MemoRI 22 Maret
22 Maret 1946: Mesir negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, mahasiswa di Univ Al Azhar berhasil meyakinkan Pemerintah Mesir agar beri dukungan
Elshinta
Penulis : | Editor : Administrator
22 Maret 1946: Mesir negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, mahasiswa di Univ Al Azhar berhasil meyakinkan Pemerintah Mesir agar beri dukungan
bendera negara Mesir-shutterstock.com

Elshinta.com - Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia. Mesir mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia pada 22 Maret 1946. Selanjutnya negara-negara lain khususnya negara Arab mengakui kedaulatan bangsa Indonesia, di antaranya Syria, Iraq, Lebanon, Yaman, Saudi Arabia dan Afghanistan.

National Geographic menyebut penyebarluasan kemerdekaan Indonesia ke dalam negeri dan luar negeri dilakukan setelah pembacaan proklamasi. Penyebarluasan kemerdekaan ke luar negeri menggunakan radio. Kemudian radio-radio internasional di Inggris, Amerika, dan Singapura.

Kabar merdekanya Indonesia itu pun disebarkan lagi oleh radio-radio internasional. Situs resmi Kementerian Luar Negeri melaporkan, Mesir merupakan negara Arab pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946. Bahkan secara resmi keputusan Sidang Dewan Liga Arab, 19 November 1946 mengajurkan kepada semua negara anggota Liga Arab supaya mengakui Indonesia sebagai negara merdeka yang berdaulat.

Alasan Liga Arab memberikan dukungan didasari pada ikatan keagamaan, persaudaraan dan kekeluargaan. Kerja sama kedua negara terjalin setelah mengakui kedaulatan Indoneia. Hubungan diplomatik pun dibuka dengan ditandai dengan penandatanganan The Treaty of Frienship and Cordiality pada 10 Juni 1947.

Kemudian pada 1949 dilakukan pembukaan Perwakilan Republik Indonesia di Kairo. Mesir juga memiliki perwakilan di Indonesia. Sejauh ini berbagai kerja sama terus dilakukan di berbagai bidang hingga sekarang. Di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pendidikan.

Mesir dan Indonesia juga sama-sama tergabung dalam organisasi kerja sama Islam, Gerakan Non Blok, Kelompok G20 negara berkembang dan Kelompok 8 negara berkembang.

Sejak menjalin hubungan diplomatik, kedua negara senantiasa menjaga hubungan yang baik dan erat secara politis. Kunjungan pejabat antara kedua negara cukup intens. Apalagi memiliki kesamaan pandangan dalam berbagai isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Dikutip dari Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya: Ideologi dan Pemikiran Kebangsaan (2007) karya Lembaga Transformasi Sosial (Indonesia), pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari adanya dukungan para mahasiswa yang belajar di Universitas Al Azhar.

Para mahasiswa itu dapat meyakinkan Pemerintah Mesir untuk mendukung kemerdekaan dan pengakuan kedaualatan Indonesia. Pemerintah Mesir memberikan dukungan moril dan materiil kepada Indonesia.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), Mesir merupakan salah satu negara di Benua Afrika, terletak di sudut timur laut Afrika. Mesir memiliki luas wilayah sekitar 997.739 kilometer persegi. Mencakup Semenanjung Sinai, sedangkan sebagin besar wilayahnya terletak di Afrika Utara.

Mesir salah satu negara maju di Benua Afrika. Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil. Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.

Mesir adalah rumah dari salah satu peradaban utama Timur Tengah Kuno. Negara dengan ibukotanya Kairo itu terkenal dengan peradaban kuno. Bahkan menjadi salah satu pusat intelektual dan budaya dunia Arab dan Islam.

Selain itu juga salah satu negara tertua di dunia. Sejarah Yunani Kuno, Herodotus menyebut jika mesir sebagai hadiah Sungai Nil. Produksi pertanian yang kaya di Mesir adalah salah satu penghasil pangan utama.

Mesir sebagian besar adalah perkotaan. Kairo yang menjadi ibukota merupakan salah satu aglomerasi perkotaan terbesar di dunia. Manufaktur, dan perdagangan semakin melampaui pertanian sebagai sektor ekonomi nasional.

sumber: kompas

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Lebaran di rumah dinas, Mahfud tunda sungkeman ke Ibunda
Kamis, 13 Mei 2021 - 16:45 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menunda sungkeman ...
Anggota DPR apresiasi Polri ungkap peredaran 310 kilogram sabu
Kamis, 13 Mei 2021 - 12:30 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengapresiasi jajaran aparat Polda Metro Jaya ya...
Presiden dan Ibu Negara shalat Idul Fitri di halaman Istana Bogor
Kamis, 13 Mei 2021 - 06:00 WIB
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunaikan shalat Idul Fitri 1442 ...
Ketua DPR minta pemerintah tunda kedatangan WNA ke Indonesia
Rabu, 12 Mei 2021 - 22:37 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk menunda kedatangan war...
NasDem: Penggugat jabatan ex-officio BP Batam tidak hargai Jokowi
Rabu, 12 Mei 2021 - 18:23 WIB
Politisi Partai NasDem Willy Aditya menyebutkan, penggugat jabatan ex-officio Wali Kota Batam selaku...
Puan: Jangan sampai `kecolongan` penularan COVID-19 dari bandara
Rabu, 12 Mei 2021 - 13:57 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan lembaganya menaruh perhatian besar kepada kondisi bandara-band...
12 Mei 1998: Kelamnya tragedi Trisakti
Rabu, 12 Mei 2021 - 06:00 WIB
12 Mei 1998, peristiwa mencekam dan berdarah terjadi di kampus Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta...
KSP apresiasi misi penyelamatan 76 WNI korban penyekapan di Kamboja
Selasa, 11 Mei 2021 - 22:05 WIB
Kantor Staf Presiden (KSP) mengapresiasi respons cepat Kementerian Luar Negeri terkait keberhasilan ...
NU minta polemik salat Id dihentikan dan patuhi pemerintah
Selasa, 11 Mei 2021 - 08:00 WIB
Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin meminta seluruh pihak menyuda...
Anggota DPR RI sesalkan pertanyaan TWK terkait `lepas jilbab`
Senin, 10 Mei 2021 - 19:34 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menyesalkan adanya pertanyaan yang melecehkan t...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV