Kalsel tingkatkan kolaborasi dan sinergitas untuk memutus mata rantai COVID-19
Elshinta
Senin, 13 Juli 2020 - 18:56 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Sigit Kurniawan
Kalsel tingkatkan kolaborasi dan sinergitas untuk memutus mata rantai COVID-19
Foto: Syahri Ruslan/Radio Elshinta

Elshinta.com - Bertempat di Rupatama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) berlangsung Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Polda Kalsel dan PT PAMA Persada Nusantara, Senin (13/7) pukul 10.00 WITA.

Penandatangan kerjasama dalam pelayanan sarana dan prasarana COVID-19 di Kalimantan Selatan tersebut dilakukan oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dan Direktur PT PAMA Persada Nusantara diwakili BBSO Head PT Pama Persada Sefourdinan Pandiangan S.Psi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Provinsi Kalsel diwakili Asisten Administrasi Umum Adi Santoso, Ketua DPRD Kalsel diwakili Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel Athailah Hasbi, S.Sos., S.H, Kajati Kalsel diwakili Koordinator Intelijen Andi Fajar, S.H., M.H., Danrem 101/Antasari diwakili Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Parulian Marpaung, S.Sos., M.M, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Danlanud Syamsudin Noor diwakili Mayor Kes Dr. Ika, Kadinkes Kalsel Dr.H.Muhamad Muslim, M.Kes., Lo BNPB Brigjen TNI (Purn) Syuhyudi, Direktur RSUD Ulin Dr.Hj.Suciati, M.Kes, PLT Kepala BPBD Kalsel Roy Rizali Anwar, S.T., M.T., Kepala BBTKLPP Banjarbaru Slamet Mulsiswanto, serta para Pejabat Utama Polda Kalsel.

Dalam sambutannya Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. mengatakan pada hari ini dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Pemerintah Provinsi dan PT PAMA Persada Nusantara dalam pelayanan sarana dan prasarana COVID-19 di Kalimantan Selatan.

Kapolda Kalsel menuturkan bahwa banyak langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam menangani penyebaran COVID-19 diantara yaitu dengan melakukan 3T yakni Tracking, Test, kemudian Treatment.

“Kami Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dan stakeholder terkait mendukung penuh kebijakan yang diambil oleh pemerintah,” tegas Kapolda Kalsel, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Syahri Ruslan.

Lebih lanjut, perkembangan pengadaan alat sudah mulai dilakukan dibagian kiri dan kanan daerah Kalimantan Selatan.

Alumni Akpol 1992 ini juga mengimbau kepada Forkopimda Kalsel khususnya para personel Polda Kalsel untuk tetap menggelorakan Protokol Kesehatan dan senantiasa mengingatkan serta memberi contoh hidup sehat kepada masyarakat guna memutus mata rantai COVID-19.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dan PT PAMA Persada Nusantara karena sudah banyak berpartisipasi dalam penanganan COVID-19 terlebih dengan dilakukannya penandatanganan MoU pada hari ini.

Ia menuturkan berbagai upaya-upaya sudah dilakukan untuk melakukan pencegahan COVID-19, dengan segala tenaga dan waktu dikerahkan untuk melawan Pandemi COVID-19.

Menurutnya, perlu peran serta seluruh stakeholder tidak hanya TNI-Polri dan Pemerintah, namun pengusaha dan tokoh agama harus saling bersinergi dalam penanganan COVID-19.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menyampaikan bahwa ada 3 (Tiga) strategi penegakan penyebaran COVID-19 di Kalimantan Selatan, diantaranya menekan angka penularan COVID-19, melaksanakan program-program bantuan sosial bagi warga terdampak COVID-19, serta mendorong dan membangun UMKM Ekonomi Kerakyatan.

“New Normal adalah tatanan kehidupan baru dengan menerapkan Protokol Kesehatan tingkat tinggi,” ucap Paman Birin.

Sedangkan Direktur PT Pama Persada Nusantara diwakili BBSO Head PT Pama Persada Sefourdinan Pandiangan S.Psi. dalam sambutannya melalui Live Streaming menyampaikan dalam membantu penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan dan melakukan pengecekan kesehatan kepada Karyawan PT PAMA Persada Nusantara, pihaknya berinisiatif melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dengan menyumbangkan 1 set alat PCR otomatis.

Dalam kesempatan ini PT Pama Persada Nusantara memnyerahkan bantuan Alat PCR, Alat Ekstraksi, dan Alat Utama Pendukung lainya guna menangani COVID-19 dan memutus mata ranta penyebaran virus tersebut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pelaku seni dan budaya di Kota Malang menerima bantuan
Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:58 WIB
Sebanyak 96 pelaku seni dan budaya di Kota Malang menerima bantuan di tengah pandemi COVID-19. Pembe...
Pariaman akan kibarkan Bendera Merah Putih di dalam laut
Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:36 WIB
Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bersama komunitas di daerah itu akan mengibarkan Bendera Me...
BRG: Upaya pencegahan karhutla bukan tanggung jawab desa semata
Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:12 WIB
Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG) Myrna Safitri me...
Polri utamakan upaya preventif dalam penegakkan disiplin pakai masker
Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:24 WIB
Polisi Republik Indonesia (Polri) mengatakan akan tetap mendahulukan upaya preventif dalam penegakan...
Kapolda: Ada tiga komponen penting mereduksi radikalisme
Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:50 WIB
Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jenderal Polisi Hamidin, mengatakan, ada tig...
Menteri ESDM tekankan akselerasi pemanfaatan energi terbarukan
Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:12 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menekankan pentingnya akselerasi pemanfa...
8.171 pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19
Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:57 WIB
Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RS) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga 13 Agustu...
Gubernur Kepulauan Riau dinyatakan sembuh dari COVID-19
Kamis, 13 Agustus 2020 - 11:31 WIB
Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dinyatakan sembuh dari COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan yang ...
Kulon Progo laksanakan upacara HUT ke-75 RI secara terbatas dan daring
Kamis, 13 Agustus 2020 - 09:31 WIB
Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tetap akan melaksanakan upacara pering...
DPR minta masyarakat jaga kualitas air Waduk Jatiluhur
Kamis, 13 Agustus 2020 - 09:20 WIB
Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkolaborasi meminta masyarakat m...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)