Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Elshinta
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Rwbnks

Elshinta.com - Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam menjalani hubungan pernikahan bisa berpengaruh ke kesehatan fisik maupun mental. 

Sakit kepala, masalah perut dan pencernaan, masalah otot, seringkali disebabkan oleh stres yang muncul, dan berdampak pada fungsi imunitas tubuh. 

Oleh karena itu, sebaiknya jangan membiarkan masalah dalam pernikahan berlarut-larut tanpa terselesaikan dengan baik. Sebab dapat membuat stres dan akhirnya hubungan dengan pasangan menjadi terancam. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa coba dilakukan agar bisa mempertahankan pernikahan yang mesra, sehat, dan langgeng: 

Membuka diri
Untuk meredakan stres dalam pernikahan adalah dengan membuka diri. Suami istri harus mau jujur dan menyampaikan apa yang selama ini dirasakan. 

Jangan hanya berasumsi bahwa suami atau istri seharusnya sudah mengerti isi pikiran pasangannya. Suami dan istri juga harus mau mendengarkan dengan hati yang lapang, tanpa maksud membela diri atau membantah.

Komunikasi
Sebaiknya, setiap pasangan menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan saling berkomunikasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam rumah tangga.

Antara lain kesadaran dari masing-masing individu, bicarakan kemungkinan penyebab dari masalah yang muncul, dan cari solusi bersama. Dengan cara itu, masalah mungkin dapat diatasi sebelum berdampak buruk terhadap hubungan, keluarga, maupun anak.

Jangan saling menyalahkan
Beberapa pernikahan harus hancur karena masing-masing pasangan hanya bisa menyalahkan satu sama lain. Sebaiknya lebih mendekatkan diri antara satu sama lain untuk mengatasi masalah dalam pernikahan dan apa yang bisa diperbaiki.

Mendapatkan kepercayaan pasangan
Kepercayaan adalah salah satu hal terpenting yang membuat pernikahan tetap langgeng. Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa suami atau istri selalu memercayai setiap langkah pasangannya.

Saling menghormati
Stres bisa membuat seseorang lupa akan pentingnya sikap saling menghormati di antara pasangan. Dengan tetap menanamkan sikap itu, pasangan akan bisa mengatasi segala hal yang terjadi pada pernikahan.

Menunjukkan rasa sayang
Sebuah pernikahan akan tumbuh lebih kuat, ketika pasangan tetap saling menunjukkan rasa sayang kepada satu sama lain. Bahkan hal-hal sederhana seperti memegang tangan atau memuji pasangan tidak boleh hilang dalam pernikahan. Setiap orang memiliki masalah mereka sendiri. Jadi, jangan pernah menyerah pada masalah tersebut dan membuat pernikahan hancur. 

Menjaga kemesraan
Pikirkan upaya yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang dan bermesraan dengan pasangan walau sedang sibukan. Dengan begitu, dapat diingatkan kembali dengan alasan jatuh cinta pada pasangan, meskipun sedang dilanda masalah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3c7bNqU

Atasi masalah keuangan dengan kerja sama 
Keuangan sebagai salah satu sumber masalah dalam pernikahan. Dalam menghadapi semua tantangan finansial, diperlukan kerja sama dan komunikasi yang seterbuka mungkin. 

Selalu bicarakan dengan jujur dan transparan tentang kondisi keuangan pada pasangan, baik itu utang, tagihan yang harus dibayar, dan lain-lain. Tentukan dan susun anggaran keuangan bersama-sama dengan pasangan. Jangan pernah membeli sesuatu yang sangat mahal tanpa membicarakannya terlebih dulu dengan pasangan.

Sentuhan fisik
Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang menghabiskan banyak waktu untuk berpelukan dan berciuman memiliki hormon stres yang lebih rendah dalam tubuhnya. Lebih intensif melakukan sentuhan fisik yang dapat menurunkan hormon pemicu stres. 

Menurut terapis seks, berhubungan seks dapat mengurangi rasa stres dan membuat merasa lebih bertenaga. Pasangan yang bercinta secara rutin merasa hidup dan hubungannya lebih baik sehingga tidak terlalu merasa stres. Jika gairah sedang menurun karena berada dalam tekanan, rayulah tubuh sendiri maka pikiran pun akan mengikutinya.

Memprioritaskan hubungan
Untuk mendekatkan kembali hubungan suami-istri, lakukanlah kencan secara rutin dan mencari kegiatan baru agar hubungan tidak terasa membosankan. 

Melakukan sesuatu yang disukai dapat dijadikan ajang berbagi pengalaman dan mengingatkan bahwa hidup tidak sepenuhnya tentang tanggungjawab. Kegiatan yang dapat dipilih antara lain seperti liburan berdua, berdansa, atau berolahraga bersama. Melindungi pernikahan harus diprioritaskan karena penting bagi anak untuk melihat kedekatan dan kebahagiaan kedua orang tuanya.

Mencari bantuan profesional
Jika segala cara sudah ditempuh tapi perubahan yang diinginkan tak kunjung tiba, jangan malu untuk mencari bantuan profesional seperti konselor pernikahan atau psikolog. 

Perlu diingat bahwa mencari bantuan profesional bukan berarti pernikahan telah gagal atau tidak mampu menjaga kualitas hubungan dengan pasangan. Ini justru berarti peduli untuk menyelamatkan pernikahan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hari Dokter Nasional, momentum warga bantu paramedis tangani COVID-19 
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 21:45 WIB
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin menyatakan peringata...
Osteoporosis bukan hanya disebabkan kekurangan kalsium
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 20:54 WIB
Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dr Karina Besinga SpO...
Cegah Covid-19, manajemen dirikan tenda darurat di halaman parkir RSUD dr Soedarso
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:47 WIB
Mengantisipasi membludaknya pasien di ruang IGD dan mencegah penularan Covid-19 di lingkungan rumah ...
Bupati Lebak tutup lokasi wisata saat liburan panjang
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:38 WIB
Bupati Lebak, Provinsi Banten Iti Octavia Jayabaya menyatakan menutup seluruh lokasi tujuan wisata...
Luncurkan Program \
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:37 WIB
Luncurkan Program \"Manuto Yo Mas\", RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus diminta tak hanya pamer di medsos.
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang gencar sasar hingga Puskesmas
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:28 WIB
Untuk mencegah penyebaran kasus Covid 19 di Kabupaten Subang, Jawa Barat dilakukan penyisiran sampai...
Ustadz Yusuf Mansur: Hadapi pandemi COVID-19 bukan sebagai beban
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:52 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur`an, Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, para santri dan pengurus di...
Satgas COVID-19: Patuh 3M bisa akhiri pandemi!
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 08:45 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Dr Sonny B. Harmadi mengatakan, patuh memakai maske...
Anggota DPR dorong Kemenkes beri vaksin COVID-19 gratis
Jumat, 23 Oktober 2020 - 14:27 WIB
Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mendorong Kementerian Kesehatan untuk membiayai vaksin COVID-19 a...
Cara lezat untuk turunkan tekanan darah tinggi
Jumat, 23 Oktober 2020 - 12:13 WIB
Anda bisa menerapkan pola makan tinggi serat dan rendah lemak serta gula dapat membantu menurunkan r...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV