Sebanyak 103 satuan pendidikan rusak akibat gempa Sulbar
Elshinta
Selasa, 19 Januari 2021 - 20:30 WIB |
Sebanyak 103 satuan pendidikan rusak akibat gempa Sulbar
Kondisi bangunan yang hancur akibat gempa di Sulawesi Barat.ANTARA/HO

Elshinta.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan sebanyak 103 satuan pendidikan rusak akibat gempa yang terjadi di Sulawesi Barat pada 14 Januari dan 15 Januari 2021.

“Berdasarkan hasil kaji cepat dampak gempa per 18 Januari 2021, terdapat 103 satuan pendidikan, baik yang berada di pengelolaan pemerintah daerah maupun Kementerian Agama, rusak akibat gempa. Sebanyak 39 sekolah di antaranya mengalami rusak berat, 19 sekolah rusak sedang, dan 45 sekolah rusak ringan. Kami terus melakukan koordinasi dalam melakukan pendataan, kebutuhan, dan intervensi yang dibutuhkan,” ujar Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Hendarman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Kemendikbud telah membuka posko di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) di Kabupaten Mamuju dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Kabupaten Majene.

Di Kabupaten Mamuju, terdapat 18 sekolah yang masuk kategori rusak berat, 12 sekolah rusak sedang, dan 10 sekolah mengalami rusak ringan. Sementara di Kabupaten Majene, 19 sekolah rusak berat, enam sekolah rusak sedang, dan 21 sekolah rusak ringan. Berikutnya, di Kabupaten Poliwali Mandar, dua sekolah rusak berat, satu sekolah rusak sedang, dan tujuh sekolah rusak ringan. Di Kabupaten Mamasa, tujuh sekolah mengalami kerusakan ringan.

Dalam rangka penanganan darurat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), UNICEF, dan klaster nasional pendidikan berkerja sama mengoperasikan Pos Pendidikan Sulawesi Barat.

Diketuai oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulawesi Barat, Pos Pendidikan Sulawesi Barat menjadi sentra koordinasi penanganan darurat gempa bumi bidang pendidikan. Adapun pos ini menginduk kepada posko utama penanganan darurat bencana gempa bumi Sulawesi Barat.

Selain itu juga telah didirikan lima tenda pengungsian di BP PAUD Dikmas. Didirikan pula 20 buah tenda ruang kelas darurat untuk aktivitas pendidikan yang didatangkan dari Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Tengah.

“Bantuan logistik darurat, seperti makanan siap saji, sembako dan kebutuhan pengungsi lainnya juga turut diberikan,” kata Hendarman.

Gempa yang terjadi sejak Kamis (14/1) lalu memberikan dampak kepada 1.203 satuan pendidikan, 192.027 peserta didik, serta 16.620 pendidik dan tenaga kependidikan yang berada di Provinsi Sulawesi Barat.

Sejumlah upaya yang dilakukan, yakni pengelolaan pos pendidikan (kaji cepat dampak dan kebutuhan, rencana tanggap darurat, dan pengelolaan data dan informasi), dan pengelolaan bantuan (pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi bantuan bagi pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik).

Saat ini bantuan dari unit utama Kemendikbud di Jakarta sedang dalam perjalanan untuk disalurkan ke pos pendidikan. Bantuan terdiri dari bantuan logistik untuk kebutuhan pengungsi, tenda pengungsi, tenda ruang kelas darurat, bantuan perlengkapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan COVID-19, serta perlengkapan belajar siswa (school kit).

Selanjutnya, Kemendikbud akan memberi bantuan yang berkaitan dengan aspek psikososial, di antaranya pengadaan sekolah darurat yang mencakup penyediaan sarana pembelajaran darurat, penyelenggaraan pembelajaran darurat dan dukungan pelatihan dan peningkatan kapasitas, serta menurunkan tim untuk mendukung pembelajaran darurat tersebut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
75 purnawirawan dikirim Kodim 0726 Sukoharjo ikut vaksin Covid-19
Selasa, 09 Maret 2021 - 15:23 WIB
Kodim 0726 Sukoharjo, Jawa Tengah mengirimkan 75 orang purnawirawan mengikuti vaksinasi Covid-19 di ...
Sambut HUT Ke-71 Kabupaten Subang, promosikan potensi dengan daring
Selasa, 09 Maret 2021 - 14:54 WIB
Menyambut hari jadi atau HUT ke-71 Kabupaten Subang, Jawa Barat, Komunitas Pandu Digital siap menja...
GP Ansor dan Aice Group bersama KSP bantu pencegahan Covid-19
Selasa, 09 Maret 2021 - 14:36 WIB
Penjabat ( Pj ) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA mengapresiasi kontribusi Gerakan Pemuda Ans...
Program KSC, Jogo Tonggo dan PPKM Mikro tekan penyebaran Covid-19
Selasa, 09 Maret 2021 - 14:24 WIB
Program Kampung Siaga Candi (KSC), Jogo tonggo dan PPKM Mikro merupakan satu kesatuan yang bertujuan...
 Bupati Boyolali minta seluruh camat turunkan angka kemiskinan
Selasa, 09 Maret 2021 - 13:36 WIB
Bupati Boyolali Muhamad Said Hidayat bersama wakil Bupati Wahyu Irawan mengadakan pertemuan dengan 2...
Lansia di Cilacap mulai jalani vaksinasi Covid-19
Selasa, 09 Maret 2021 - 13:27 WIB
Vaksinasi terhadap Lansia usia 59 ke atas dilakukan pada hari ini, Senin (8/3). Kegiatan ini dilakuk...
Aparat TNI Cilacap Utara dampingi tracking contact warganya yang terkonfirmasi Covid-19
Selasa, 09 Maret 2021 - 13:11 WIB
Pendampingan `tracking contact` terus dilakukan oleh aparat TNI jajaran Kodim 0703/Cilacap menyusul ...
Dinkes Tangerang jemput bola vaksinasi Covid-19 untuk lansia
Selasa, 09 Maret 2021 - 12:26 WIB
Pelayanan terpadu atau Pos Windu dan system jemput bola dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangeran...
Cegah Covid-19, aparat gabungan lereng Merapi gencarkan operasi yustisi 
Selasa, 09 Maret 2021 - 11:46 WIB
Aparat gabungan, polsek dan Koramil di lereng Merapi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah hingga saat i...
11.000 petugas publik di Kabupaten Tangerang tunggu divaksin
Selasa, 09 Maret 2021 - 11:37 WIB
Sebanyak 11 ribu petugas publik di Kabupaten Tangerang, Banten masih menunggu proses pelayanan penyu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV