pajak
Pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-samsat hingga 3x lipat pada kuartal 1 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya dan khusus di Jawa Tengah, kenaikan bahkan tercatat hampir 4x lipat. (ANTARA/HO-Tokopedia)

Elshinta.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan apresiasi layanan dan fitur ekonomi digital yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi anak bangsa yaitu Tokopedia karena telah memberikan akses dan mempermudah masyarakat untuk membayar pajak.

Pemberian akses yang semakin mudah lewat layanan dan fitur ekonomi digital selain menggenjot jumlah pembayaran pajak tentunya telah berkontribusi pada pemulihan kondisi ekonomi negara yang terdampak pandemi COVID-19.

“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, dalam menghadirkan berbagai inovasi digital yang mempermudah akses masyarakat terhadap inklusi keuangan dan ekonomi, termasuk dalam hal penerimaan negara. Inovasi ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, pelayanan publik dan ekonomi digital sekaligus membantu pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemi," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Rabu.

Fitur ekonomi digital yang dimaksud oleh Sri adalah hasil kolaborasi Pemerintah dan Tokopedia yang bernama Loket Pajak Tokopedia.

Tercatat ada kenaikan jumlah transaksi untuk jenis pembayaran pajak nasional dan daerah hampir tiga kali lipat pada kuartal I 2021 sejak layanan itu diluncurkan jika dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya.

Di Hari Pajak Nasional 2021, tentunya peningkatan- peningkatan dalam hal pembayaran pajak berkat layanan digital itu tentu memberikan angin segar terkait masyarakat Indonesia yang semakin sadar memenuhi kewajibannya melalui kemudahan yang ada lewat teknologi.

“Lewat teknologi dan kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah, Tokopedia menghadirkan berbagai inovasi untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi, termasuk membayar pajak, dengan lebih mudah, cepat dan aman,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni.

Ada pun fitur pembayaran pajak digital yang disediakan di Tokopedia terhitung lebih dari 900 jenis penerimaan negara. Beberapa di antaranya yakni Pajak Online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bea Cukai.

Jumlah transaksi pembayaran penerimaan negara melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang terkoneksi dengan Tokopedia secara keseluruhan meningkat hampir 4 kali lipat lipat pada kuartal pertama 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara spesifik, transaksi pembayaran Pajak Online meningkat hampir tiga kali lipat, pembayaran PNBP meningkat lebih dari lima kali lipat serta Bea dan Cukai meningkat hampir enam kali lipat pada kuartal pertama 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tidak hanya secara nasional, layanan ini juga membantu masyarakat regional seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kep. Riau, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara lebih mudah tanpa harus keluar rumah dengan E-Samsat.

Tercatat dengan E-samsat, masyarakat yang membayar pajak kendaraannya meningkat tiga kali lipat melalui layanan digital ini.

Masyarakat di lebih dari 160 kota/kabupaten juga bisa membayar PBB online dengan mudah berkat kerja sama dengan pemerintah melalui Badan Pendapatan Daerah. Jumlah transaksi pembayaran PBB pun ikut meningkat hampir 4 kali lipat pada kuartal pertama 2021.

“Situasi darurat COVID-19 membuat masyarakat beraktivitas lebih banyak di rumah. Selain memaksimalkan penerimaan negara, kami harap fitur ini juga dapat mempermudah kehidupan masyarakat sehingga mereka dapat membayar pajak dengan lebih aman dan mudah dari rumah,” tutup Astri.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Andalan para hijabers, ini dia 7 brand hijab lokal terbaik yang berkualitas!
Jumat, 17 September 2021 - 10:19 WIB
Trend fashion hijab kini semakin berkembang pesat seiring banyaknya peminat dan beragamnya desain hi...
NFT Freddie Mercury dilelang untuk amal
Jumat, 17 September 2021 - 09:58 WIB
Empat karya seni ber-token digital, non-fungible token (NFT) yang terinspirasi dari Freddie Mercur...
Huawei gandeng Poltek SSN gelar TechDay 2021
Jumat, 17 September 2021 - 08:35 WIB
Huawei Indonesia, penyedia solusi TIK terkemuka global, bersama Politeknik Siber dan Sandi Negara (P...
Pandemi buat gim seluler dan gim tanpa paket data kian diminati
Kamis, 16 September 2021 - 12:20 WIB
Aplikasi SHAREit menyebutkan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam perjalanan menuju masa depan berb...
Saint Laurent kembali ke Pekan Mode Paris 2022
Kamis, 16 September 2021 - 11:23 WIB
Rumah mode Saint Laurent akhirnya memutuskan untuk kembali bergabung dengan Pekan Mode Paris (Paris ...
Kemenparekraf sebut industri game lokal punya potensi ekraf besar
Selasa, 14 September 2021 - 13:20 WIB
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpa...
Kreator konten jadi cara anak muda bela negara di era digital
Jumat, 10 September 2021 - 14:06 WIB
Kreator konten atau content creator dalam kurun waktu lima tahun terakhir tengah menjadi profesi y...
Pokemon Unite buka pra-registrasi
Jumat, 10 September 2021 - 10:14 WIB
Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Pokemon Unite kini sudah membuka pra-registras...
Baim Wong ajak main e-sports rayakan Haornas
Jumat, 10 September 2021 - 09:17 WIB
Baim Wong turut merayakan Hari Olaharaga Nasional (Haornas) dengan mengajak bermain e-sports yang ...
Aturan ketat bermain gim di China dianggap halangi pemain esport muda
Selasa, 07 September 2021 - 18:35 WIB
Dalam ruangan konferensi berpanel kaca, anggota tim esport asal Shanghai Rogue Warriors mengetuk pon...
Live Streaming Radio Network