Tatang Sulaiman sayangkan Kapolri ikut pusaran konflik PB ISSI
Elshinta
Selasa, 06 April 2021 - 23:23 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Tatang Sulaiman sayangkan Kapolri ikut pusaran konflik PB ISSI
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com

Elshinta.com - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) pimpinan Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman menyayangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut terlibat dalam pusaran konflik di tubuh induk organisasi balap sepeda Tanah Air. Sebab, Listyo bersedia menjadi ketua umum PB ISSI versi Raja Sapta Oktohari (RSO) yang sebelumnya mundur karena maju jadi ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Sikap Tatang yang menyayangkan Kapolri masuk ranah dualisme ISSI tersebut disampaikan melalui kuasa hukumnya, Sardjono dan Eka NS melalui konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/4).

"Sangat disayangkan PB ISSI RSO mengadakan Munaslub pada tanggal 2-3 April 2021 yang dibuka oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dengan meminang Sigit Listyo Prabowo menjadi ketua umum PB ISSI versi RSO. Sebagai ketua umum PB ISSI hasil Munaslub versi RSO, semoga tidak menjadi sorotan negatif kepada beliau yang merupakan Kapolri sebagai aparat penegak hukum karena dinilai tak paham azas dan aturan hukum," tegas Sardjono.

Sardjono mengatakan, semestinya PB ISSI versi RSO mematuhi tatanan hukum karena polemik ISSI sudah masuk ranah Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI). "Munaslub yang dilakukan RSO merupakan tindakan yang tidak menghargai proses hukum di BAORI dan mencederai para pencari keadilan. Kami menilai hal ini seharusnya dipahami oleh setiap warga dalam tatanan sebagai negara hukum," katanya seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Selasa (6/4).

Terkait masuknya Kapolri di PB ISSI versi RSO, lanjut Sardjono, tak membuat PB ISSI pimpinan Tatang ciut nyali. Tatang Sulaiman yang juga mantan Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) akan maju terus di sidang BAORI sampai ada keputusan final. Polemik yang melanda PB ISSI bermula saat RSO hendak maju sebagai ketua KOI pada 2019. RSO mundur melalui surat setelah terpilih sebagai ketua KOI dan tak menunjuk Plt ketua umum ISSI sesuai AD/ART ISSI hingga enam bulan lamanya.

RSO sempat masih menyatakan sebagai ketua umum ISSI. Melihat fenomena ini, sebanyak 22 dari 30 pengprov ISSI di Indonesia menyuarakan agar digelar Munaslub. Lagi-lagi, RSO tak bertindak. Dalam perjalanannya, perwakilan 22 pengprov berkomunikasi dengan KONI Pusat. Oleh KONI Pusat, RSO diminta menggelar Munaslub dengan pertimbangan lebih dari 2/3 anggota ISSI mendesak digelar Munaslub. Akan tetapi, RSO masih tetap diam.

Akhirnya, perwakilan 22 pengprov tersebut menggelar Munaslub pada 17-19 Oktober 2020 dengan memilih Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman sebagai ketua umum PB ISSI periode 2020-2024. Namun saat mengajukan Surat Keputusan (SK) kepengurusan, KONI Pusat tak menerbitkannya sampai sekarang. Atas persoalan ini, PB ISSI pimpinan Tatang Sulaiman mengajukan gugatan ke BAORI dengan RSO dan KONI Pusat sebagai termohon. Saat ini, perkembangan di BAORI memasuki sidang jawaban dari RSO pada 13 April 2021.

"Namun apabila termohon tidak menggunakan hak jawabnya, berarti BAORI akan masuk dalam tahap selanjutnya, yaitu pembuktian baik pemeriksaan saksi maupun bukti tertulis dari pemohon. Dengan bergulirnya proses hukum atas sengketa kepengurusan PB ISSI di BAORI ini, seharusnya semua pihak dapat menunggu dan menghargai sampai adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap," ungkap Sardjono.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
IOC yakin Olimpiade Tokyo akan sukses meski ditentang publik
Kamis, 13 Mei 2021 - 08:00 WIB
Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan mendukung langkah-langkah Jepang untuk melawan COVID...
Gloria pasrah dengan keputusan BWF batalkan Singapore Open
Kamis, 13 Mei 2021 - 07:30 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Gloria Emanuelle Widjaja mengaku pasrah dengan keputusan Federasi Bulu...
PBSI sudah prediksi pembatalan Singapore Open karena pandemi
Rabu, 12 Mei 2021 - 21:00 WIB
Sehubungan dengan pembatalan turnamen Singapore Open 2021, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Sel...
FIFA bahas masalah hak asasi manusia jelang Piala Dunia Qatar
Rabu, 12 Mei 2021 - 18:34 WIB
Federasi sepak bola internasional FIFA mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan sejumlah anggot...
280 dokter olahraga melamar jadi relawan Olimpiade Tokyo
Rabu, 12 Mei 2021 - 18:11 WIB
Sekitar 280 dokter olahraga bersertifikat melamar 200 tempat  yang ingin diisi oleh panitia penyele...
Mantan Ketua KONI Bengkulu ditangkap terkait korupsi dana hibah
Senin, 10 Mei 2021 - 16:16 WIB
Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu Mufran Imron ditangkap angg...
Belum tampil maksimal di Jepang, Zohri-Sapwa ingin perbaiki performa
Senin, 10 Mei 2021 - 07:15 WIB
Dua wakil atletik Indonesia dalam ajang \"World Athletics Continental Tour 2021\", Lalu Muhammad Zoh...
Olimpiade Tokyo gelar uji coba atletik tanpa penonton
Minggu, 09 Mei 2021 - 23:45 WIB
Ratusan atlet, termasuk sprinter AS Justin Gatlin, berpartisipasi dalam acara uji coba di Stadion ...
Zohri tempati peringkat ketujuh pada uji coba Olimpiade Tokyo
Minggu, 09 Mei 2021 - 21:11 WIB
Pelari nasional Lalu Muhammad Zohri menempati peringkat ketujuh dengan catatan waktu 10, 45 detik da...
Jersey Michael Jordan terjual Rp19,5 miliar
Minggu, 09 Mei 2021 - 14:29 WIB
Rumah lelang Heritage Auctions mengatakan jersey yang dikenakan Michael Jordan dari musim 1982-83 di...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV