Pria perlu tahu, apa penyebab penis bengkak
Elshinta
Jumat, 10 Juli 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Pria perlu tahu, apa penyebab penis bengkak
Ilustrasi. Sumber foto:http://dailym.ai/321MBPz

Elshinta.com - Saat penis bengkak, kulit alat vital pria akan memerah dan teriritasi. Jika disentuh, area yang terdampak bisa terasa gatal dan nyeri. Penis bengkak biasanya disertai oleh berbagai gejala lain, seperti bau tak sedap atau benjolan yang muncul di kulit penis.

Penis bengkak bisa menyebabkan pria sulit buang air kecil dan berhubungan seksual. Oleh karena itu, pria perlu tahu penyebab penis bengkak yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

Balanitis
Balanitis terjadi saat kepala penis mengalami peradangan akibat infeksi. Sekitar 3-11% pria di dunia mengalami balanitis dalam hidupnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria yang belum disunat dan tidak menjaga kebersihan penisnya dengan baik.

Gejalanya meliputi kulit penis merah, kulit penis menebal, gatal-gatal, sakit saat buang air kecil, pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha. 

Reaksi alergi atau iritasi
Reaksi alergi atau iritasi, yang disebabkan oleh dermatitis kontak. Biasanya, reaksi alergi atau iritasi ini muncul saat penis bersentuhan dengan kondom lateks,propilen glikol dalam pelumas, spermisida (metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan), bahan kimia pada sabun atau losion, dan klorin. Jika pria memiliki alergi terhadap beberapa benda tersebut, segera hentikan penggunaannya untuk menghindari reaksi alergi.

Uretritis
Uretritis adalah peradangan pada uretra, tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Uretritis disebabkan oleh bakteri Gonococcus, Chlamydia trachomatis, dan bakteri yang ada di dalam atau sekitar tinja.

Selain bisa menyebabkan penis bengkak, uretritis bisa membuat buang air kecil menjadi menyakitkan, menimbulkan sensasi terbakar saat kencing, hingga meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

Priapisme
Priapisme adalah kondisi yang menyebabkan penis ereksi selama berjam-jam, tanpa adanya stimulasi seksual. Namun dalam beberapa kasus, priapisme juga bisa terjadi setelah adanya stimulasi seksual. Priapisme bisa menyebabkan penis bengkak. Priapisme adalah penyakit serius yang harus segera ditangani oleh dokter di rumah sakit.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3iPvI0E

Penyakit Peyronie
Penyakit Peyronie adalah kondisi yang terjadi akibat penumpukan plak di bawah kulit penis. Penyakit ini menyebabkan penis bengkak, melengkung atau menekuk secara tidak normal. Peradangan dan pembengkakan pada penis merupakan gejala awal penyakit Peyronie.

Lalu pembengkakan itu bisa menjadi bekas luka yang kasar atau keras. Kondisi yang biasanya dirasakan oleh lansia ini dipercaya terjadi karena cedera penis, penyakit autoimun, hingga gangguan jaringan ikat.

Posthitis
Ketika kulup penis membengkak, kondisi ini disebut sebagai posthitis. Penyakit ini muncul saat kulup penis mengalami peradangan, yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, posthitis terjadi bersamaan dengan balanitis.

Beberapa gejalanya meliputi rasa nyeri hingga kulit yang kemerahan. Saat balanitis dan posthitis terjadi bersamaan, kondisi ini disebut dengan balanoposthitis.

Paraphimosis
Paraphimosis adalah penyakit yang hanya terjadi pada pria yang belum disunat. Paraphimosis membuat kulup penis menempel di belakang kepala penis, sehingga membuat penis terasa “sesak”. Selain penis bengkak, paraphimosis juga bisa membuat penis nyeri, tidak nyaman, kulit kemerahan, hingga sulit buang air kecil.

Kanker penis
Dalam kasus yang jarang terjadi, penis bengkak juga bisa diakibatkan kanker penis. Umumnya, gejala awal kanker penis adalah perubahan pada kulit.

Akan tetapi beberapa gejala lain seperti kulit penis menebal, kemerahan, hingga cairan dengan bau tak sedap di dalam kulup penis, juga bisa terjadi. Kanker penis adalah kasus langka, hanya 1 dari 100.000 pria yang terdiagnosis kanker penis di Eropa dan Amerika Utara.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dokter tegaskan jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, ini penjelasannya
Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:48 WIB
Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, d...
Pengaruh usia pada kesuburan pria dan dampaknya
Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Bagi perempuan, usia memang sangat memengaruhi kesuburan. Ternyata, hal ini tidak dialami perempuan ...
Angka kematian pasien Covid-19 Kota Malang lebih tinggi dari Nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:58 WIB
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Malang lebih tinggi dari angka kematian nasional.
Dua karyawan positif Covid-19, AEON Mall Tangerang tutup sementara
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup operasional sementara AEON Mall, Pagedangan, Tangeran...
Miliki alat PCR, RS Bhayangkara TK.III Banjarmasin siap tangani Covid-19 di Kalsel
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:11 WIB
Agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijo...
Guru Besar UGM: Penemuan obat COVID-19 tidak mudah
Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:37 WIB
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati menyampaikan bahwa ...
Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbagi hidup dengan orang lain memang tak selalu mudah sehingga dibutuhkan kesabaran dan sikap sali...
Kasus positif COVID-19 Jakarta bertambah 357
Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta pada Rabu mencapai 23.266 kasus atau mengalami peningkatan 357...
Plt Walikota Medan positif Covid-19
Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:56 WIB
 Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfe...
Minuman kesehatan masa depan ini hadir di Indonesia
Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:24 WIB
Kesehatan sangat mahal dan bahkan tidak ternilai harganya. Sibuk bekerja dan beraktivitas menyebabka...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV