Bagaimana agar rumah tangga selalu bahagia?
Elshinta
Senin, 28 September 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana agar rumah tangga selalu bahagia?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/36acU8o

Elshinta.com - Pernikahan yang bahagia harus dijalankan sepenuh hati oleh kedua belah pihak. Harus sama-sama berusaha untuk membuat hubungan tersebut berhasil. Memiliki rumah tangga yang bahagia bukan berarti tidak boleh berargumen satu sama lain. Rumah tangga yang bahagia tidak dapat terjadi tanpa adanya proses dan pembelajaran dari masing-masing pasangan.

Namun keinginan tersebut tidak selalu terwujud dengan mudah. Dalam rumah tangga tentu akan ada beberapa masalah yang muncul. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini solusi untuk mengatasinya:

Komunikasi adalah kunci
Satu hal yang paling dasar untuk mencapai rumah tangga harmonis dan bahagia adalah dengan lancar berkomunikasi. Jika ada sesuatu yang mengganjal, segera diskusikan dengan pasangan. 

Biasakan untuk jujur soal perasaan pada pasangan. Namun sampaikan dengan baik. Sering-seringlah untuk bicara berdua dan selalu jadi pendengar yang baik bagi pasangan.

Bersyukur 
Menunjukkan bahwa suami atau istri bersyukur memiliki satu sama lain adalah salah satu cara untuk membuat bahagia. Jangan malu untuk sering-sering mengucapkan terima kasih pada pasangan. Tunjukkan dan katakan bahwa suami atau istri beruntung bisa menjadi pasangannya.

Kencan
Rasa bosan bisa saja hinggap di tengah-tengah rumah tangga. Sehingga, untuk menjaga hubungan tetap menarik, dianjurkan untuk menyisihkan waktu untuk kembali berkencan. 

Jadikan waktu berdua ini untuk lebih saling memahami perasaan masing-masing. Lakukan hal-hal menyenangkan yang bisa menghilangkan stres, mulai dari nonton bioskop hingga mencoba hal-hal baru.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/30gdb5T

Saling bertukar cerita
Saling bertukar cerita bisa menjadi kunci keluarga bahagia. Hal ini agar tidak terjadinya kebosanan yang menyebabkan terjadinya perselingkuhan. Dengan bercerita, bisa membuat hubungan satu sama lain menjadi lebih dekat dan memperkuat rumah tangga yang bahagia.

Memberi kesempatan pasangan 
Dengan membiarkan saran-saran yang diberikan pasangan masuk dan mengubah sedikit kebiasaan adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepedulian. Ini akan membangun rasa percaya dan menyampaikan pesan bahwa ia adalah orang yang penting dalam hidup pasangannya.

Menerima perbedaan pendapat
Meskipun sudah menikah, suami istri tetaplah dua individu berbeda yang masing-masingnya memiliki pola pikirnya sendiri. Sehingga tidak harus selalu satu pendapat dengan pasangan. 

Jika pasangan memiliki pendapat yang berbeda, hargailah sudut pandangnya. Apabila perbedaan ini memicu perdebatan, maka cobalah untuk sedikit berkompromi dan berdiskusi dengan baik untuk mencari titik tengah.

Buat lelucon pribadi
Ahli juga menyebutkan bahwa memiliki lelucon di dalam keluarga membuat hubungan satu sama lain menjadi lebih dekat dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Misalnya dengan memberikan nama panggilan satu sama lain yang terdengar lucu dan berbeda dari biasanya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3l5FNXJ

Fleksibel
Seseorang harus memiliki sikap fleksibel agar hubungan mereka berjalan tidak menegangkan dan membosankan. Begitu pula dalam membangun rumah tangga yang bahagia, harus bersikap fleksibel kepada seluruh anggota keluarga agar lebih mudah menyeimbangi sikap satu sama lain.

Hargai privasi pasangan
Dalam sebuah pernikahan, memiliki privasi masing-masing adalah hal yang penting. Sebab suami dan istri tetaplah dua orang berbeda yang memiliki lingkaran pertemanan sendiri, pekerjaan sendiri, dan kesenangan atau hobi sendiri. 

Jangan berusaha untuk selalu mencari kesamaan dan memaksakan kehendak, karena itu justru bisa menimbulkan konflik. Suami istri yang bahagia justru adalah yang bisa menjaga privasi masing-masing. 

