Tekan impor, Bahlil Lahadalia dorong industri aspal Buton
Elshinta
Senin, 01 Maret 2021 - 17:22 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Tekan impor, Bahlil Lahadalia dorong industri aspal Buton
Sumber foto: La Ode Ali/elshinta.com.

Elshinta.com - Menindaklanjuti visi besar Presiden RI, Joko Widodo terkait dengan transformasi ekonomi yang salah satunya diwujudkan dalam optimalisasi pengolahan sumber daya alam, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia meninjau lokasi pabrik aspal yang berada di Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (28/2).

Dalam konferensi pers yang berlangsung di pabrik aspal PT Kartika Prima Abadi (KPA), Bahlil menjelaskan, bahwa total impor aspal Indonesia per tahun sekitar Rp50 triliun. Jika produksi dalam negeri bisa menghasilkan mengurangi 50% aspal impor aspal, maka dapat menghemat devisa sekitar Rp20 triliun.

“Hal ini sejalan dengan program Presiden RI yaitu mengoptimalisasikan sumber daya alam yang ada Indonesia, terutama aspal Buton. Ini adalah potensi Sulawesi Tenggara yang luar biasa sekali, di luar nikel. Saya sendiri juga kaget,” ujar Bahlil melalui rilis resminya kepada Kontributor Elshinta, La Ode Ali, Senin (1/3).

Dalam kunjungan ini, Kepala BKPM menyerahkan secara langsung surat keputusan pemberian fasilitas insentif investasi dalam bentuk Tax Holiday kepada PT Kartika Prima Abadi (KPA).

Di samping itu, Kepala BKPM juga memastikan bahwa proyek ini harus melibatkan pengusaha daerah dalam pembangunannya. Hal ini sesuai semangat yang selalu digelorakan oleh Kepala BKPM, di mana investasi yang masuk ke suatu daerah harus dapat bekerja sama dengan pengusaha nasional di daerah dan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). 

“Saya berharap dengan diberikannya fasilitas Tax Holiday dan perizinan yang lain, perusahaan mampu meningkatkan produksinya dan melibatkan pengusaha daerah. Inilah yang namanya kolaborasi,” ungkap Bahlil seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, La Ode Ali, Senin (1/3). 
 
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengungkapkan apresiasinya atas perhatian Kepala BKPM. 

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala BKPM yang datang untuk memastikan dan melihat langsung, perusahaan aspal ini yang didirikan di tengah hutan. Mudah-mudahan ini berdaya guna potensi, sumber daya luar biasa yang dikelola secara profesional,” kata Ali Mazi. 

Dalam catatan BKPM, realisasi investasi Kabupaten Buton tahun 2020 terdapat total 16 proyek, yang terdiri dari 5 proyek PMA dan 11 proyek dari PMDN. Nilai investasi keseluruhan proyek ini adalah sebesar Rp2,8 triliun.

"Kami berkomitmen akan mengamankan dan mempermudah investasi yang masuk ke Buton. Tidak hanya aspal, kami juga ada nikel, mangan dan Buton Industrial Park. Semoga masyarakat Buton dapat menikmati hasil investasi dan industri yang menyesuaikan tuntutan Indonesia pada masa yang akan datang," jelas Bupati Buton La Bakry.

Buton telah sejak lama diketahui potensi sumber daya alamnya, khususnya aspal. Namun pengelolaannya belum berjalan dengan optimal. PT KPA  menggunakan teknologi pemurnian aspal dengan kapasitas produksi 100.000 ton per tahun. Perusahaan menggunakan bahan baku aspal Buton yang disebut “asbuton” dengan kadar bitumen 20-30%. Nilai investasi pada tahap I mencapai sebesar Rp358 miliar.

"Ini adalah definisi terbaik dari dukungan dan kerja sama pemerintah dan swasta. BKPM tidak hanya melihat investasi dari luar (PMA), tetapi juga dari dalam (PMDN)," ucap Irwan Hermanto selaku Direktur Utama PT KPA.

Realisasi investasi di Sulawesi Tenggara sepanjang tahun 2020 mencapai Rp21,13 triliun yang didominasi oleh PMA. Dari hasil investasi ini, telah menyerap tenaga kerja sekitar 6.183 orang. 

Berdasarkan sektor investasi, bidang usaha yang paling diminati di Sulawesi Tenggara adalah Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin dan Peralatannya lalu diposisi kedua adalah Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi dan posisi ketiga adalah Tanaman Pangan, Perkebunan, dan Peternakan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
OJK: Penggunaan data pribadi tanpa izin termasuk tindak pidana
Selasa, 20 April 2021 - 21:47 WIB
Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo mengata...
BI: Transaksi uang elektronik tumbuh 42,46 persen pada Maret 2021
Selasa, 20 April 2021 - 21:35 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebutkan nilai transaksi uang elektronik mencapai Rp21,4 tr...
BI turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi RI jadi 5,1 persen
Selasa, 20 April 2021 - 21:24 WIB
Bank Indonesia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun 2021 yaitu...
IHSG melemah 0,23% ke 6.038 pada akhir perdagangan hari ini 
Selasa, 20 April 2021 - 18:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun lagi pada perdagangan hari ini setelah kemarin terkoreksi. ...
Rupiah ditutup menguat pasca BI tahan suku bunga acuan
Selasa, 20 April 2021 - 17:46 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup menguat ...
Peluang ekspor Indonesia terbuka lebar di Filipina
Selasa, 20 April 2021 - 17:10 WIB
Indonesia dan Filipina memiliki banyak ruang untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan, khususnya d...
Sebanyak 2.625 KK Kota Pontianak terima sambungan PDAM gratis
Selasa, 20 April 2021 - 15:36 WIB
Sebanyak 2.625 kepala keluarga (KK) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Pontianak, Kalima...
PDAM Tirta Wampu akan bangun boster tampung untuk peningkatan pelayanan air bersih
Selasa, 20 April 2021 - 15:25 WIB
PDAM Tirta Wampu Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ingin melakukan gebrakan peningkatan sarana dan p...
Tak kunjung direspon Kementan, peternak unggas mandiri layangkan nota keberatan ke-3
Selasa, 20 April 2021 - 14:12 WIB
Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) Alvino Antonio melalui kuasa hukum Hermawanto menya...
Layanan GeNose C19 dibuka lagi di tiga bandara
Selasa, 20 April 2021 - 12:58 WIB
Layanan GeNose C19 dibuka lagi di tiga bandara yakni Bandara Raden Inten II (Lampung), Bandara Supad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV