Menperin: Cikande akan jadi klaster industri halal RI terbesar
Elshinta
Selasa, 11 Mei 2021 - 10:46 WIB |
Menperin: Cikande akan jadi klaster industri halal RI terbesar
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berbincang dengan Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (Dirjen KPAII) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto saat melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Halal (KIH) Cikande, Banten. ANTARA/HO-Kementerian Perindustrian

Elshinta.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Halal Modern Valley di Kawasan Industri Modern Cikande, akan menjadi klaster industri halal yang terintegrasi pertama dan terbesar se-Indonesia dengan luas mencapai 500 hektare.

“Berdasarkan masterplan, KIH akan dikembangkan menjadi klaster industri halal sebagai ekosistem halal dari hulu sampai hilir, termasuk sistem logistiknya dengan harapan menjadi hub halal internasional di Indonesia,” ujar Menperin melalui keterangan tertulis, Selasa.

Kawasan Industri Halal (KIH) Cikande merupakan area yang didesain dengan sistem dan fasilitas untuk mengembangkan industri yang memproduksi produk halal sesuai prinsip syariah.

Fasilitas pendukung yang telah ada dan akan tersedia di KIH Modern Cikande antara lain proses yang terintegrasi berserta fasilitas pendukung, pusat penelitian dan pengembangan, politeknik teknologi pangan, sistem manajemen mutu halal, lembaga pembiayaan syariah, serta pelabuhan. Selain itu, juga akan tersedia fasilitas kepabeanan.

Menperin menuturkan, rencananya pembangunan KIH yang dikelola oleh PT Modern Industrial Estate tersebut akan berjalan dalam jangka waktu lima tahun dengan tiga tahapan.

“Tahap pertama akan dibangun pada lahan seluas 150 hektare, tahap kedua seluas 150 hektare, dan tahap ketiga seluas 200 hektare,” ujar Menperin.

Sedangkan pengembangan tahap pertama telah dilakukan sejak Oktober 2019.

Terkait infrastruktur halal, manajemen KIH Halal Modern Valley telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM MUI) dalam hal pengembangan dan desain integrasi industri halal di KIH.

“Guna mengakselerasi pembangunannya, Kemenperin telah menerbitkan Surat Keterangan Kawasan Industri Halal bagi KI Modern Cikande pada 2 September 2020 lalu, yang diverifikasi oleh Kemenperin, Kementerian Agama, dan MUI sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan dalam Rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal,” katanya.

Dalam upaya mengolaborasikan pemain halal dunia untuk pengembangan supply chain, inovasi dan promosi industri halal, telah ditandatangani juga perjanjian halal international network global bersama Cordoba Halal Park Spanyol, Iskandar Halal Park, Johor, Malaysia and the Penang International Halal Hub Penang, Malaysia.

“Selain itu, Di KIH Cikande pemerintah juga mendorong agar industri besar dan industri kecil menengah (IKM) mampu bersinergi dengan baik. Upaya tersebut salah satunya dengan menyiapkan sebuah platform e-commerce untuk ekosistem yang terbentuk di Halal Modern Valley bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI),” kata Menperin.

Saat ini, di area KIH Cikande telah beroperasi beberapa tenant, salah satunya PT. Charoen Phoekpand Indonesia. Perusahaan multinasional asal Thailand tersebut menempati area sekitar 94 hektare dengan beberapa bidang usaha seperti pembibitan ayam ras, rumah potong, pengepakan daging unggas dan bukan unggas, serta industri pengolahan dan pengawetan produk daging dan daging unggas.

“Kemudian ada juga PT Paragon Technology dan Innovation, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik dengan merek Wardah Cosmetics, Make Over, dan Emina Cosmetics,” kata Menperin.

Selain KIH Cikande di Banten, terdapat pula dua KIH lainnya, yaitu Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo yang berada di Jawa Timur, serta kawasan industri halal Bintan Inti Halal Hub.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
APTRI minta rencana penerapan PPN sembako dikaji ulang
Jumat, 11 Juni 2021 - 16:28 WIB
Dewan Pimpinan Nasional, Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) meminta pemerintah mengkaji u...
Aktivitas Pasar Jibama masih sepi usai penembakan
Jumat, 11 Juni 2021 - 15:32 WIB
Aktivitas jual beli di Pasar Jibama, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua masih terhenti pasca penem...
PPN untuk jasa pendidikan berpotensi menambah angka putus sekolah
Jumat, 11 Juni 2021 - 15:19 WIB
Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Gerindra Himmatul Aliyah mengatakan waca...
BPDPKS siap libatkan petani dalam rantai pasok biodisel
Jumat, 11 Juni 2021 - 13:57 WIB
Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) siap melibatkan petani atau...
BLK Komunitas hadirkan sejumlah pelatihan bagi masyarakat
Jumat, 11 Juni 2021 - 13:24 WIB
Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang dibangun Kementerian Ketenagakerjaan membuka berbagai jenis...
IHSG Jumat dibuka menguat 10,84 poin
Jumat, 11 Juni 2021 - 09:41 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat, dibuka menguat 10,84 poin
IHSG menguat 0,99% ke 6.107 di akhir perdagangan hari ini  
Kamis, 10 Juni 2021 - 18:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 60,06 poin atau 0,99% ke 6.107,53 pada akhir perd...
Rupiah spot menguat 0,05% ke Rp14.248 per dolar AS pada perdagangan hari ini  
Kamis, 10 Juni 2021 - 17:45 WIB
Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.248 per dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir perdagangan Kamis...
BI Malang sosialisasi pendampingan klaster pembiakan sapi potong
Kamis, 10 Juni 2021 - 15:46 WIB
Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan salah satu daerah penghasil sapi potong terbesar di Jawa Tim...
Rupiah Kamis pagi menguat 5 poin
Kamis, 10 Juni 2021 - 09:41 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi menguat 5 poin
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV