5 Jenis tanaman apotek hidup yang bisa ditanam di rumah
Elshinta
Selasa, 29 Juni 2021 - 15:38 WIB | Penulis : Calista Aziza | Editor : Calista Aziza
5 Jenis tanaman apotek hidup yang bisa ditanam di rumah
Ilustrasi

Elshinta.com - Apotek hidup merupakan istilah untuk kebun berisi tanaman yang memiliki khasiat medis. Kaya akan manfaat medis, apotek hidup bisa jadi alternatif kebun di rumahmu. Selain untuk menghijaukan dan membuat rumah lebih asri, kebun ini bisa jadi ‘bank obat-obatan’ untuk kamu sendiri dan keluarga.

Nah, tanaman apotek hidup di bawah ini bisa dengan mudah kamu temukan. Dilansir dari laman sociolla, berikut 5 tanaman ini bisa kamu pelihara sebagai bentuk siap siaga kamu dan keluarga!

 

Lidah buaya

Tidak hanya memiliki manfaaat kecantikan, tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini juga punya manfaat pengobatan. Mengandung zat polisakarida yang membantu tubuh mencerna makanan lebih sempurna, tanaman berduri ini mampu mengatasi sembelit, lho! Selain itu, lidah buaya juga bisa diandalkan untuk menyembuhkan luka bakar, sariawan, pencegahan plak gigi, batuk, asam lambung, bahkan diabetes.

Menanam lidah buaya bisa melalui anakannya. Anakkan lidah buaya bisa dengan mudah didapatkan di toko tanaman terdekat. Hanya dengan satu dua anakkan bisa tumbuh jika dirawat dengan benar.

 

Temulawak

Popularitas temulawak sempat meningkat ketika awal pandemi covid-19 berlangsung. Saat itu masyarakat meyakini olahan temulawak mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini ternyata bukan isapan jempol belaka.

Kandungan kurkumin di dalamnya berfungsi sebagai anti-peradangan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Temulawak juga berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus, sehingga tanaman ini akan sangat berguna bagi perlindungan tubuh dari serangan penyakit.

Penanaman temulawak ini terbilang mudah. Siapkan bibit temulawak yang sudah memiliki tunas, kemudian tancapkan pada media tanam berupa tanah dan campuran kompos di dalam pot. Saat memasukkan bibit, letakkan posisi dengan mata tunas menghadap ke atas. Setelah itu rawat dengan menyiramnya satu kali sehari.

 

Kumis kucing

Selanjutnya adalah kumis kucing. Tanaman ini berkhasiat mengobati asam urat berkat kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang di dalamnya. Kumis kucing juga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah, mengatasi rematik, hingga masalah menstruasi. Selain karena segudang khasiatnya, kumis kucing bisa juga dijadikan tanaman hias sekaligus karena memiliki bunga yang cantik.

Siapkan 2-3 ruas batang daun kumis kucing dengan ukuran 25-30 cm. Selanjutnya, tanam bibit yang sudah distek ke dalam polybag berisi campuran tanah dan pupuk kandang 3:1. Rawat kumis kucing hingga muncul akar dan tumbuh dengan sempurna.

 

Daun sirih

Tanaman rambat yang memiliki khasiat bagi kesehatan area kewanitaan ini bisa kamu tanam di area rumahmu. Sebab, daun sirih juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan kolesterol, mempercepat penyembuhan luka bakar, menjaga kesehatan mulut dan gigi, hingga saluran pencernaan.

Selain berkhasiat bagi kesehatan, dengan menanam daun sirih juga dapat menambah estetika rumahmu, apabila telah tumbuh subur dan merambat luas. Menanamnya cukup dengan bibit stek yang diperoleh dari batang pohon sirih yang sudah tua. Kemudian sematkan ke media tanam berisi campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 3:3:1.

Selanjutnya rawat tanaman sirih dengan menyiramnya setiap pagi dan sore hari. Ketika akar sudah muncul, pohon daun sirih dapat kamu pindahkan ke lahan yang lebih luas.

 

Jahe

Tanaman dengan bahasa latin Zingiber officinale ini dapat kamu tambahkan ke dalam apotek hidup di rumahmu. Jahe memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti membantu proses detoksifikasi, mengatasi masalah pencernaan, menjaga imunitas tubuh.

Cukup mudah untuk menanam tumbuhan umbi akar ini. Pertama, pilih jenis jahe yang akan ditanam. Lakukanlah pembibitan dengan rimpang jahe yang telah berusia 10 bulan. Selanjutnya, masukkan rimpang jahe ke media tanam berisi tanah dan pupuk kompos 1:1.

Rawat tanaman jahe dengan menyiramnya setiap hari. Usahakan agar tanaman tidak tergenang air agar tidak busuk. Tanaman jahe juga tidak boleh terkena matahari langsung.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
RSUD Balaraja tambah fasilitas kateterisasi jantung
Selasa, 21 September 2021 - 19:12 WIB
Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang RSUD Balaraja menambah ...
Pakar sarankan untuk gunakan jenis vaksin yang sama sebagai booster
Selasa, 21 September 2021 - 15:37 WIB
Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Anda...
Mengenal Alzheimer, gejala hingga faktor risiko
Selasa, 21 September 2021 - 12:03 WIB
Penyakit Alzheimer sering dikaitkan dengan demensia atau pikun, padahal kondisi dari dua masalah ini...
Kemenkes: Waspadai pelaku perjalanan dari negara perbatasan
Senin, 20 September 2021 - 16:25 WIB
Indonesia perlu mewaspadai kasus COVID-19 yang berpotensi dibawa oleh sejumlah pelaku perjalanan int...
Dokter RS PON anjurkan pemeriksaan berkala cegah pecah pembuluh otak
Kamis, 16 September 2021 - 14:42 WIB
Kepala Neurosurgeon Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Prof. DR. Dr. Mahar Mardjono, Jakarta,...
Dokter spesialis jiwa: Matikan TV dan HP agar anak konsentrasi belajar
Rabu, 15 September 2021 - 16:46 WIB
Dokter spesialis kedokteran jiwa di Semen Padang Hospital Dr dr Amel Yanis, Sp.KJ (K) menyarankan or...
Cara mudah terhindar dari `sedentary lifestyle` agar tubuh tetap fit
Rabu, 15 September 2021 - 16:27 WIB
Salah satu gaya hidup yang jadi berbahaya di tengah pandemi COVID-19 adalah `sedentary lifestyle` at...
Iklan obat tradisional harus lengkap dan obyektif agar tak menyesatkan
Selasa, 14 September 2021 - 16:06 WIB
Direktur Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makana...
BPOM sebut herbal untuk terapi tambahan pasien COVID-19 masih diteliti
Selasa, 14 September 2021 - 14:16 WIB
Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan M...
Armand Maulana ajak masyarakat untuk vaksinasi COVID-19
Selasa, 14 September 2021 - 11:25 WIB
Musisi Armand Maulana mengajak agar masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19 di samping tetap menjaga...
Live Streaming Radio Network