Bupati Cilacap dan Gubernur DKI teken MoU dan panen raya padi 
Elshinta
Sabtu, 17 April 2021 - 11:25 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Bupati Cilacap dan Gubernur DKI teken MoU dan panen raya padi 
Sumber foto: Irman Agustianto/elshinta.com.

Elshinta.com - Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kabupaten Cilacap, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menandatangani kesepakatan bersama dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat percepatan dan percepatan pemenuhan layanan publik antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap di Balai Benih dan Holticultura Majenang, Desa Jenang Kecamatan Majenang, Jum'at (16/4).

Kegiatan tersebut disaksikan unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap yang hadir diantaranya Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Afandi. Hadir pula mendampingi Bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Tohatiningsih, Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman, Sekda Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariadi serta para tamu undangan lainnya. 

Sebelumnya dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta dan PT Food Station Tjipinang Jaya Jakarta yang telah melakukan kerjasama dalam bidang pertanian terutama pengembangan kebutuhan pangan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik. Dia berharap kerjasama ini nantinya dapat meningkatkan kualitas beras dan kualitas sumber daya manusia.

"Saya berharap, kerjasama ini akan meningkatkan kualitas beras, kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan para petani. Kerjasama ini bukan saja masalah perdagangan namun juga bagaimana kita mempersiapkan generasi generasi para petani menjadi generasi petani yang handal. Untuk itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta dan PT Food Station Tjipinang Jaya Jakarta yang telah melakukan kerjasama dalam bidang pertanian. Ini adalah parcel ramadhan," ucap Bupati seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Irman Agustianto, Sabtu (17/4). 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah ikhtiar kerja bersama yang sudah dirintis sejak tahun 2018 secara bertahap mengalami peningkatan. Dia menyadari bahwa kebersamaan gotong royong itu adalah sifat dasar dari bangsa Indonesia sehingga saat ini dirumuskan di dalam kerja antar pemerintah dan kerja antar masyarakat.

Dan ini adalah satu ikhtiar yang punya multi aspek bagi kami. Di Jakarta 99,9% ketergantungan yang amat tinggi. Dengan adanya kerja sama seperti ini harapannya kita bisa memotong mata rantai tataniaga dan membuat masyarakat Jakarta memiliki berat harga terjangkau dan yang lebih penting para petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan. Jadi level yang di Cilacap harapannya peningkatan kesejahteraan,' kata Anies..

Lebih lanjut dikatakan Anies, kerjasama atau kolaborasi ini diharapkan proses saling belajar terjadi sehingga di masyarakat petani pun terjadi peningkatan secara terus-menerus karena satu sifat yang tidak mungkin bergeser yaitu pembelajaran. Saya berharap kolaborasi ini nantinya membuat kita semua terus menerus belajar tentang benih, pemanfaatan teknologi sehingga bukan saja volumenya terjamin kualitasnya dan produktivitasnya juga terjamin dan bila itu dilakukan Insya Allah ini bisa jadi percontohan ke berbagai tempat di seluruh Indonesia," Ucapnya.

Setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama, Gubernur beserta Bupati Cilacap dan unsur Forkopimda melaksanakan kegiatan panen raya padi bersama. Selain itu, Gubernur dan Bupati Cilacap juga melihat langsung panen padi dengan menggunakan mesin combine. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Realisasi produksi padi di Gunung Kidul capai 281.284 ton GKG
Rabu, 16 Juni 2021 - 19:32 WIB
Realisasi produksi padi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga 15 Juni, menca...
Produksi kopi robusta Kabupaten Bogor 4.004 ton
Rabu, 16 Juni 2021 - 12:26 WIB
Realisasi produksi kopi robusta Kabupaten  Bogor, Jawa Barat  mencapai  4.004 ton dalam setahun m...
 Wabup Fauzi Yusuf usul lahan gambut dan kering untuk pengembangan pertanian
Rabu, 16 Juni 2021 - 11:25 WIB
Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengusulkan program  pengembangan lahan gambut dan lahan kering...
IHSG Rabu dibuka melemah 17,6 poin
Rabu, 16 Juni 2021 - 09:51 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu dibuka melemah 17,6 poin
Sandiaga: Ciptakan ekonomi kreatif dan wisata yang berkelanjutan
Selasa, 15 Juni 2021 - 20:55 WIB
Pandemi Covid-19 meluluhlantakkan berbagai sektor. Tak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ...
Gubernur BI prediksi pertumbuhan e-commerce melonjak hingga 39 persen
Selasa, 15 Juni 2021 - 15:35 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi pertumbuhan transaksi keuangan digital sepert...
Airlangga: Realisasi anggaran PEN capai 31,4 persen per 11 Juni
Selasa, 15 Juni 2021 - 12:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa realisasi anggaran pemu...
BPS: Surplus neraca perdagangan RI pada Mei tertinggi selama 2021
Selasa, 15 Juni 2021 - 12:25 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) melansir bahwa neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2021 kembali mengal...
BI catatkan utang luar negeri Indonesia April 2021 tumbuh melambat
Selasa, 15 Juni 2021 - 11:15 WIB
Bank Indonesia (BI) mencatatkan posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada April 2021 mencapai 41...
LPS ingatkan deposan kritis bertanya terkait risiko investasi
Senin, 14 Juni 2021 - 21:11 WIB
Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Lana Soelistianingsih mengingatkan para deposan ata...
Live Streaming Radio Network