Inovatif dan solutif, Ini dia pemenang IHIA IV-2020 & IHIE I-2020
Elshinta
Senin, 30 November 2020 - 19:24 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Inovatif dan solutif, Ini dia pemenang IHIA IV-2020 & IHIE I-2020
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) akhirnya menetapkan peraih penghargaan Indonesia Healthcare IV tahun 2020. Seleksi babak penjurian IHIA-IV telah diselenggarakan secara virtual pada tgl 23 – 27 November 2020 dengan para juri yang berasal dari perwakilan 18 institusi/organisasi termasuk didalamnya Kemenkes RI, Kemenristek/BRIN dan LIPI. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari “56 Hours of Scientific Meeting and Exhibition: Smart Strategy and Innovation Management During and After COVID-19 Era” yang diselenggarakan IndoHCF dan idsMED Learning Academy (iLA) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, sekaligus memperingati hari kesehatan nasional yang ke 56.

IndoHCF sebagai Corporate Social Responsibilty (CSR) PT IDS Medical Systems Indonesia (idsMED Indonesia), pertama kali menyelenggarakan ajang tahunan yang bergengsi ini pada tahun 2017. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada instansi/pemda, individu/kelompok perorangan, akademisi dan berbagai pihak lainnya yang telah berhasil melakukan inovasi dalam upaya mendukung program kesehatan nasional serta meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. 

Dalam rilis yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (30/11), Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020) memberikan penghargaan dalam lima kategori inovasi yaitu: Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Alat Kesehatan, dan Informasi fan Teknologi Bidang Kesehatan. 

Untuk Kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), peraih Platinum Award ialah Emergency Button Sollution In My Hand, RSUD Dr Iskak Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Peraih Gold Award adalah PSC 119 Sregep Mapan Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Dan peraih Silver Awards adalah Jakarta Emergency Medical Service (JEMS), AGD Dinas Kesehatan, Provinsi DKI Jakarta. 

Sedangkan untuk kategori Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), peraih Platinum Award adalah Kampung Germas Boyolali, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Peraih Gold Award, Kampung Siaga Candi Hebat Dinas Kesehatan Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dan peraih Silver Award Iva Tante Cerdas, Puskesmas Berbek, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. 

Adapun pemenang pada kategori Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yaitu peraih Platinum Award adalah Jak 5 Induksi dari Satpel Dukcapil Kel Kali Anyar Puskesmas Kel Kali Anyar Kota Administrasi Jakarta Barat, Provinsi Dki Jakarta. Peraih Gold Award, Gepuk Pepes (Gerakan Peduli Kesehatan Pekerja Perempuan) dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dan peraih Silver Award adalah Ojo Stunting dari Puskesmas Berbek, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. 

Sementara itu, di kategori Alat Kesehatan pemenang Platinum Awards adalah Mirocle, Inovasi Terapi Stroke Robotik Berbasis Eeg Real-Time dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) Kota Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Peraih Gold Award adalah Tes Buta Warna Berbasis Kluster Cone Dan Rod Cell dari Telkom University - Institut Teknologi Bandung - Universitas Padjajaran - Rs Mata Cicendo, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Dan peraih Silver Award adalah Indonesian - Customized Pedicle Screw dari RSUP Dr. Sardjito – FKKMK UGM Kota Yogyakarta, Provinsi DI Yogyakarta. 

Dan pemenang kategori Information And Communication Technology (ICT) Bidang Kesehatan masing-masing peraih Platinum Award adalah Lawan Covid-19 Harus Strong oleh Dr Mochamad Abdul Hakam, Sp.Pd Dinas Kesehatan - Kota Semarang, Jawa Tengah. Peraih Gold Award adalah Maternal Perinatal Death Notification oleh PP POGI (Perkumpulan Obsteri Dan Ginekologi Indonesia) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi Dki Jakarta. Dan, peraih Silver Award adalah Bilinorm, Web Based Application Untuk Tatalaksana Bayi Kuning oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Rsud Dr Soetomo Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Kemudian selain pemenang per kategori ada juga pemenang Inovasi Favorit yang dipilih melalui media social pemenangnya adalah Inovasi ICT - e-KASIH (Komunikasi Ayah Siaga dan Ibu Hamil) – RSUD JAGAKARSA.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemenkes buka registrasi penerima vaksin Covid-19 via WhatsApp 
Minggu, 17 Januari 2021 - 20:10 WIB
Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid-19 sebagai langkah penanggulangan penyebaran virus corona. ...
Dinkes Sulbar berupaya hidupkan pelayanan puskemas
Minggu, 17 Januari 2021 - 18:34 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Barat kini berupaya menghidupkan kembali pelayanan kesehatan di se...
Pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19 capai 42.664 orang
Sabtu, 16 Januari 2021 - 16:24 WIB
Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RS) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga 16 Januar...
Kemenkes perlu buat standar GeNose alat `alternative screening` Covid-19
Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:53 WIB
Perlu adanya standar dari Kementerian Kesehatan yang secara langsung menyatakan bahwa GeNose adalah ...
Wali Kota Bandung sembuh dari Covid-19
Jumat, 15 Januari 2021 - 15:28 WIB
Setelah terkonfirmasi positif Covid-19 pada pekan lalu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial kini telah ...
Pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19 sebanyak 42.196 orang
Jumat, 15 Januari 2021 - 14:36 WIB
Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga 15 Janua...
Pemkab Langkat siap dukung vaksinasi Covid-19
Jumat, 15 Januari 2021 - 10:37 WIB
Bupati Langkat, Sumatera Utara, Terbit Rencana PA, mendukung pelaksanaan vaksinasi dan akan melaksan...
Perlu diketahui, pelaksanaan vaksinasi dan penyakit penyerta
Jumat, 15 Januari 2021 - 09:45 WIB
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 telah dimulai dengan divaksinasinya Presiden Jokowi pada Rabu (13/1)....
Wali Idris ajak warga Kota Depok hilangkan was-was untuk divaksin
Kamis, 14 Januari 2021 - 17:55 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah terima sejumlah 11140 dosis vaksin sinovac Covid-19 dari Pemeri...
Ini pengakuan seniman Risa Saraswati usai divaksin
Kamis, 14 Januari 2021 - 17:10 WIB
Terkenal dengan karyanya yang berbau supranatural, Risa Saraswati membuat pengakuan heboh usai divak...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV