Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Elshinta
Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Ilustrasi. Sumber foto: http://dailym.ai/31jlLk6

Elshinta.com - Pernikahan perlu menyatukan dua kepribadian yang berbeda. Berbagi hidup dengan orang lain memang tak selalu mudah sehingga dibutuhkan kesabaran dan sikap saling menghormati satu dengan yang lain.

Ada berbagai faktor yang bisa membuat pasangan merasa stres atau tertekan dalam pernikahan. Sebenarnya ada masalah dalam setiap pernikahan itu wajar saja.

Tapi yang penting adalah mengenali sumber stres dan mencari jalan keluar yang terbaik. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penyebab utama stres dalam pernikahan:

Ketidakpastian masa depan
Ketidakpastian masa depan bisa menjadikan hubungan pernikahan suami istri tak menyenangkan. Tentu saja, tak ada yang bisa memastikan seperti apa masa depan, namun akan lebih baik jika memliki rencana untuk bisa menghadapi masa depan. 

Masalah keuangan
Stres yang disebabkan oleh masalah keuangan dalam rumah tangga adalah penyebab perceraian yang paling besar. Setiap pasangan suami istri ditantang untuk menyatukan visi dan misi dalam hal finansial. Biasanya masalah semakin bertambah pelik kalau satu pihak cenderung menghambur-hamburkan uang dan pihak lainnya bersikeras untuk menabung.

Stres dapat berdampak pada kedua pasangan dan berakibat buruk pada kualitas hubungan. Oleh karenanya, penting untuk dapat membahas masalah keuangan satu sama lain agar dapat mengelolanya dengan cara sebaik mungkin. 
  
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Dwgi14

Membesarkan anak
Bagi sebagian orang, menjadi orang tua adalah beban. Memutuskan kapan harus memiliki anak dapat menjadi sangat sulit bagi pasangan. Salah satu di antaranya mungkin tidak merasa siap untuk berkomitmen dan ingin menunggu lebih lama.

Perbedaan prinsip ketika membesarkan anak bisa membuat stres. Tekanan untuk menjadi orang tua yang ideal saja sudah cukup berat, apalagi jika antara suami istri masih belum sepaham tentang cara membesarkan anak. Buatlah kesepakatan bersama dan komitmen dalam menjalankannya.

Komunikasi
Salah satu penyebab stres mungkin berakar dari sistem komunikasi yang lemah antara suami dan istri. Salah satu pasangan selalu merasa frustrasi karena maksud atau keinginannya tidak tersampaikan dengan baik demikian pula sebaliknya. Meskipun tampak sepele, masalah komunikasi dalam pernikahan bisa perlahan-lahan menyebabkan stres.

Argumen dan perbedaan
Adanya argumen atau adanya perbedaan pendapat dan pikiran antara suami dan istri adalah hal yang wajar terjadi. Namun baik itu perdebatan kecil maupun besar, semuanya menimbulkan stres. Lebih baik jika bisa dibicarakan dengan baik untuk menyelesaikannya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Do863h

Kepercayaan
Hilangnya kepercayaan pada pasangan mengakibatkan rasa cemas, gelisah, dan takut yang berlarut-larut. Biasanya kepala akan dipenuhi dengan pikiran negatif dan inilah yang bisa menimbulkan stres.   

Kurangnya usaha 
Seringkali tidak seimbangnya usaha saling mempertahankan hubungan adalah penyebab timbulnya stres. Jika hanya satu pihak saja yang berusaha memperbaiki keadaan. Berusaha lebih baik dan mengalah sedangkan pihak satunya tidak memberikan usaha yang sama, maka hubungan tidak akan berhasil. 

Pekerjaan 
Pekerjaan bisa jadi pemicu masalah dalam kehidupan rumah tangga. Pekerjaan bisa menyita banyak waktu, terlebih ketika ada tekanan menyelesaikan tugas dengan tenggat mepet dan tuntutan kualitas yang tinggi. Pekerjaan pun bisa mengharuskan pasangan menghabiskan waktu jauh dari rumah. Hal ini bisa jadi sulit bagi pasangan. 

Perilaku buruk 
Suami istri akan mengalami waktu yang sulit pada tahap tertentu akibat dampak dari masalah pekerjaan, finansial, keluarga, atau sesuatu yang salah dalam hubungan itu sendiri. Hal tersebut dapat menjadikan seseorang menjadi sulit bergaul hingga menutup diri dari berbagai hal, termasuk pasangannya sendiri.

Lebih buruk lagi, masalah-masalah yang muncul itu dapat menjadikan seseorang memiliki perilaku destruktif seperti mabuk, berjudi, dan sebagainya, yang dapat memperburuk keadaan. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/30tgNC3

Perubahan 
Perubahan sebenarnya sangat biasa terjadi, termasuk dalam diri sendiri. Hal ini dapat dipengaruhi oleh usia dan pengalaman-pengalaman yang telah dialami dan dapat menjadi beban bagi pasangan. Oleh karenanya, bersikaplah terbuka untuk membicarakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri pasangan. 

Kehidupan seks
Hubungan intim suami dan istri sangat penting untuk terus dijaga. Tanpa disadari, masalah dalam kehidupan seks bisa menyebabkan stres. Bila suami atau istri merasa tidak puas, lebih baik langsung katakan secara jujur. Bila perlu, buat jadwal bersama untuk berhubungan seks dan belajar menikmati waktu bermesraan tersebut.

Kesehatan
Masalah kesehatan yang muncul tiba-tiba tentu akan sangat membebani. Terutama jika masalah kesehatan yang dihadapi cukup serius. Maka terus-menerus akan muncul kekhawatiran, sementara tanggung jawab masing-masing semakin bertambah.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Mengapa pria bisa meninggalkan wanita meskipun masih cinta? Ini alasannya
Jumat, 18 September 2020 - 23:15 WIB
Tidak hanya wanita, pria juga termasuk makhluk yang susah ditebak. Meskipun banyak yang bilang bahwa...
Pemerintah tambah ruang isolasi tampung 14 ribu pasien COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah menambah fasilitas kesehatan termasuk ruang isolasi untuk pasien COVID-19 dengan memanfaa...
15.000 anak Indonesia terpapar Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:48 WIB
Sebanyak 15.000 anak usia hingga 14 tahun di Indonesia terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 165 mening...
Ahli gizi: Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 16:11 WIB
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua...
Alasan dokter tak rekomendasikan pakai masker scuba
Jumat, 18 September 2020 - 12:50 WIB
Pakar kesehatan belakangan ini tidak merekomendasikan masyarakat mengenakan masker scuba karena tida...
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB
 Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam men...
WHO: Satu dari tujuh infeksi COVID-19 terjadi pada petugas kesehatan
Kamis, 17 September 2020 - 21:25 WIB
Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petu...
 Bagaimana sebaiknya posisi penis di celana dalam?
Rabu, 16 September 2020 - 23:15 WIB
Walau terkesan sederhana, kebanyakan pria dilema menentukan posisi penis saat memakai celana dalam. ...
Masyarakat terpapar COVID-19 di Langkat melonjak
Rabu, 16 September 2020 - 20:36 WIB
Sejak dua bulan terakhir terjadi lonjakan jumlah warga Kabupaten Langkat, Sumut, yang terpapar COVID...
Ketum Partai Emas dukung pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta
Rabu, 16 September 2020 - 13:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). A...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV