Menteri PUPR berharap tol Cisumdawu beroperasi tahun ini
Elshinta
Selasa, 05 Januari 2021 - 09:46 WIB |
Menteri PUPR berharap tol Cisumdawu beroperasi tahun ini
Dokumentasi - Pekerja mengoperasikan alat berat untuk memasang pembatas jalan pada proyek jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jatinangor, Kabupateng Sumedang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

Elshinta.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono berharap tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dioperasikan pada tahun 2021.

Basuki mengatakan dua kontrak pembangunan ruas tol yakni tol Cisumdawu Seksi 6B dan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) sangat krusial dan kehadirannya sudah ditunggu masyarakat.

"Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Saya berharap dengan penandatanganan kontrak ini, Tol Cisumdawu dapat dioperasikan pada 2021 sebagai dukungan agar Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pada awal tahun 2021, dua ruas tol baru segera dimulai pembangunannya yakni Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B dan Jalan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated). Dimulainya pembangunan dua ruas tol tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak pekerjaan pembangunan.

Basuki menginstruksikan kepada pihak kontraktor pelaksana untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

“Untuk kontraktor PT. Brantas Abipraya (Persero) yang bekerja sama dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola jalan tol ruas Cisumdawu harus langsung bekerja dan dalam dua minggu ke depan saya akan memantau progresnya di lapangan,” ujarnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan dengan telah dilakukannya penandatanganan kontrak pada masing-masing ruas jalan tol ini, maka diharapkan sinergi antara swasta dan BUMN dapat berkontribusi positif dan pembangunan infrastruktur jalan tol dapat berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Penandatanganan kontrak ruas tol Cisumdawu Seksi 6B dilakukan oleh Direktur Utama PT CKJT Jusuf Hamka bersama dengan General Manager Divisi 3 PT Brantas Abipraya (Persero) Dody Perbawanto. PT CKJT merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Group.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 Km di Provinsi Jawa Barat terdiri dari enam seksi akan terhubung dengan jalan tol akses Bandara Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi, Seksi 1&2 yang dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut dan Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT. Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) selaku investor. Total nilai investasi proyek  tol Cisumdawu sebesar Rp8,4 triliun.

Sedangkan penandatanganan kontrak pembangunan Jalan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) atau Harbour Road II (HBR II) dilakukan oleh Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Fitria Yusuf bersama Direktur Operasi I PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Hananto Aji. Total Nilai investasi untuk Jalan Tol Ancol Timur-Pluit sebesar Rp15,8 triliun.

Pembangunan Jalan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) atau Harbour Road II (HBR II) sepanjang 9,6 Km merupakan penambahan lingkup ruas Tol Cawang- Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang saat ini telah beroperasi. Jalan tol ini merupakan akses sambungan dari tol dalam kota menuju kawasan Tanjung Priok, yang kini terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kepala Suku di Penggunungan Tengah Papua dukung otsus diperpanjang
Senin, 22 Februari 2021 - 12:24 WIB
Para Kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Papu...
Menteri PUPR siapkan langkah darurat dan jangka panjang
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:27 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan langkah penanganan ...
Satgas Pamtas Yonif 642 bantu warga perbaiki gereja
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:11 WIB
Sebagai bukti kedekatan dan kepedulian dengan masyarakat perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif 642/...
Wamendes PDTT: UU Ciptaker untungkan BUMDes
Jumat, 19 Februari 2021 - 13:45 WIB
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengatakan, h...
Hutama Karya segera rampungkan asrama UIII berstandar internasional
Kamis, 18 Februari 2021 - 15:29 WIB
PT Hutama Karya (Persero) segera menuntaskan pembangunan asrama wanita atau Student Apartemen Buildi...
Kominfo percepat bangun akses internet di seluruh desa
Kamis, 18 Februari 2021 - 15:07 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mempercepat pembangunan akses internet ke selur...
Pemkot Kendari pinjam Rp146 Miliar bangun Rumah Sakit Puuwatu
Kamis, 18 Februari 2021 - 14:23 WIB
Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meminjam dana sebesar 146 miliar kepada PT Saran...
Kementerian PUPR: Bantuan PSU bantu Program Sejuta Rumah
Kamis, 18 Februari 2021 - 09:32 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa penyaluran bantuan prasarana...
Pembangunan jalan lintas bawah Cibitung sudah 20 persen
Rabu, 17 Februari 2021 - 11:50 WIB
Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyatakan pembangunan jalan lintas bawah atau dikenal unde...
Pembangunan hunian sementara korban banjir HST terkendala material
Selasa, 16 Februari 2021 - 06:12 WIB
Pembangunan hunian sementara (huntara) untuk para korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV