Kemenparekraf sosialisasi protokol kesehatan demi tingkatkan kepercayaan wisatawan
Elshinta
Selasa, 07 Juli 2020 - 09:48 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
Kemenparekraf sosialisasi protokol kesehatan demi tingkatkan kepercayaan wisatawan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2ZNaR5v

Elshinta.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan mengajak industri yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menerapkan dan melakukan pengawasan protokol di tempat usahanya dengan ketat. 

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, R. Kurleni Ukar, dalam webinar bertajuk “Adaptasi Kebiasaan Baru yang Sehat, Aman, dan Produktif Bagi Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” mengatakan penerapan protokol kesehatan oleh pelaku pariwisata bagi pekerja dan wisatawan di destinasi wisata memegang peranan penting dalam upaya mengembalikan kepercayaan publik untuk berkunjung.

“Kita harus menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa bersih, sehat, dan aman. Jika kita mengharapkan wisatawan kembali berkunjung ke Indonesia sesuai dengan tren wisatawan saat ini yang memilih tempat yang bersih dan aman dari COVID-19, ini baru bisa terwujud jika tenaga kerjanya juga memahami dan menerapkan prinsip CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environtment) dalam kehidupan sehari-hari dan dalam tugasnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Kurleni, seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Selasa.

Kurleni menjelaskan, protokol kesehatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah ditetapkan pemerintah melalui KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

KMK tersebut menjadi pedoman bagi kementerian/lembaga, pemerintah daerah, asosiasi, pelaku usaha juga masyarakat, sehingga mutlak diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan, baik wisatawan, pelaku usaha, maupun pekerjanya. 

“Kita (pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif) rentan tertular karena pekerjaan kita melayani orang lain. Satu-satunya cara kita mencegah penularan ini adalah dengan menaati protokol kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan baru,” katanya.

Kurleni juga menyebut saat ini Kemenparekraf/Baparekraf telah memulai upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara bertahap dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Terutama destinasi di wilayah yang telah dinyatakan sebagai zona hijau. 

Sementara itu, webinar juga turut dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf. Ia mendukung upaya pemulihan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Yang tentunya penerapan tersebut harus diawali dengan sosialisasi yang baik dan menyeluruh ke seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Jika protokol kesehatan telah berjalan dengan baik, pembukaan destinasi pun harus dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan destinasi yang berada di zona aman (hijau) dan disertai pengendalian, evaluasi, serta didukung dengan kesiapan tenaga medis. 

“Prosedur keamanan di lokasi wisata harus ada pemantauan. Jadi saran kami dari DPR adalah evaluasi itu penting sehingga perpekan dapat dievaluasi," kata Dede Yusuf. 

Ia menyatakan komitmen DPR dalam mendukung Kemenparekraf dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif. Komisi X DPR RI dikatakannya telah menyetujui usulan penambahan anggaran Kemenparekraf untuk tahun 2021. 

Prof. David dari Lembaga Eijkman mengatakan, tidak hanya pemerintah, peran serta dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan juga memiliki peranan yang kuat. Karena itu ia berharap masyarakat dapat terus mengupdate informasi tentang COVID-19 terutama dalam upaya pencegahan dan pengendaliannya. 

"Cara kita memotong rantai penyebaran, tahap pertama adalah disiplin dengan kebersihan, memakai masker, juga physical/social distancing," kata Prof. David. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Bulan ini saat tepat lihat sunrise dari Putuk Setumbu
Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:12 WIB
Bulan Agustus merupakan saat yang tepat untuk melihat sunrise dari daya tarik wisata Putuk Setumbu B...
Kapasitas SDM tentukan kualitas tata kelola wisata di Kota Magelang 
Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:12 WIB
Kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat menjadi poin penting yang perlu d...
Pemkab Karangasem buka Besakih-Taman Ujung di tengah pandemi COVID-19
Jumat, 31 Juli 2020 - 14:12 WIB
Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, telah membuka secara bertahap sejumlah kawasan pariwisata di ...
Luhut dukung pemulihan pariwisata Bali
Jumat, 31 Juli 2020 - 13:13 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pemulihan par...
Dishub turunkan harga tiket kapal penumpang ke Kepulauan Seribu 
Kamis, 30 Juli 2020 - 21:55 WIB
Dinas Perhubungan DKI Jakarta menurunkan tarif tiket kapal penumpang dari Dermaga Kaliadem Jakarta U...
Suhu capai 3 derajat Celcius, embun Upas muncul di Gunung Bromo
Kamis, 30 Juli 2020 - 21:13 WIB
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mulai dilanda suhu ekstrem. Cuaca di kawasan Gun...
Dengan protokol kesehatan ketat, Kebun Raya Gunung Tidar Magelang resmi dibuka
Jumat, 24 Juli 2020 - 20:45 WIB
Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah resmi dibuka untuk kunjungan wisata.
Luhut minta terapkan protokol kesehatan yang ketat di daerah wisata
Kamis, 23 Juli 2020 - 11:21 WIB
Menteri Koodinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan mengapresiasi kesiapan...
Objek wisata Pemandian Kalitaman Salatiga lengkapi fasilitas untuk `New Normal`
Rabu, 22 Juli 2020 - 12:07 WIB
Objek Wisata Pemandian Kalitaman Salatiga, Jawa Tengah, saat ini tengah melengkapi berbagai fasilita...
Bappenas dukung Pulau flores jadi tujuan wisata premium, ini alasannya
Sabtu, 18 Juli 2020 - 12:59 WIB
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV