Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Elshinta
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:21 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2ZVQrqJ

Elshinta.com - Banyak orang masih kebingungan saat akan memilih warna cat rumah. Alasan utamanya adalah takut jika warna tidak sesuai dengan keinginan.

Memang dalam memilih cat, ada banyak faktor yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan warna cat yang sesuai dengan karakter rumah. Misalnya jenis ruangan, kombinasi warna dasar, warna furnitur, dan masih banyak lagi.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih warna cat agar tidak menyesal dengan warna yang dipilih:

Sesuaikan dengan konsep rumah
Langkah paling awal dan yang paling penting adalah mengenali konsep rumah. Apakah itu konsep rumah minimalis, modern, klasik, western, ataupun tradisional akan sangat mempengaruhi tips memilih cat rumah.

Konsep dasar dari rumah berperan penting karena mempengaruhi jenis dan warna furnitur yang akan mengisi rumah. Selain itu, konsep juga berpengaruh terhadap bentuk dan penataan ruang. Beberapa komponen tersebut merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan warna cat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/38He3DC

Tentukan kesan yang ingin ditampilkan
Sebelum memilih warna cat, tentukan kesan apa yang ingin dibangun dari setiap ruangan atau rumah secara keseluruhan. Jika ingin membangun suasana ceria, mewah, simpel, atau elegan, tentu saja memiliki warna masing-masing yang sesuai.

Untuk rumah dengan kesan ceria dan bersemangat, kombinasikan warna cerah seperti kuning terang, putih, biru, dan merah muda. Jika ingin memberikan kesan mewah, gunakan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih. Gunakan cat berwarna krem, coklat, atau hijau jika ingin membangun suasana hangat di rumah.

Buat palet warna 
Buatlah palet warna yang ingin diaplikasikan kemudian diskusikan dengan arsitek maupun tukang bangunan rumah. Palet warna dapat digunakan sebagai panduan untuk memilih cat rumah. Lihat dan cocokkan warna utama dari rumah dengan warna lainnya. 

Mencoba langsung ke dinding 
Metode yang paling baik adalah dengan mencobanya langsung ke dinding. Siapkan dinding putih di dalam rumah yang dapat digunakan sebagai tempat bereksperimen.

Belilah cat berukuran kecil dengan warna-warna yang sesuai dengan palet warna sebelumnya. Selain untuk melihat kecocokan antar warna, bereksperimen di dinding putih juga dapat menguji kualitas dari cat tersebut.

Perhatikan pencahayaan

Saat sedang mencoba warna cat di dinding putih, perhatikan juga penampilan warna di bawah pencahayaan berbeda. Amati warna di dinding pada pencahayaan yang berbeda, misalnya saat pagi hari, siang hari, atau malam hari. Sesuaikan warna dan pencahayaan dengan posisi furnitur di ruangan tersebut.

Perubahan warna dinding juga dapat dipengaruhi oleh posisi arah mata angin yang berkaitan dengan posisi datangnya sinar matahari. Jenis lampu juga berpengaruh terhadap warna dari dinding ruangan.

Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning, sedangkan cahaya lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. Memilih lampu yang sesuai sangat penting untuk nuansa yang diberikan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2BV4kO4

Sesuaikan dengan dekorasi ruangan
Jika di ruangan tersebut akan dipasang dekorasi, maka harus dipertimbangkan kecocokannya dengan warna cat ruangan. Bentuk, warna, serta lokasi peletakan benda-benda tersebut merupakan unsur yang harus diperhatikan agar antara dekorasi dan warna dinding lebih serasi.

Pelajari istilah-istilah warna 
Mengetahui beberapa istilah yang digunakan dalam pewarnaan sangat membantu pemilihan warna cat rumah yang bagus untukmu. Beberapa istilah yang banyak digunakan adalah hue dan saturation.

Hue adalah sebutan untuk sebuah warna. Nilai sebuah hue tergantung dari seberapa gelap atau seberapa terang warna tersebut.
Sementara saturation merujuk ke seberapa dominan hue dari sebuah warna. Intensitas warna menjadi unsur yang perlu diperhatikan, misalnya kombinasi warna untuk menciptakan gradasi, atau hanya ingin menonjolkan nuansa satu warna.

Menggunakan warna cat yang berbeda-beda
Warna dari tiap ruangan harus serasi antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Keserasian tersebut bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti lukisan dan karpet, serta pencahayaan yang tepat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2OcmMnP

Finishing cat 
Finishing matte adalah jenis yang paling umum digunakan. Dengan finishing tersebut, tampilan cat pada ruangan akan polos dan merata. Finishing glossy akan membuat dinding terlihat licin dan memantulkan cahaya. Finishing satin membuat dinding akan seperti bahan satin yang mengkilap dan licin, namun tidak selicin glossy. 


Cat monokrom
Jika masih bingung dengan tips memilih cat rumah yang sesuai dan khawatir akan menyesal di kemudian hari, gunakan cat berwarna monokrom atau satu shade warna seperti hitam, putih, atau abu-abu. Warna tersebut merupakan warna yang netral dan aman digunakan untuk semua konsep rumah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
 Apa yang harus dipersiapkan sebelum membeli kavling tanah?
Jumat, 24 Juli 2020 - 10:24 WIB
Lokasi tanah kavling yang cenderung strategis dan peluang pengembangan nilai yang cukup besar menjad...
Apa untung ruginya membeli rumah baru dan rumah bekas?
Kamis, 16 Juli 2020 - 10:59 WIB
Rumah seperti properti lain pada umumnya, cenderung selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke...
Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:21 WIB
 Banyak orang masih kebingungan saat akan memilih warna cat rumah. Alasan utamanya adalah takut jik...
 Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB
emilihan furnitur yang tepat ikut memberi andil dalam kenyamanan sebuah rumah. Namun banyak orang ja...
 Menata dapur sempit sederhana agar terasa luas
Jumat, 26 Juni 2020 - 10:19 WIB
Di beberapa rumah, dapur menjadi area yang tak terlalu diperhatikan kenyamannya. Salah satu alasanny...
 Apa saja peluang usaha sekitar dunia properti?
Jumat, 19 Juni 2020 - 10:10 WIB
 Selain tiga profesi dalam usaha di bidang properti seperti perantara, agen properti, dan developer...
 Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Jumat, 12 Juni 2020 - 10:10 WIB
Kamar tidur adalah salah satu ruangan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Jadi sangat pen...
 Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum sewa apartemen?
Jumat, 05 Juni 2020 - 11:05 WIB
Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi alternatif bagi orang-orang yang hidup di perkotaan. Ber...
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV