Presiden Joko Widodo saat menutup YORFest 2020: Menjadi petani itu mulia!!
Elshinta
Kamis, 29 Oktober 2020 - 21:36 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Presiden Joko Widodo saat menutup YORFest 2020: Menjadi petani itu mulia!!
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menutup secara resmi acara Young Organic Festival (YORFest) 2020, Kamis (29/10). YORFest sendiri berlangsung 28-29 Oktober 2020 secara virtual. 

“Saya tidak bisa hadir dalam pembukaan acara Young Organic Festival 2020 ini tapi saya ingin tetap bertemu  secara virtual untuk memberikan semangat kepada anak-anak muda yang berani memilih pertanian organik,” kata Presiden Jokowi mengawali sambutannya. 

Menurut Presiden, pertanian organik adalah pertanian masa depan, peluangnya masih sangat besar. Ditengah pesatnya tren hidup kembali ke alam pada saat masyarakat semakin peduli pada kesehatan dengan memilih bahan pangan sehat yang aman.

“Peluang ini benar-bebar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan terus melakukan inovasi pada seluruh proses mulai dari produksi sampai pascapanen, menggunakan tehnologi moderen pada saat penanaman, pemeliharaan dan pengolahan. Dan memperkuat branding, packaging dan pemasaran. Masuk ke supply chain nasional sehingga menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan pengolahan pertanian secara modern saya harapkan  pertanian dapat tumbuh sebagai salah satu pilar penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertanian akan semakin maju, masyarakat akan semakin lebih sejahtera,” jelas Presiden Jokowi lewat video virtual. 

Selanjutnya Presiden mengutarakan  rasa percayanya terhadap apa yang dilakukan para petani muda organik ini bisa bergulir dengan cepat memunculkan berbagai inisiatif dikalangan anak muda, meluaskan minat menjadi petani dan mendorong regenerasi petani Indonesia. 

“Saya berharap keberadaan forum petani organik muda dapat mengajak lebih banyak anak muda untuk kembali bertani. Tidak malu, tidak gengsi, tapi sebaliknya bangga dan bersemamgat karena menjadi petani itu mulia!!” ujar Presiden. 

Presiden optimis dengan semakin banyak anak muda Indonesia yang tertarik menjadi petani, maka negara kita tidak perlu impor pangan lagi, bahkan bisa mengekspor. Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri secara berdikari dan meningkatkan nilai tukar serta kesejahteraan petani. 

“Teruslah berkarya dengan tetap peduli lingkungan. Teruslah berinovasi dengan tetap peduli pada pemciptaan lapangan kerja. Maju terus petani muda!!” pungkas Presiden dalam sambutannya. 

Penggagas kegiatan YORFest 2020, Budi Arie Setiadi yang juga adalah Wakil Menteri Desa PDTT mengungkapkan rasa bangganya terhadap Presiden Jokowi yang sangat mendukung kegiatan dari petani-petani muda yang mau terjun ke pertanian organik. 

“Anak muda Indonesia harus bangga karena punya Presiden yang mendukung para petani muda, khususnya petani muda organik. Saat ini baru sekitar 3,5 persen anak muda Indonesia yang bergerak di sektor pertanian. Tahun 2030 kita akan mendapat bonus demografi dengan 190 juta kaum muda. Untuk itu anak muda Indonesia diharapkan memilih sektor pertanian mulai dari sekarang. Ada 74.593 desa yang menunggu untuk diberdayakan. Regenerasi petani menjadi penting. Menjadi petani itu keren!!” kata Budi Arie Setiadi seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Kamis (29/10).  

Sementara itu Ketua Panitia Young Organic Festival (YORFest) 2020 Andre OPA Sumual juga mengungkan rasa gembiranya karena Presiden mau menyempatkan diri menutup kegiatan konferensi dan oameran YORFest 2020 ini. 

“Ini membanggakan karena jelas Pak Jokowi menunjukan dukungannya terhadap kegiatan anak muda petani organik. Bahkan Presiden dalam sambutannya banyak memberi wejangan seperti meminta agar tidak malu, tidak gengsi, tapi sebaliknya bangga. Bahkan Presiden menggantungkan harapan bahwa dengan banyaknya anak muda yang bertani suatu saat negara kita tidak perlu impor pangan lagi, tapi bisa mengekspor,” jelas Andre Opa. 

YORFest adalah kegiatan tahunan pegiat organik di Indonesia, berupa kumpulan komunitas anak muda yang peduli dengan pertanian, perkebunan, peternakan, dan bisnis yang berhubungan dengan pendayagunaan ekosistem organik. Bersatu dan berbagi inspirasi untuk pertumbuhan ekonomi melalui pertanian organik yang berkelanjutan sebagai wujud regenerasi petani Indonesia dalam membentuk kemandirian dan menggali potensi alam di Indonesia.”

YORFest 2020 diharapkan dapat menginspirasi para petani muda organik untuk mencipta nilai tambah produk pertanian, perkebunan dan perternakan dari ekosistem organik yang berorientasi ekspor berupa produk siap guna [green label], bukan hanya meng-ekspor raw material yang bernilai murah. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
IHSG tumbang 2,12% ke 5.979 pada akhir perdagangan hari ini  
Kamis, 28 Januari 2021 - 17:48 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbang pada akhir perdagangan hari ini. Kamis (28/1), IHSG anjlo...
Rupiah ditutup melemah 0,20% ke Rp14.078 per dolar AS hari ini
Kamis, 28 Januari 2021 - 17:10 WIB
Nilai tukar rupiah di pasar spot terus tertekan hingga akhir perdagangan hari ini. Kamis (28/1), rup...
 Menteri Trenggono paparkan program terobosan ke Komisi IV DPR
Kamis, 28 Januari 2021 - 16:37 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan tiga program terobosan 2021-2024 d...
 Ekspor perdana akar laka ke Tiongkok
Kamis, 28 Januari 2021 - 16:11 WIB
Sebanyak 11.500 kg Akar Laka secara resmi  diekspor ke Tiongkok dari demaga peti kemas Pelabuhan Dw...
 Kemenag pastikan wakaf uang hanya diinvestasikan untuk produk keuangan syariah
Kamis, 28 Januari 2021 - 15:48 WIB
Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin (21/1). GNWU in...
Menkeu: Disiplin kesehatan dan vaksinasi kunci pemulihan ekonomi
Rabu, 27 Januari 2021 - 18:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan v...
Berotot, rupiah ditutup menguat 0,11% ke Rp14.050 per dolar AS hari ini  
Rabu, 27 Januari 2021 - 17:36 WIB
Nilai tukar rupiah di pasar spot berhasil mempertahankan keperkasaan hingga akhir perdagangan hari i...
Akhir perdagangan hari ini, IHSG melemah 0,50% ke 6.109 
Rabu, 27 Januari 2021 - 17:25 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 31,00 poin atau 0,50% ke 6.109,16 pada akhir perd...
Presiden Jokowi minta SWF Indonesia segera tancap gas bekerja
Rabu, 27 Januari 2021 - 16:45 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Dewan Pengawas Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau...
Cegah penyalahgunaan bansos, Polda Kaltara buka hotline pengaduan
Rabu, 27 Januari 2021 - 14:55 WIB
Ditengah pandemi Covid-19 yang masih merajalela, bantuan sosial atau yang lebih dikenal dengan banso...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV