Liverpool hidupkan asa empat besar selepas tundukkan Southampton
Elshinta
Minggu, 09 Mei 2021 - 08:09 WIB |
Liverpool hidupkan asa empat besar selepas tundukkan Southampton
Gelandang Liverpool Thiago Alcantara (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol pengunci kemenangan atas Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (8/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Zac Goodwin)

Elshinta.com - Liverpool menghidupkan lagi asa mereka menembus empat besar klasemen Liga Inggris selepas menundukkan Southampton 2-0 dalam laga pekan ke-35 di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gol-gol Sadio Mane dan Thiago Alcantara di laga kali ini membuat Liverpool naik ke posisi keenam klasemen dengan raihan 57 poin.

Tim besutan Juergen Klopp itu hanya terpaut enam poin dari zona empat besar dan masih memiliki satu laga simpanan yang belum dijalani.

Sedangkan Southampton (37), yang sudah empat pertandingan terakhir tak merasakan kemenangan, tertahan di urutan ke-16 setelah disalip Newcastle United (39) kemarin.

Anak-anak asuh Ralph Hasenhuettl juga belum sepenuhnya aman dari ancaman degradasi sebab mereka cuma punya jarak aman 10 poin dari zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal laga tetapi peluang bagus baru lahir pada menit ke-18 ketika Mohamed Salah bersikap egois melepaskan tembakan yang mudah diamankan kiper Fraser Forster padahal Mane berdiri cukup bebas di muka gawang.

Enam menit kemudian, Mane mengirimkan umpan tumit yang bisa dikendalikan Diogo Jota melewati tiga pemain Southampton sayang tembakannya masih terlalu dekat ke arah Forster.

Semenit kemudian, dari situasi sepak pojok Georginio Wijnaldum mampu menyambutnya dengan tandukan keras, sayang bola masih membentur mistar gawang membuat satu peluang Liverpool lainnya berlalu begitu saja.

Pada menit ke-29, lini belakang Liverpool mengendur dan Nathan Tella bisa merangsek dari sisi kanan, mengirimkan umpan tarik yang siap diselesaikan Che Adams, tetapi kiper Alisson Becker melakukan penyelamatan gemilang.

Setelah serangan itu diredam, Liverpool membangun ancaman balasan ke arah pertahanan tim tamu dan akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-31 ketika umpan silang apik Salah bisa diselesaikan dengan sempurna oleh Mane yang mencetak gol pertamanya di Anfield musim ini

Enam menit kemudian, Salah hampir mendapati situasi satu lawan satu dengan Forster tetapi para pemain Southampton bergegas memenuhi kotak penaltinya demi menghalau tembakan salah, dan bola muntah yang berusaha disambar Thiago juga tak mampu mencapai gawang.

Semenit jelang turun minum Southampton nyaris mencetak balasan, sayang tandukan Tella masih mengarah tepat ke pelukan Alisson.

Memasuki babak kedua Southampton tampil lebih agresif dan Liverpool memilih relatif pasif sembari menunggu ada celah di pertahanan lawannya.

Keunggulan Liverpool bertahan tetapi berkali-kali diselamatkan oleh aksi Alisson yang memotong umpan maupun menghentikan tembakan para pemain Southampton.

Alisson sempat melakukan blunder ketika umpannya mengarah tepat ke Adams, tetapi beruntung ia segera membayar kesalahannya dengan menghentikan tembakan penyerang Southampton itu.

Tepat di pengujung waktu normal, Roberto Firmino yang masuk sejak menit ke-79 menggantikan Jota berhasil memaksa Kyle Walker-Peters kehilangan bola di sisi kanan pertahanan Southampton.

Bola dikirimkan Firmino kepada Thiago yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti untuk melesakkannya ke pojok kanan bawah gawang, demi mencetak gol perdananya berseragam Liverpool sekaligus mengunci kemenangan The Reds 2-0.

Kedua tim selanjutnya akan sama-sama melakoni laga tunda masing-masing, saat Liverpool bertandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United pada Kamis (13/5) pekan depan, dua hari setelah Southampton menjamu Crystal Palace di St. Mary's.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Swiss harus lupakan kekalahan dari Italia jika ingin maju
Minggu, 20 Juni 2021 - 09:15 WIB
Swiss harus menghilangkan kekecewaan saat menyerah dari Italia jika ingin mengalahkan Turki pada p...
Wales bertekad kalahkan Italia demi 16 besar
Minggu, 20 Juni 2021 - 09:00 WIB
Wales tidak akan setengah-setengah tatkala bertanding melawan Italia dalam pertandingan terakhir gru...
Santos bertanggung jawab atas kekalahan Portugal
Minggu, 20 Juni 2021 - 08:45 WIB
Portugal kalah di lini tengah dan gagal mengimbangi dua gelandang berpengalaman Jerman Toni Kroos da...
Memphis Depaydibeli Barcelona
Minggu, 20 Juni 2021 - 07:45 WIB
Barcelona telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan striker timnas Belanda Memphis Depay, umum k...
Menurut Griezmann penonton jadi faktor Prancis hanya bisa seri 1-1
Minggu, 20 Juni 2021 - 07:45 WIB
Juara dunia Prancis kesulitan mengembangkan permainannya saat seri 1-1 melawan Hungaria dalam pertan...
Susunan pemain Spanyol vs Polandia
Minggu, 20 Juni 2021 - 07:30 WIB
Spanyol segera menghadapi Polandia dalam pertandingan Grup E Euro 2020 di Sevilla, Minggu dini hari ...
Jerman kalahkan Portugal 4-2
Minggu, 20 Juni 2021 - 07:15 WIB
Jerman akhirnya membuat pembalikan luar biasa setelah ditekuk Prancis 0-1 dalam laga pertama dan ter...
Si lincah Mbappe kembali selamatkan wajah Prancis
Minggu, 20 Juni 2021 - 06:30 WIB
Prancis terpaksa harus mengandalkan kegigihan Kylian Mbappe saat memetik hasil imbang 1-1 melawan Hu...
Dumfries nyaman dengan posisi yang diberikan Frank de Boer
Minggu, 20 Juni 2021 - 06:15 WIB
Pemain bertahan Denzel Dumfries belum pernah bermain dengan formasi pertahanan lima bek, tetapi dia ...
Jerman sementara unggul4-1, dua di antaranya gol bunuh diri
Minggu, 20 Juni 2021 - 06:00 WIB
Sampai menit ke-60 babak kedua, Jerman sementara mengungguli Portugal 4-1 setelah dalam babak pertam...
Live Streaming Radio Network