Kepala BKPM RI harap Buton bisa menyuplai 50 persen aspal nasional
Elshinta
Senin, 01 Maret 2021 - 16:58 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Kepala BKPM RI harap Buton bisa menyuplai 50 persen aspal nasional
Sumber foto: La Ode Ali/elshinta.com.

Elshinta.com - Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia harap Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya daerah Kabupaten Buton bisa menyuplai 50 persen kebutuhan aspal nasional. 

Hal itu diungkapkan saat menyerahkan Sertifikat Tax Holiday kepada PT. Kartika Prima Abadi di Desa Suandala, Kecamatan Lasalimu, Minggu (28/2).

"Harapan kita dengan industri yang dibangun, suplai kebutuahan aspal nasional itu 50 persen dari Sulawesi Tenggara, khususnya Pulau Buton," kata Bahlil Lahadalia. 

Keberadaan aspal di Pulau Buton kata dia, sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hanya saja, belum dikelola dengan baik.

"Di Pulau Buton sudah ada sumber daya alam kita yang ada sejak zaman penjajahan Belanda, namun harus diakui pengelolaannya belum dilakukan dengan baik," akuinya. 

Kata dia, dengan adanya satu pabrik aspal yang dibangun oleh PT. Kartika Prima Abadi, sejalan dengan harapan dan visi besar Presiden Jokowi, salah satunya adalah penggunaan produk dalam negeri.

"Saudara Irwan (Irwan Hermat, Direktur Utama PT. Kartika Prima Abadi-red) sebagai pimpinan perusahaan yang membangun satu pabrik aspal Buton yang berkwalitas internasional dan arahan Bapak Presiden dalam berbagai macam pembelanjaan yang biayanya dari ABPN, APBD, maupun BUMN harus memakai produk lokal. Dalam konteks itu Indonesia sampai sekarang masih mengimpor kurang lebih 1,3 juta ton aspal. Sekarang harga aspal per ton itu 2,9 sampai 300 juta US Dolar, artinya 4,2 juta per ton, kalo kita impornya 1,3 juta ton berarti cadangan devisa kita kurang lebih 40 triliun sampe dengan 46 triliun," bebernya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, La Ode Ali, Senin (1/3). 

Lanjut Bahlil, apa yang dilakukan saat ini merupakan bentuk kepastian pemerintah pusat dalam memastikan investasi daerah berjalan dengan baik dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan pemerataan pertumbuhan ekonomi di wilayah kawasan Indonesia Timur, khususnya di Pulau Buton.

"Saya juga ingin menyampaikan Pak Irwan sebagai Direktur perusahaan yang telah bertanda tangan kesepakatan bahwa akan melibatkan pengusaha-pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Buton, salah satu diantaranya dengan melibatkan IUP-IUP di daerah untuk mengambil bagian ketika kapasitas produksinya mencapai 500 ton per tahun," imbaunya.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Bupati Buton, La Bakry mengatakan bahwa, dengan hadirnya Kepala BKPM RI dapat memberikan kemudahan bagi para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Buton, tidak hanya aspal, juga nikel dan mangan. Sehingga masyarakat di wilayah Kepulauan Buton (Kepton) bisa menikmati perkembangan industri di masa yang akan datang.

"Mudah-mudahan melalui BKPM bisa memberi kemudahan sehingga masyarakat di Kepulauan Buton ini bisa menikmati perkembangan industri yang menyesuaikan dengan tuntutan Indonesia pasa masa yang akan datang, mudahan-mudahan kehadiran BKPM pada hari ini bisa memberikan berkah kepada kami semua di Sulawesi Tenggara khususnya di Kepulauan Buton," harapnya.

Senada dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi, bahwa, di Sultra khususnya di wilayah Kabupaten Buton memiliki potensi yang luar biasa. Namun, jika hal itu tidak didukung oleh pemerintah khususnya Pemerintah Pusat, maka akan sia-sia. 

"Di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Buton memiliki potensi yang luar biasa, potensi yang luar biasa ini kalo tidak didukung dengan pemerintah khususnya Pemerintah Pusat maka menjadi tidak berguna. Oleh karena itu, kehadiran Kepala BKPM Republik Indonesia, saya dan masyarakat Sulawesi Tenggara memberikan apresiasi dan penghargaan terimakasih banyak karena hadir untuk memastikan dan melihat langsung bahwa apa yang dilaporkan oleh Direktur Utama PT. Kartika Prima Abadi itu adalah bukan dongeng, bahwa ada perusahaan yang didirikan di tengah hutan," katanya. 

Kehadiran Kepala BKPM RI di Sultra khususnya di Kabupaten Buton lanjut Ali Mazi, sama dengan memberikan spirit dan kebangkitan baru di masyarakat Sultra khususnya di Buton dan sekitarnya.

"Sekali lagi terimakasih kepada Bapak Presiden, khususnya kepada Kepala BKPM Republik Indonesia yang telah hadir di Sulawesi Tenggara," ucapnya.

Usai melakukan peninjauan Pabrik PT. Kartika Prima Abadi sekaligus penyerahan Tax Holiday. Bahlil juga menyempatkan untuk meninjau perusahaan Tambang Aspal milik investor lokal yakni PT. Karya Buana Buton di Desa Nambo, Kecamatan Lasalimu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Direktur Pelayanan Fasilitas BKPM RI, Walikota Baubau, Wakil Bupati Buton, Ketua DPRD Buton, Anggota Forkopimda Buton, dan rombongan Kepala BKPM diantaranya Deputi dan Ketua HIPMI.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
OJK: Penggunaan data pribadi tanpa izin termasuk tindak pidana
Selasa, 20 April 2021 - 21:47 WIB
Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo mengata...
BI: Transaksi uang elektronik tumbuh 42,46 persen pada Maret 2021
Selasa, 20 April 2021 - 21:35 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebutkan nilai transaksi uang elektronik mencapai Rp21,4 tr...
BI turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi RI jadi 5,1 persen
Selasa, 20 April 2021 - 21:24 WIB
Bank Indonesia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun 2021 yaitu...
IHSG melemah 0,23% ke 6.038 pada akhir perdagangan hari ini 
Selasa, 20 April 2021 - 18:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun lagi pada perdagangan hari ini setelah kemarin terkoreksi. ...
Rupiah ditutup menguat pasca BI tahan suku bunga acuan
Selasa, 20 April 2021 - 17:46 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup menguat ...
Peluang ekspor Indonesia terbuka lebar di Filipina
Selasa, 20 April 2021 - 17:10 WIB
Indonesia dan Filipina memiliki banyak ruang untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan, khususnya d...
Sebanyak 2.625 KK Kota Pontianak terima sambungan PDAM gratis
Selasa, 20 April 2021 - 15:36 WIB
Sebanyak 2.625 kepala keluarga (KK) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Pontianak, Kalima...
PDAM Tirta Wampu akan bangun boster tampung untuk peningkatan pelayanan air bersih
Selasa, 20 April 2021 - 15:25 WIB
PDAM Tirta Wampu Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ingin melakukan gebrakan peningkatan sarana dan p...
Tak kunjung direspon Kementan, peternak unggas mandiri layangkan nota keberatan ke-3
Selasa, 20 April 2021 - 14:12 WIB
Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) Alvino Antonio melalui kuasa hukum Hermawanto menya...
Layanan GeNose C19 dibuka lagi di tiga bandara
Selasa, 20 April 2021 - 12:58 WIB
Layanan GeNose C19 dibuka lagi di tiga bandara yakni Bandara Raden Inten II (Lampung), Bandara Supad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV