Mimika mulai kewalahan atasi melonjaknya pasien COVID-19
Elshinta
Sabtu, 03 Oktober 2020 - 14:49 WIB |
Mimika mulai kewalahan atasi melonjaknya pasien COVID-19
Rumah Susun (Rusun) Wisma Atlet di Kelurahan Timika Jaya SP2 disiapkan sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Mimika. Sumber foto: https://bit.ly/34oYu1y

Elshinta.com - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kini membutuhkan solusi sesegera mungkin untuk menyikapi kian melonjaknya angka kasus penularan COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra di Timika, Sabtu (3/10), mengatakan di beberapa rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di Kota Timika kini semakin banyak pasien dengan kasus sedang hingga berat.

"Dampak yang ditimbulkan dari meningkatnya jumlah pasien yang sekarang dirawat di rumah sakit yaitu kebutuhan tenaga medis yang meningkat, tempat tidur, reagen untuk pemeriksaan, sarana dan prasarana lainnya, obat-obatan termasuk oksigen. Kondisi hari ini semua tempat tidur di rumah sakit di Mimika yang menangani pasien COVID-19 sudah tidak cukup," kata Reynold, dikutip Antara

Hal kritis lain yang dihadapi Mimika saat ini, demikian Reynold, yaitu keterbatasan produksi oksigen medis.

Hasil koordinasi dengan pihak yang memproduksi oksigen medis, kemampuan produksi per hari hanya sekitar 45 tabung, sementara kebutuhan per hari di Timika saat ini lebih dari 60 tabung oksigen.

Melihat kecenderungan makin banyaknya pasien dalam kondisi sedang hingga berat dimana sebagian harus dibantu dengan peralatan ventilator, menurut Reynold, tentu saja kebutuhan oksigen medis akan terus meningkat, bisa tiga kali lebih tinggi dari kondisi yang ada saat ini.

Guna memutus mata rantai kian membludaknya pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Mimika, yaitu RSUD, RSMM dan RS Tembagapura maka sejumlah fasilitas kesehatan primer seperti Puskesmas akan dilibatkan untuk melakukan skrining awal pasien.

"Penjaringannya lewat rapid test. Yang ada tanda gejala langsung isolasi mandiri dengan pengawasan ketat oleh Tim Puskesmas dan Dinkes. Kami juga akan menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan swab," jelasnya.

Selanjutnya, Pemkab Mimika akan menambah tempat isolasi pasien COVID-19 atau membuka semacam rumah sakit darurat di Rusun Wisma Atlet Kelurahan Timika Jaya SP2.

Saat ini Dinkes Mimika bekerja sama dengan Dinas Pemukiman tengah mempersiapkan termasuk perbaikan fasilitas Rusun Wisma Atlet SP2 untuk segera dioperasikan guna menampung pasien COVID-19 dengan kondisi sedang.

"Kami sedang mempersiapkan kapasitas ruangan, tempat tidur, obat-obatan dan tenaga untuk melayani pasien dengan gejala sedang. Pasien yang sudah stabil dari rumah sakit akan dirujuk ke rumah sakit darurat untuk ditangani lebih lanjut. Akan ada dokter penanggung jawab yaitu dokter spesialis penyakit dalam dibantu lima dokter umum, perawat, bidan, farmasi, kesling, gizi, analis, administrasi hingga petugas pembersih dan supir ambulans," ujarnya.

Reynold menambahkan, trend penularan COVID-19 di Mimika akhir-akhir ini cenderung pasiennya mengalami gejala sedang hingga berat, dimana sebagian besar orang terpapar mengalami kehilangan indra perasa dan penciuman.

"Saya sempat bertemu dengan salah satu ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Pelabuhan Pomako datang ke RSUD Mimika menyampaikan dia kehilangan rasa dan penciuman. Jadi, sebetulnya kondisi di Timika sekarang ini sudah tidak aman lagi," ucapnya.

Dinkes Mimika telah menyurati semua pimpinan instansi baik vertikal maupun horizontal termasuk satuan TNI dan Polri agar jika ditemukan kasus positif pada karyawan di kantor tersebut maka untuk sementara aktivitas di kantor tersebut tidak dibuka untuk umum dan semua karyawan bekerja dari rumah.

Hal itu untuk mengurangi kontak resiko kepada karyawan lain yang belum terpapar atau masih sehat.

"Yang terjadi di Timika sekarang ini transmisi lokal. Ada klaster perkantoran, ada klaster perumahan. Semua sudah saling berhubungan erat. Tentu ini menggambarkan bahwa orang tidak lagi disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Reynold.

Secara kumulatif, jumlah kasus COVID-19 yang ditemukan di Mimika sejak 25 Maret hingga saat ini mencapai 1.701 kasus, dengan jumlah kumulatif pasien sembuh sebanyak 1.116 orang dan pasien meninggal dunia sebanyak 19 orang.

Saat ini terdapat 566 kasus aktif COVID-19 di Mimika yang masih menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit, shelter Wisma Atlet Mimika Sport Complex dan sebagian lagi melakukan isolasi mandiri. (Der) 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wakil ketua DPD RI Nono Sampono kunjungi Sarang Petarung Harimau Putih 
Minggu, 29 November 2020 - 20:28 WIB
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Sarang Petarung Ha...
Positif COVID-19 bertambah 6.267, sembuh bertambah 3.810
Minggu, 29 November 2020 - 19:12 WIB
Laporan harian COVID-19 yang dirilis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menunjukkan pada Minggu (29/11...
Kekerasan di Sigi dilakukan delapan DPO MIT Poso
Minggu, 29 November 2020 - 17:20 WIB
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso, menyebut del...
 Muncul klaster baru, Tlekung Batu Malang lakukan lockdown lokal
Minggu, 29 November 2020 - 15:35 WIB
Pemerintah Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu terapkan Penerapan Sosial Berskala Lokal (PSB...
Legislatif: Radikalisme dan pengungsi pemicu ancaman keamanan di Turki
Minggu, 29 November 2020 - 15:11 WIB
Menjalin hubungan keamanan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Turki maka dalam kunjungann...
Peringatan Hari Guru, Plt Bupati Kudus dapat kado lukisan 
Minggu, 29 November 2020 - 14:35 WIB
Masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan. Para guru dituntut unt...
Tingkatkan kesehatan, Bandara Internasional Syamsudin Noor salurkan bantuan operasi katarak dan sulur gratis
Minggu, 29 November 2020 - 14:23 WIB
Bandara Internasional Syamsudin Noor serahkan bantuan bina lingkungan operasi katarak dan sulur grat...
95 persen tenaga kesehatan yang tertular COVID-19 di Riau sudah sembuh
Minggu, 29 November 2020 - 14:10 WIB
Sekitar 95 persen dari tenaga kesehatan yang tertular COVID-19 di wilayah Provinsi Riau sudah dinyat...
Cegah Covid-19, Satgas Pemkab Tangerang dan TNI-Polri, pulangkan santri hendak ikut haul
Minggu, 29 November 2020 - 13:45 WIB
Puluhan Santri yang hendak menghadiri Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani ke-62 di Pondok Pesantr...
Sat Narkoba Polres Majalengka sisir tempat karaoke dalam Operasi Antik Lodaya 2020
Minggu, 29 November 2020 - 13:24 WIB
Polres Majalengka Polda Jabar menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)\r\ndalam rangka Oper...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV