Gangguan layanan telekomunikasi Jayapura, Menteri Johnny: Pemulihan bertahap
Elshinta
Jumat, 14 Mei 2021 - 19:47 WIB |
Gangguan layanan telekomunikasi Jayapura, Menteri Johnny: Pemulihan bertahap
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap. Menkominfo menjelaskan gangguan layanan telekomunikasi terjadi karena kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Indonesia Barat dan Indonesia Timur di Utara Jayapura terputus di kedalaman lebih dari 4000 hingga 4050 meter di dasar laut. 

"Kabel bawah laut ini yang menjadi tulang punggung transmisi data Indonesia Barat dan Indonesia Timur itu terputus, sehingga terjadi gangguan layanan telekomunikasi. Kami terus berusaha bersama operator seluler dan operator fiber optik bawah laut untuk memulihkan transmisi data dari kawasan barat ke kawasan timur dengan pemanfaatan microwave link, radio link dan berbagai sarana yang lain," jelasnya dalam Halal Bihalal Virtual yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, dari Jakarta, Jumat (14/05/2021).

Menteri Johnny memastikan pemulihan sepenuhnya baru bisa dilakukan pada Juni bulan mendatang, "Dan karenanya tentu tidak mengherankan saya apabila memang tadi di Mimika terjadi kendala yang berkaitan dengan transmisi data," jelasnya.

Kepada Menkopolhukam Mahfud MD, Menkominfo menyampaikan pada tahun 2021 dan 2022 Kementerian Kominfo lakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi secara masif dan besar-besaran di seluruh wilayah Papua Papua Barat. Hal itu sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur telekomunikasi di wilayah 3T seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan kita dapat selesaikan ini di akhir tahun 2022 nanti, dan peningkatan-peningkatan kapasitas layanan tentu akan semakin membaik dengan akan hadirnya satelit SATRIA 1 dengan kapasitas 150 Gbps, salah satu dari 5 satelit terbesar di dunia yang akan melayani keseluruhan Elektronic Government Indonesia," ujarnya.

Menteri Johnny berharap pembangunan infrastruktur telekomunikasi tersebut secara keseluruhan akan melayani kebutuhan digital masyarakat. Menkominfo menyatakan setiap menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan penggunaan bandwidth terus mengalami peningkatan. Seperti perayaan Idulfitri tahun ini, peningkatan trafik diperkirakan mencapai 30 persen.

"Khusus tahun ini sekitar 20 persen bahkan hampir 30 persen terjadi peningkatan trafik telekomunikasi, karena memang pemanfaatan ruang digital sudah mengambil peran aktif yang substantif dalam kehidupan manusia, mengambil peran yang besar bagi masyarakat kita," paparnya 

Pemulihan Bertahap

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permady menjelaskan, Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi dengan PT Telkom Indonesia sebagai penyelenggara layanan internet mengenai gangguan yang terjadi di Jayapura, Papua.

“Pihak Telkom mengonfirmasi adanya gangguan layanan sejak tanggal 30 April 2021 karena putusnya SKKL ruas Biak - Jayapura dengan titik lokasi 360 km dari Jayapura,” jelas Dedy Permadi.

Menurut Jubir Kementerian Kominfo pergeseran lapisan bumi dasar laut sebagai penyebab putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL). “Penyebab putusnya kabel ini diperkirakan adalah akibat pergeseran lapisan bumi di dasar laut. Hal ini mengakibatkan seluruh layanan Telkom Group mengalami gangguan dengan total trafik sebesar 135 Gbps,” jelasnya.

Jubir Dedy Permadi menyatakan Telkom Group telah melakukan perbaikan layanan tahap awal, dimulai dari reaktivasi layanan Voice, layanan IP VPN Telkom, dan ASTINET Telkom. 

“Perbaikan layanan internet dan data dilakukan secara bertahap dimulai pada 30 April 2021 kemarin, dengan melakukan deployment link backup, antara lain melalui Palapa Ring Timur, satelit, dan penambahan radio,” jelasnya.

Selain itu, Jubir Kementerian Kominfo menjelaskan pemulihan juga dilakukan dengan fasilitas layanan jaringan tulang punggung, Palapa Ring Timur. “Saat ini, Telkom sudah memulihkan layanan telepon dasar (voice dan sms) yang difasilitasi Palapa Ring Timur satelit, dan microwave radio dengan total kapasitas 969 Mbps,” paparnya.

Bahkan, pada minggu kedua Mei 2021 akan berlangsung penambahan kapasitas untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Kapasitas akan ditambah menggunakan satelit dan microwave radio agar setidaknya pada minggu kedua bulan Mei 2021 total kapasitas bertambah menjadi 2,5 Gbps,” tutur Jubir Dedy Permadi.

Menurut Jubir Kementerian Kominfo, pihaknya akan terus melakukan pengawasan agar layanan telekomuniaksi bisa pulih seperti sediakala. “Kementerian Kominfo akan terus melakukan pengawasan dan update progress secara berkala, serta mendorong penyedia layanan internet untuk merespon hal ini dengan sigap,” tegasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
BAKTI siapkan pendukung jaringan telekomunikasi PON XX Papua
Selasa, 21 September 2021 - 14:37 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, me...
Telkom ajak talenta terbaik akselerasi digitalisasi di Indonesia
Selasa, 21 September 2021 - 13:59 WIB
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, sebagai BUMN digital telco pertama dan terbesar di Indonesia, mem...
Telkomsel - Zoom berkolaborasi hadirkan komunikasi virtual terjangkau
Senin, 20 September 2021 - 14:18 WIB
Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) mengumumkan kolaborasi pada Senin untuk men...
Upaya perlindugan data pribadi dan keterbukaan informasi di era digtal
Kamis, 09 September 2021 - 22:05 WIB
Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Ditjen Aptika Ko...
Kominfo: Radio punya peran vital di tengah pandemi COVID-19
Kamis, 09 September 2021 - 11:58 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai radio memegang peran vital dalam memberikan berbagai ...
Telkomsel luncurkan solusi IoT Envion
Jumat, 13 Agustus 2021 - 13:12 WIB
Telkomsel, anak perusahaan Telkom Indonesia, meluncurkan layanan internet of things (IoT) bernama En...
Kominfo siap migrasi ke siaran digital 17 Agustus
Kamis, 22 Juli 2021 - 11:47 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang mempersiapkan agar penghentian siaran televisi analog ...
 Cegah peredaran kartu SIM ilegal, Kominfo larang penjualan dalam keadaan aktif
Kamis, 08 Juli 2021 - 16:25 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatur penjualan Kartu SIM (Subscriber Identity Module) dal...
8 Juli 1976: Indonesia terbangkan satelit pertamanya
Kamis, 08 Juli 2021 - 06:00 WIB
Hari ini di tahun 1976, Indonesia berhasil menerbangkan satelit pertama Palapa A1 dari basis NASA di...
Anak usaha PLN luncurkan paket pasang internet-tambah daya
Kamis, 01 Juli 2021 - 15:18 WIB
PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) anak perusahaan PT PLN meluncurkan promo pasang internet Iconnet s...
Live Streaming Radio Network