Masyarakat diajak donorkan darahnya di masa pandemi COVID-19
Elshinta
Rabu, 16 September 2020 - 09:47 WIB |
Masyarakat diajak donorkan darahnya di masa pandemi COVID-19
Aktivitas donor darah di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan PMI untuk menjaga persediaan darah. Sumber foto: https://bit.ly/33uCW3m

Elshinta.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi COVID-19 ini, untuk menjaga persediaan dalam memenuhi permintaan darah dari warga.

"Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya dan kami pastikan aman dari penularan virus tersebut, karena petugas yang memberikan pelayanan tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya, di Jakarta, Selasa (15/9).

Menurut JK, persediaan darah sempat menurun drastis mencapai 50 persen sejak pandemi COVID-19, apalagi saat beberapa daerah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sehingga banyak warga yang berdiam di rumah dan khawatir keluar untuk mendonorkan darahnya.

Namun, berkat upaya yang dilakukan oleh jajaran PMI mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kota/kabupaten, pasokan darah kembali meningkat, ditambah kepedulian pihak TNI dan Polri di seluruh Indonesia mengerahkan personelnya untuk melakukan donor darah.

Selain itu, petugas dari PMI di daerah mempunyai berbagai program untuk bisa menambah pasokan, agar persediaan darah terjaga seperti jemput bola dengan mendatangi permukiman warga dan lainnya. Kemudian, jika ada warga yang membutuhkan darah bisa membawa keluarganya untuk mendonorkan darahnya di unit donor darah (UDD) mengantisipasi persediaan yang sesuai golongan darah pasien sedang kosong.

"Berbagai upaya kami lakukan untuk memenuhi persediaan darah, salah satunya menggandeng mitra maupun masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19 permintaan darah selalu ada, sehingga warga diminta peduli untuk bisa menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan orang lain," katanya pula.

Mantan Wakil Presiden RI selama dua periode ini menyerukan, agar warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi, karena seperti diketahui COVID-19 ini menular dari saluran pernapasan, mata dan mulut dengan kata lain tidak ditularkan melalui darah.

Tentunya dalam melaksanakan donor darah PMI sudah menerapkan standar keamanan yang tinggi, sehingga JK memastikan tidak akan terjadi penularan COVID-19 terhadap pendonor maupun yang lainnya.

Kemudian peralatan yang digunakannya pun sudah pasti higienis dari berbagai virus, kuman maupun bakteri. Menurut dia, donor darah tidak akan dilakukan jika tidak memenuhi standar protokol kesehatan ketat.

Bahkan, selain petugas UDD pendonor pun diwajibkan menggunakan masker, dan ada juga petugas PMI yang menggunakan hazmat. Selain itu, sebelum pengambilan darah, pendonor pun diperiksa lebih dulu suhu tubuhnya dan lainnya untuk memastikan tidak dalam keadaan sakit atau terindikasi terinfeksi COVID-19.

Setelah transfusi, darah dari pendonor pun diperiksa kembali di laboratorium untuk memastikan terbebas dari berbagai penyakit. "Laboratorium dan alat untuk memeriksa kualitas darah yang kami punya sudah modern dan memiliki standar yang tinggi, dan dipastikan darah yang disalurkan untuk yang membutuhkan sehat," katanya lagi, dikutip Antara. (Der) 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Terminal Kampung Rambutan perketat protokol kesehatan jelang liburan
Senin, 26 Oktober 2020 - 13:13 WIB
Operator Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mengantisipasi lonjakan keberangkatan penumpang d...
DPR soroti foto viral komodo `hadang` truk di Pulau Rinca
Senin, 26 Oktober 2020 - 12:44 WIB
 Komisi IV DPR RI menyoroti foto viral seekor Komodo (Veranus Komodoensi) yang terlihat menghadang ...
Bio Farma: 7,60 persen masyarakat Indonesia tidak mau divaksin
Senin, 26 Oktober 2020 - 12:30 WIB
Berdasarkan survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Kesehatan Dunia...
Kakorlantas lepas tim Operasi Zebra amankan libur panjang
Senin, 26 Oktober 2020 - 12:16 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) dal...
Peringatan Maulid 1442 H, momentum pemutusan pandemi COVID-19
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:55 WIB
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1442 H, momentum untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Sala...
160.000 personel gabungan berjaga pada libur panjang Maulid Nabi
Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:42 WIB
Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan, mengatakan, akan ada 160.000 personel gabungan TNI, polisi, ...
Menag katakan santri, teguh beragama dan teladan bela negara
Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:36 WIB
Indonesia hari ini memperingati Hari Santri Nasional 2020. Momen bersejarah ini diperingati setiap 2...
Libur panjang tanpa ancaman COVID-19
Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:13 WIB
Antisipasi ketat menjelang libur dan cuti bersama pada akhir Oktober 2020 harus mulai diskenariokan.
Naik bus, Ibu muda nyaris melahirkan di Tol Cipularang
Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:28 WIB
Seorang ibu muda nyaris saja melahirkan di Pos Pantau Lalu Lintas Tol Cipularang Km 108 A (dari Jaka...
Jelang Hari Santri, Gus Jazil: Kuatkan nilai persatuan di masyarakat
Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:35 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid berharap dalam peringatan Hari Sa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV