Pemerintah daerah diharapkan gandeng UMKM dalam pengadaan barang/jasa
Elshinta
Jumat, 07 Mei 2021 - 19:36 WIB |
Pemerintah daerah diharapkan gandeng UMKM dalam pengadaan barang/jasa
Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. (Antaranews Bali)

Elshinta.com - Pemerintah melalui tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) mengharapkan seluruh pemerintah daerah menggandeng Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengadaan barang dan jasa dengan nilai di bawah Rp50 juta melalui aplikasi BELA Pengadaan.

"Stranas PK mengharapkan aplikasi BELA (Belanja Langsung) Pengadaan dapat diimplementasikan di seluruh pemerintah daerah untuk belanja langsung di bawah Rp50 juta sekaligus untuk mendorong tumbuhnya UMKM di Indonesia," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK/Koordinator Pelaksana Stranas PK Pahala Nainggolan dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat.

Pahala menyampaikan hal tersebut dalam diskusi "Aplikasi BELA Pengadaan Pemerintah Derah dalam upaya Pencegahan Korupsi dan Pemberdayaan UMKM".

Diskusi itu juga diihadiri oleh Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto serta 34 gubernur se-Indonesia.

"Untuk mewujudkan aksi nyata cegah korupsi di sektor pengadaan barang/jasa di pemerintah daerah dibutuhkan komitmen langsung dari seluruh kepala daerah untuk mengimplementasikan ini di masing-masing pemerintah daerah," tambah Pahala.

Aplikasi BELA Pengadaan adalah program yang digagas LKPP untuk mendukung program "UMKM Go Digital" melalui proses belanja langsung kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang bernilai maksimal Rp50 juta kepada UMKM yang tergabung di 12 "market place".

Ke-12 "market place" tersebut adalah Bhinneka, Blibli, BukaPengadaan, Grab, Gojek, Shopee, Mbiz, Balimall, Kartara, Digitalimaji, Kulina, dan klikMRO yang menyediakan berbagai keperluan antara lain angkutan, makanan, kurir, alat tulis kantor, souvenir dan furnitur.

"KPK hadir untuk mendorong upaya pencegahan korupsi di pemda, korupsi dapat terjadi karena gagalnya sebuah sistem, oleh karena itu kami menyambut baik modernisasi pengadaan melalui aplikasi BELA Pengadaan untuk menutup celah terjadinya korupsi," kata ketua KPK Firli Bahuri.

LKPP mencatat mencatat pengadaan barang dan jasa pada 2021 mencapai Rp1.214 triliun atau sekitar 52,1 persen dari total Anggaran
Penerimaan Belanja Negara (APBN) pada 2021.

"UMKM diberikan kesempatan minimal 40 persen terlibat dalam proses pengadaan anggaran belanja barang/jasa, APBN dan APBD, dengan adanya BELA Pengadaan ini diharapkan dapat mendorong 'UMKM Go Digital' dengan bergabung di 'market place'," kata Kepala LKPP Roni Dwi Susanto.

Pelaksanaan BELA Pengadaan tersebut diluncurkan sejak 27 Oktober 2020 berdasarkan Surat Keputusan Kepala LKPP Nomor 200 tahun 2020 tentang Program BELA Pengadaan.

Sedangkan berdasarkan data Kementerian UMKM, realisasi belanja paket usaha kecil Kementerian, Lembaga dan BUMN masih sangat rendah yaitu 12 persen atau Rp21,4 triliun dari total Rp181,4 triliun pada Rencana Umum Pengadaan (RUP).

Namun belanja dari UMKM pemerintah daerah baru Rp10,6 triliun atau 7 persen dari total Rp142 triliun usaha kecil dalam RUP daerah.

"Ini merupakan tantangan bagi kita semua, untuk terus mendorong realisasi pemanfaatan BELA Pengadaan dalam upaya pencegahan korupsi dan juga pemberdayaan UMKM," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Aplikasi BELA Pengadaan saat ini baru berhasil dijalankan oleh pemda DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Saat ini, terdapat 2 metode pembayaran yang dapat digunakan dalam BELA Pengadaan, yaitu dengan menggunakan tunai (uang Persediaan) atau dengan menggunakan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) adalah arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah dalam mencegah korupsi di Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 54 Tahun 2018.

Tim Stranas PK terdiri dari KPK Kantor Staf Presiden, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian Dalam Negeri.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pelaku UMKM makanan kaleng di Yogyakarta keluhkan mahalnya ongkos produksi
Senin, 13 September 2021 - 10:25 WIB
Pengusaha yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Yogyakarta yang mengembangkan usaha...
Menteri Erick Thohir : BUMN bina 204.609 UMKM
Sabtu, 04 September 2021 - 18:41 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa  BUMN membina 204.609 pelaku UMKM dan menjadi sebuah ke...
Pelaku usaha kuliner dilatih daya jual
Kamis, 02 September 2021 - 12:26 WIB
Sebanyak 40 pelaku usaha kuliner Salatiga, Jawa Tengah  ditempa pelatihan inovasi dan higienis saji...
Atur strategi bisnis UMKM taklukkan pandemi
Jumat, 20 Agustus 2021 - 07:15 WIB
Pandemi COVID-19 merupakan mimpi horor yang memutar hidup banyak orang. Banyak anak menjadi yatim, b...
Pemkot Makassar fasilitasi UMKM kantongi sertifikasi halal MUI gratis
Kamis, 19 Agustus 2021 - 23:25 WIB
Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Makassar siap memfasilitasi pelaku UMKM un...
UMKM di Padang kibarkan bendera putih tanda menyerah
Kamis, 29 Juli 2021 - 23:30 WIB
Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Padang Sumatera Barat yang tergabung dalam ...
Kemenkop UKM targetkan 500 koperasi modern pada 2024
Selasa, 13 Juli 2021 - 14:56 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menargetkan kontribusi 5,5 persen terhadap P...
ITB beri pelatihan pemanfatan medsos bagi perajin sulam di Ketapang
Sabtu, 05 Juni 2021 - 15:45 WIB
Institut Teknologi Bandung (ITB) memberi pelatihan pemanfaatan media sosial (medsos) sebagai sarana ...
Klinik bisnis dorong UMKM tingkatkan pengelolaan keuangan saat pandemi
Jumat, 21 Mei 2021 - 07:40 WIB
Klinik Bisnis Revorlin Telaumbanua terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Prov...
Pemerintah daerah diharapkan gandeng UMKM dalam pengadaan barang/jasa
Jumat, 07 Mei 2021 - 19:36 WIB
Pemerintah melalui tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) mengharapkan seluruh pemeri...
Live Streaming Radio Network