Gubernur Jateng usulkan anggaran Rp3,19 triliun untuk tangani banjir Pantura
Elshinta
Kamis, 25 Februari 2021 - 16:46 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Gubernur Jateng usulkan anggaran Rp3,19 triliun untuk tangani banjir Pantura
Gubernur Ganjar Pranowo mengikuti Rakor Gubernur se-Indonesia yang dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas secara daring di Ruang Rapat Kantor Gubernur Jateng di Semarang, Rabu (24/2). (Foto: Humas Pemprov Jateng/Elshinta.com)

Elshinta.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan penanganan banjir di pantai utara (pantura) Jateng sebagai usulan prioritas nasional. Anggaran sebesar Rp3,19 triliun diusulkan Ganjar ke pusat untuk menangani persoalan banjir dan rob di pesisir Jawa Tengah mulai Pekalongan hingga Pati itu.

 Ganjar mengusulkan hal itu kepada Menteri Perencanaan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat koordinasi usulan program prioritas nasional untuk mendukung major project RKP tahun 2022, Rabu (24/2). Selain Ganjar, sejumlah Gubernur juga mengusulkan program pembangunan prioritas di daerahnya masing-masing.

"Sebenarnya ada banyak usulan ke pusat, ada proyek-proyek strategis yang kita dorong. Namun untuk kali ini, saya ingin prioritaskan bagaimana penanganan banjir di pantura. Ini yang paling penting yang mesti segera dibereskan," kata Ganjar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Kamis (25/2). 

Dalam paparannya Ganjar mengusulkan anggaran ke pusat untuk penanganan banjir di kawasan pantura sebesar Rp3,19 triliun. Anggaran itu diperuntukkan untuk penanganan banjir dan rob di sejumlah daerah di pantura termasuk peningkatan sarana prasarana kawasan industri yang ada di sana.

"Memang di pantura ini ada dua hal. Satu soal infrastruktur mesti beres, tapi banjir yang paling penting. Banjir di pantura mesti dibereskan karena ada pengamat yang bilang kondisinya cukup berbahaya, khusus di Pekalongan pengamat bilang harus cepat ditangani agar tidak tenggelam," terangnya.

Selain Pekalongan wilayah yang harus mendapat perhatian adalah Semarang dan Demak. Menurut Ganjar lokasi-lokasi itu butuh penanganan yang sifatnya khusus, meskipun tidak boleh mengesampingkan wilayah lain.

"Yang lain sebenarnya juga kita siapkan di level daerah. Tapi karena ini dengan pusat maka kita butuh bantuan penanganan di wilayah-wilayah itu," tuturnya.

Selain penanganan banjir pantura, Ganjar juga mengusulkan dua program prioritas lainnya, di antaranya pengembangan kawasan Borobudur sebagai 10 Bali baru di Indonesia dengan total usulan anggaran Rp1,72 triliun. Ada pula usulan sektor perumahan tidak layak huni untuk mendukung pengentasan kemiskinan dengan total anggaran Rp1,4 triliun.

"Selain itu ada juga peningkatan pertumbuhan ekonomi di kawasan industri, termasuk pemenuhan sarana prasarananya, pembangunan jalur penghubung antara utara dan selatan Jawa Tengah, penurunan kemiskinan, pengangguran, aspek lingkungan dan lainnya. Memang tidak semua kita usulkan ke pusat karena beberapa akan kami tangani sendiri," katanya.

Sementara itu Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, usulan-usulan program prioritas itu akan ditindaklanjuti di tingkat pusat. Sejumlah kementerian terkait akan diajak bicara terkait usulan-usulan dari daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan cara seperti ini bisa kita tajamkan programnya dan semakin inline antara pusat dan daerah. Terkait penanganan banjir yang tadi diusulkan memang sudah dialokasikan dalam APBN tahun ini," katanya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Legislatif nilai larangan mudik tak efektif
Rabu, 14 April 2021 - 14:12 WIB
Mengenai larangan mudik yang diberlakukan oleh pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran dan ...
DPRD Banjarmasin sesalkan 90 persen anggaran sungai dipotong
Rabu, 14 April 2021 - 08:30 WIB
Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) M Isnaini menyesalkan 90 persen ...
Dai milenial: Ramadhan momen perkuat silaturahmi dan kebangsaan
Selasa, 13 April 2021 - 17:59 WIB
Dai milenial Habib Husein Ja`far Hadar mengatakan bulan Ramadhan yang identik dengan menyucikan ji...
Mendorong peran aktif masyarakat tanggulangi terorisme dan radikalisme
Selasa, 13 April 2021 - 10:52 WIB
Masyarakat tidak boleh acuh tak acuh terhadap terorisme dan radikalisme karena ini merupakan paham y...
Ketua DPR: Ramadhan momentum tingkatkan kepedulian pada sesama
Selasa, 13 April 2021 - 10:19 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat menjadikan bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk...
Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman buka ajang Hannover Messe 2021
Senin, 12 April 2021 - 23:56 WIB
Presiden RI Joko Widodo hadir secara virtual dalam penyelenggaraan Hannover Messe 2021 dan bersama K...
DPR dukung semua kebijakan dapatkan vaksin
Senin, 12 April 2021 - 08:45 WIB
DPR akan mendukung semua kebijakan pemerintah untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sebab pasokan vaksin...
TNI kerahkan KRI Ahmad Yani 351 kirim bantuan kemanusiaan ke NTT
Minggu, 11 April 2021 - 23:21 WIB
TNI mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Ahmad Yani 351 guna mengirimkan bantuan kemanu...
DPR dorong pemulihan ekonomi dengan instrumen UU Cipta Kerja
Minggu, 11 April 2021 - 16:23 WIB
Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan mengoptima...
Wakil Ketua MPR: Indonesia fokus perkuat empat pilar pokok
Minggu, 11 April 2021 - 15:56 WIB
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan Indonesia harus memperkuat empat pilar pokok guna menj...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV