Jepang-UNICEF dukung peningkatan rantai dingin vaksin di Indonesia
Elshinta
Kamis, 22 April 2021 - 20:00 WIB |
Jepang-UNICEF dukung peningkatan rantai dingin vaksin di Indonesia
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (kiri) bertemu Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini (kanan). (HO-Kedubes Jepang)

Elshinta.com - Pemerintah Jepang menyediakan dana hibah darurat senilai 6,9 juta dolar AS (sekitar Rp100 miliar) untuk mendukung kegiatan Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan, dan menguatkan sarana rantai dingin terkait program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Dana hibah tersebut merupakan kelanjutan dukungan Jepang pada 2020 terhadap aksi respons multisektor UNICEF untuk mengatasi dampak langsung pandemi COVID-19 di Indonesia, demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Kamis.

“Jepang bekerja sama secara erat dengan Indonesia untuk membantu meningkatkan kapasitas sistem kesehatan dan mendorong pemulihan ekonomi berlandaskan prinsip keamanan manusia,” kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

“Memperluas produksi vaksin yang aman, terjangkau, dan efektif serta menyediakan akses yang merata adalah kunci untuk mengatasi pandemi. Jepang bermitra dengan UNICEF untuk memastikan vaksin sampai ke penerimanya, yaitu dengan mendukung ketersediaan rantai dingin di negeri yang luas ini,” tutur Kenji 
menambahkan.

Di Indonesia, program vaksinasi COVID-19 telah dimulai pada Januari 2021. Target Indonesia adalah mengimunisasi 18,5 juta penduduk menggunakan beragam produk vaksin. Sebuah penilaian yang dilakukan baru-baru ini terhadap sistem rantai dingin Indonesia menyatakan bahwa pemberian lebih dari 335 juta dosis vaksin COVID-19 akan berdampak signifikan terhadap rantai suplai imunisasi dan kapasitas penyimpanan rantai dingin.

Dana hibah Jepang akan digunakan untuk mengadakan sarana rantai dingin, termasuk fasilitas penyimpanan dingin dan transportasi untuk mendukung akses dan distribusi vaksin COVID-19 secara merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Dalam hal ini, UNICEF akan mengadakan, mendistribusikan, dan memasang peralatan rantai dingin di tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta menguatkan kapasitas kelembagaan dalam mengelola peralatan itu.

Sementara itu, Program Safe Return to Learning (kembali belajar dengan aman--red) yang didukung oleh pemerintah Jepang bertujuan menjawab kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan psikososial anak-anak di Papua dan Sulawesi Selatan.

Dukungan ini juga akan menguatkan sistem dan kemampuan nasional untuk memberikan layanan publik dasar kepada kelompok-kelompok masyarakat di daerah terpencil yang kekurangan akses layanan.

Melalui program tersebut, UNICEF akan bekerja sama dengan otoritas setempat agar anak-anak, khususnya di daerah yang paling tertinggal, dapat kembali ke sekolah dengan aman, meneruskan kegiatan belajar, dan mendapatkan layanan kesehatan penting yang sempat terhambat selama pandemi.

UNICEF juga hendak meningkatkan prasarana air, kebersihan, dan sanitasi, serta menyosialisasikan perilaku sehat, serta terus memperluas pelayanan perlindungan anak untuk kelompok yang paling membutuhkan.

“UNICEF berterima kasih atas komitmen berkelanjutan Jepang untuk mendukung anak-anak yang paling rentan di Indonesia pada masa COVID-19. Melalui kontribusi ini, UNICEF akan mampu mendukung upaya otoritas setempat mengakhiri pandemi, agar anak-anak dapat kembali bersekolah dengan aman,” ujar Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
New York mulai vaksinasi COVID-19 untuk remaja
Jumat, 14 Mei 2021 - 19:36 WIB
Tepuk tangan yang meriah pada Kamis menyambut dimulainya vaksinasi COVID-19 untuk kalangan remaja di...
PAHO: Empat varian COVID-19 terdeteksi di kawasan Amerika
Jumat, 14 Mei 2021 - 18:45 WIB
Empat varian COVID-19 paling mengkhawatirkan terdeteksi hampir di semua negara dan kawasan Amerika, ...
Junta Myanmar umumkan darurat militer di kota Negara Bagian Chin
Jumat, 14 Mei 2021 - 17:56 WIB
Junta Myanmar telah mengumumkan darurat militer di sebuah kota di Negara Bagian Chin setelah menuduh...
10 pekan jepang Olimpiade Jepang tambah 3 prefektur berstatus darurat
Jumat, 14 Mei 2021 - 17:24 WIB
Jepang menambah tiga prefektur berstatus darurat COVID-19, langkah mengejutkan yang mencerminkan kek...
Kasus COVID India lampaui 24 juta, saat varian virus menyebar ke dunia
Jumat, 14 Mei 2021 - 13:55 WIB
Jumlah infeksi COVID-19 yang tercatat di India naik melampaui 24 juta kasus pada Jumat, di tengah la...
DK PBB akan bahas konflik Israel dan militan Palestina pada Minggu
Jumat, 14 Mei 2021 - 12:25 WIB
Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dalam pertemuan pada Minggu (16/5) akan secara te...
Minyak anjlok sekitar tiga persen, terseret krisis COVID-19 India
Jumat, 14 Mei 2021 - 10:45 WIB
Harga minyak anjlok sekitar persen pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), ketika krisis viru...
PM Palestina: Tindakan Israel bentuk rasisme paling keji
Selasa, 11 Mei 2021 - 19:13 WIB
Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh pada Senin (10/5) mengatakan bahwa tindakan Israel di wi...
Dokter India peringatkan warga kotoran sapi bukan obat COVID
Selasa, 11 Mei 2021 - 14:35 WIB
Para dokter di India memperingatkan warga tentang praktik penggunaan kotoran sapi dengan keyakinan ...
Info palsu sebabkan kluster baru COVID, dua ekspatriat di Hongkong ditahan
Selasa, 11 Mei 2021 - 13:58 WIB
Dua ekspatriat di Hong Kong ditahan karena memberikan informasi palsu hingga menyebabkan terjadinya ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV