Dokter sarankan wanita hamil trimester awal hindari sauna
Elshinta
Selasa, 04 Mei 2021 - 15:05 WIB |
Dokter sarankan wanita hamil trimester awal hindari sauna
Ilustrasi berendam di air hangat (Pexel)

Elshinta.com - Dokter spesialis kandungan dari RS Dr Soetomo Surabaya, dr Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K), menyatakan bahwa wanita hamil sebaiknya menghindari berendam air hangat atau bersauna pada trimester awal kandungan.

Panas yang ekstrim dan konstan menjadi perhatian utama saat ibu hamil menggunakan fasilitas spa dan sauna. Meskipun panas ini mungkin membuat rileks dan terasa nyaman bagi ibu hamil, tapi belum tentu aman dan nyaman bagi si jabang bayi. Saat bayi dalam kandungan, mereka tidak dapat mengatur suhu tubuhnya. Ini berarti mereka tidak dapat mentolerir panas yang ekstrim dari sauna.

"Berendam air panas dan sauna tentunya sangat nyaman dan menyenangkan bagi seseorang, namun hal ini perlu diwaspadai pada saat kehamilan. Berendam dengan air panas (hot tubs) dan sauna sebaiknya dihindari pada trimester awal kehamilan," ujar dr Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K) spesialis kandungan dari RS Dr Soetomo Surabaya melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut Manggala menjelaskan air panas pada spa tubs ataupun suhu hangat di sauna dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin, karena paparan panas pada awal kehamilan berhubungan dengan terjadinya beberapa kelainan kongenital seperti neural tube defect (gangguan perkembangan tabung saraf) dan juga keguguran.

"Selain itu wanita hamil lebih mudah mengalami dehidrasi, pusing dan tekanan darah rendah. Gejala-gejala ini akan semakin cepat saat cuaca sangat panas. Demikian pula halnya dengan meningkatknya suhu tubuh di atas normal yang dapat menyebabkan hipertermia jika kita berendam dalam hot tubs atau sauna yang juga menimbulkan potensi bahaya bagi janin yang dikandungnya," tambah Manggala.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa bayi yang terpapar suhu tinggi (seperti saat ibu hamil berendam air panas/hangat di bak mandi atau saat relaksasi di sauna) selama trimester pertama mengalami komplikasi serius pada otak dan atau sumsum tulang belakang.

Menurut Organisasi Layanan Informasi Teratologi (OTIS) sebagaimana dipublikasikan oleh American Pregnancy Association, suhu tubuh di atas 38 derajat celcius dapat menimbulkan kekhawatiran selama kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan peningkatan risiko janin dengan cacat lahir jika ibu mengalami peningkatan suhu tubuh pada periode waktu tertentu terutama pada trimester pertama kehamilan.

Ini dikarenakan selama bulan-bulan awal kehamilan, tubuh dan otak janin mengalami proses berkembang. Sehingga apabila ada tekanan pada tubuh ibu, maka akan berisiko memengaruhi janin tersebut.

Sementara itu, jurnal yang dipublikasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa Meskipun trimester pertama adalah waktu paling berbahaya, penting bagi wanita hamil untuk menghindari sauna dan pemandian air panas bahkan hingga sembilan bulan penuh.

Karena apabila seorang ibu hamil mengalami hipertemia yang terjadi dalam waktu lama terutama pada trimester pertama, ada risiko cacat tabung saraf, cacat jantung, dan cacat mulut kiri janin.

Meski demikian, ACOG menyarankan ada berbagai jenis sauna, dan setiap sauna diprogram untuk menjaga suhu dan tingkat kelembapan yang berbeda. Sebelum memilih untuk menggunakan sauna selama kehamilan, yang terbaik adalah meminta nasihat dari dokter spesialis kandungan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemda Matim gelar kegiatan rembuk stunting
Jumat, 17 September 2021 - 18:05 WIB
Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Keseh...
Pendidikan kesehatan seksual reproduksi di keluarga pondasi pemenuhan HKSR
Senin, 06 September 2021 - 21:11 WIB
Hampir dua tahun, Indonesia masih terus berjuang mengakhiri pandemi Covid-19.
YKI harapkan wanita di Langkat ikut iva test 
Kamis, 19 Agustus 2021 - 16:13 WIB
Ketua Pengurus  Cabang Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Tiorita, m...
Julie Sutrisno: PMT di Desa Model tidak hanya ibu hamil
Rabu, 18 Agustus 2021 - 16:47 WIB
Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Desa Model yang ada di NTT tidak hanya pada ibu hamil, tetapi di...
Seluk beluk vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil
Minggu, 08 Agustus 2021 - 12:46 WIB
 Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah merekomendasikan pemberian vaksin COVID...
POGI: Ibu hamil jangan ragu vaksinasi COVID-19
Selasa, 03 Agustus 2021 - 18:23 WIB
 Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Prof. DR. Dr. Budi Wiweko...
Kini sudah ada mesin Mammomat Revelation untuk deteksi kanker payudara
Minggu, 04 Juli 2021 - 09:36 WIB
Yayasan Kanker Indonesia (YKI) telah menginstalasi mesin mamografi terbaru, bernama Mammomat Revelat...
Dokter sarankan wanita hamil trimester awal hindari sauna
Selasa, 04 Mei 2021 - 15:05 WIB
Dokter spesialis kandungan dari RS Dr Soetomo Surabaya, dr Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K), menyata...
Kenali tanda nyeri haid tak normal
Selasa, 27 April 2021 - 12:52 WIB
Sebagian wanita merasakan nyeri atau kram selama periode menstruasinya, baik itu menjelang atau sela...
 TMMD KE-110 Kodim 1711/BVD sosialisasikan tentang pencegahan bahaya stunting
Kamis, 11 Maret 2021 - 21:23 WIB
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Kodim 1711/BVD menggelar kegiatan non fisik bers...
Live Streaming Radio Network