Percaya
Untuk bisa membangun suatu kepercayaan, dibutuhkan banyak usaha dari kedua belah pihak. Maka, jadilah pasangan yang patut untuk dipercaya, yang bisa menjaga diri dan pikiran, serta jujur. 

Ciri-ciri yang sering muncul pada pasangan yang pada akhirnya berpisah adalah selalu mengkritik berlebihan tanpa maksud membangun, defensif ketika berdiskusi, serta sering menghina. Ketiga hal tersebut membuat pasangan tidak bisa saling percaya dan justru akan menghindar dari satu sama lain.

Saling memaafkan
Sampaikan dengan cara yang baik dan terbuka pada pasangan, bahwa ada hal-hal yang tidak disukai, dan akan sangat menghargai jika ia tidak melakukannya. Carilah titik tengah dengan kompromi.

Tapi bila pasangan terus-menerus melakukan kesalahan yang sama, apalagi hingga menimbulkan tekanan mental yang berat dan merusak kesehatan, mungkin sudah saatnya diskusi dengan psikolog atau psikiater.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3jajQ9g

Menerima 
Hubungan antara individu manusia selalu berawal dari sikap penerimaan satu sama lain tanpa memandang perbedaan karakter. Hal itu dapat dibangun dengan cara menerima, tidak hanya kelebihan tetapi juga kekurangan satu sama lain.

Dalam perihal ini dibutuhkan sikap untuk mau merubah diri sebagaimana hubungan haruslah bersifat timbal balik dan mengerti satu sama lain.

Komitmen
Hal penting sangat mendasar yang berperan untuk menjaga kebahagiaan hubungan suami istri adalah komitmen untuk menjaga keutuhan hubungan. 

Dengan memiliki komitmen yang menjadi bentuk dari tekad yang kuat, maka akan terus terdorong untuk memberikan segala yang terbaik termasuk dalam membangun fundamental hubungan suami istri lainnya.
 
Menjaga kehangatan di ranjang
Kehidupan seksual juga merupakan aspek yang penting untuk membuat suami istri bahagia. Pastikan terus menjaga kehangatan di ranjang bersama pasangan. 

Selalu sempatkan waktu untuk melakukan aktivitas seksual yang romantis dengan pasangan. Pernikahan yang sukses adalah pasangan yang penuh gairah, saling sayang dan mencintai, menyenangkan, baik di dalam maupun di luar kamar.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gubernur Kalbar bantu 23 unit ventilator dan non invasive untuk pasien Covid-19
Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:37 WIB
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, menyerahkan bantuan sebanyak 23 unit ventilator dan non invasi...
Wabup Subang sarankan bentuk Satgas Covid-19 sampai tingkat RT
Rabu, 28 Oktober 2020 - 10:56 WIB
Wakil Bupati Subang, Agus Masykur (Kang Akur) berharap dibentuk Satgas Penanganan Covid-19 di tingka...
IDI: Peningkatan penyakit tidak menular mengancam Indonesia
Minggu, 25 Oktober 2020 - 11:39 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng Mohammad Faqih mengemukakan, Indon...
Hari Dokter Nasional, momentum warga bantu paramedis tangani COVID-19 
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 21:45 WIB
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin menyatakan peringata...
Osteoporosis bukan hanya disebabkan kekurangan kalsium
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 20:54 WIB
Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dr Karina Besinga SpO...
Cegah Covid-19, manajemen dirikan tenda darurat di halaman parkir RSUD dr Soedarso
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:47 WIB
Mengantisipasi membludaknya pasien di ruang IGD dan mencegah penularan Covid-19 di lingkungan rumah ...
Bupati Lebak tutup lokasi wisata saat liburan panjang
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:38 WIB
Bupati Lebak, Provinsi Banten Iti Octavia Jayabaya menyatakan menutup seluruh lokasi tujuan wisata...
Luncurkan Program \
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:37 WIB
Luncurkan Program \"Manuto Yo Mas\", RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus diminta tak hanya pamer di medsos.
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang gencar sasar hingga Puskesmas
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:28 WIB
Untuk mencegah penyebaran kasus Covid 19 di Kabupaten Subang, Jawa Barat dilakukan penyisiran sampai...
Ustadz Yusuf Mansur: Hadapi pandemi COVID-19 bukan sebagai beban
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:52 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur`an, Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, para santri dan pengurus di...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV