Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Elshinta
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3c7VfiM

Elshinta.com - Window shopping adalah istilah yang sering digunakan untuk orang-orang yang suka melihat barang yang dipajang di sebuah toko atau katalog online, tanpa punya niatan untuk membelinya. 

Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabiskan uang untuk memenuhi hasrat impulsif seseorang. 

Namun, untuk belajar memahami produk yang sedang tren. Dihimpun dari berbagai sumber berikut manfaat fisik maupun mental yang bisa didapatkan seseorang ketika memiliki kebiasaan window shopping:

Lebih hemat
Tidak sedikit wanita atau pria yang punya kebiasaan untuk belanja impulsif, perilaku belanja tanpa adanya perencanaan sebelumnya. Seseorang dengan kecenderungan ini biasanya akan mudah tergoda dan membeli sesuatu tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari pembelian tersebut. 

Seseorang punya kebiasaan window shopping, maka keinginan untuk berbelanja itu sebenarnya tidak ada. Orang itu hanya gemar melihat barang-barang baru, dan mencobanya tanpa ada niatan untuk membeli. Sehingga akan lebih menghemat uang dan tidak akan menyesal ketika membeli barang yang mungkin sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Lebih cermat
Sebenarnya window shopping merupakan cara belanja yang cerdas. Dengan mengamati semua barang yang menggoda, sama saja sudah screening barang-barang impian. 

Apakah benar-benar diperlukan, apa sekadar lapar mata. Window shopping akan memberi waktu untuk memastikan pertimbangan itu. Apalagi jadi tahu pasti tentang harga dan materialnya. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2HcmgGp

Melepas stres
Window shopping juga bisa bantu seseorang untuk melepas stres meski tidak memiliki barang tersebut. Hanya dengan melihat-lihat barang yang disukai atau mencobanya, rasa stres dalam otak pasti akan menurun kadarnya. 

Karena saat melihat sesuatu yang bagus dan cocok di tubuh, akan ada perasaan senang yang muncul dan akhirnya meningkatkan hormon endorfin. 

Window shopping melalui katalog online juga mampu menurunkan stres. Meski tidak bisa dicoba, tapi melihat baju yang dipakai oleh model-model dalam katalog tersebut juga sudah mampu menurunkan kadar stres.

Punya motivasi
Seperti yang dikatakan sebelumnya, window shopping adalah kebiasaan melihat barang-barang tanpa ada niatan untuk membelinya. Kebiasaan ini juga bagus untuk meningkatkan motivasi seseorang. 

Orang yang punya kebiasaan window shopping akan membuat daftar dulu, barang apa yang nantinya bagus dan cocok. Sehingga akan ada motivasi untuk mengumpulkan uang karena nantinya ingin membelinya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FFqp4K

Lebih santai
Window shopping efektif bikin rileks. Karena memang tidak ada rencana membeli barang. Intinya, karena niatnya tidak akan membeli barang, maka akan merasa santai, tanpa tuntutan harus memiliki. 

Tidak ada paksaan untuk membeli sehingga tidak akan berusaha keras dalam membandingkan dan membedakan produk untuk mendapatkan kualitas, daya tahan, harga, ukuran, desain, warna, dan lainnya. 

Lebih banyak jalan
Orang yang suka window shopping memang senang melihat-lihat dulu beberapa barang yang disuka dan akan cenderung mempertimbangkan sebelum membeli. 

Penyuka window shopping jadi banyak jalan mengelilingi pusat pertokoan untuk cari referensi. Selain itu, juga karena tidak terikat oleh tekanan waktu, jadinya jalan-jalan di sepanjang mal dianggap sebagai rekreasi. 

Aktivitas tersebut juga ternyata bisa memberi manfaat pada kesehatan tubuh. Coba saja berjalan-jalan selama 1-2 jam di mall tanpa berhenti untuk minum kopi atau mengemil, pasti sudah cukup banyak kalori yang terbakar bukan.

Lebih terkontrol 
Dengan window shopping, seseorang menjadi paham apa yang sedang disukai saat ini. Dengan pikiran yang terkontrol untuk tidak melakukan transaksi pembelian apa pun, maka bisa dengan leluasa mencoba aneka koleksi terbaru. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FFqBku

Belanja santai
Memegang koleksi busana, sepatu, atau tas favorit dan mencoba-coba sambil melihat bayangan diri di kaca ternyata bisa membuat senang. 

Kesenangan ini tak hanya membuat bisa fokus terhadap sesuatu tapi juga meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Window shopping juga tidak merepotkan. 

Sebab bisa menjelajah ke banyak toko atau hampir seluruh mal sekalipun tanpa kerepotan dengan barang belanjaan. Terutama jika mal atau tempat belanja bersih, nyaman, dan sejuk akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Inspirasi baru
Saat window shopping pakaian, seseorang akan melihat sejumlah barang-barang baru yang mungkin terpampang cantik di manekin. Sehingga jadi memiliki ide baru untuk padu padankan pakaian yang sudah dimiliki. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dana darurat hingga transaksi digital jadi favorit di masa pandemi
Rabu, 24 Februari 2021 - 10:45 WIB
Digital Banking Acquisition Service and Marketing Head Jenius, Anita Ekasari, mengatakan bahwa keter...
APTM sambut baik kebijakan relaksasi PPnBM
Jumat, 12 Februari 2021 - 22:43 WIB
Agen Tunggal Pemegang Merek Mobil (APTM) sangat mendukung kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Barang...
Riset: Tokopedia `e-commerce` yang tersering dikunjungi di Indonesia
Jumat, 12 Februari 2021 - 17:54 WIB
Situs iPrice melaporkan dalam hasil risetnya baru-baru ini, `Peta Persaingan E-commerce Indonesia`, ...
Penjual kue khas Imlek tawarkan pesan antar siasati pandemi
Senin, 08 Februari 2021 - 22:20 WIB
Para penjual kue khas Imlek di Jakarta dan sekitarnya menawarkan layanan pesan antar dan hadir di pl...
Penjual kue khas Imlek tawarkan pesan antar siasati pandemi
Senin, 08 Februari 2021 - 21:30 WIB
Para penjual kue khas Imlek di Jakarta dan sekitarnya menawarkan layanan pesan antar dan hadir di pl...
Suzuki berikan program servis gratis bagi korban banjir Kal-Sel
Rabu, 27 Januari 2021 - 08:45 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kepedulian melalui wujud nyata dengan memberikan servis g...
YouTube uji coba fitur beli produk yang tampil dalam video
Minggu, 17 Januari 2021 - 13:00 WIB
YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka l...
Zalora siapkan tim dan gudang jelang Harbolnas 12.12
Jumat, 11 Desember 2020 - 11:27 WIB
Platform niaga elektronik khusus fesyen, Zalora, menyiapka kapasitas gudang hingga menambah tim menj...
Berbelanja dan menonton aman di tengah pandemi COVID-19
Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:00 WIB
Orang-orang bisa kembali berbelanja di mal untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi COVID-19,...
Survei: 43 persen Gen X dan Boomers mulai belanja online saat pandemi
Selasa, 10 November 2020 - 17:10 WIB
Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan bahwa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV