Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Elshinta
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2YSbWtq

Elshinta.com - Pemilihan furnitur yang tepat ikut memberi andil dalam kenyamanan sebuah rumah. Namun banyak orang jarang memerhatikan saat memilih furnitur untuk rumah, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan.  

Akibatnya bisa membuat pemilik rumah menjadi tidak betah. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat membeli furnitur:

Salah menentukan ukuran
Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum membeli furnitur adalah mengukur kapasitas rumah. Jangan sampai membeli furnitur yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan interior rumah.

Furnitur yang terlalu besar atau terlalu kecil tampak kurang serasi untuk melengkapi interior rumah. Catat ukuran ruangan dengan seksama supaya bisa memilih furnitur dengan ukuran yang paling tepat.

Membeli kursi atau sofa tanpa mendudukinya
Saat sudah terpikat pada penampilan salah satu sofa atau kursi santai, maka harus memastikan bahwa sofa tersebut nyaman untuk diduduki.

Sangat penting untuk melakukan tes terlebih dahulu pada sofa tersebut dengan mendudukinya terutama jika berencana akan sering menggunakan sofa tersebut.

Kurang cocok dengan interior
Jangan hanya mengutamakan selera pribadi saat memilih furnitur tapi juga harus mempertimbangkan nuansa interior rumah. Misalnya, sebaiknya memilih furnitur bergaya minimalis jika konsep interior rumah juga bernuansa minimalis.

Kalaupun ingin memadukan dua gaya yang berbeda, pastikan kalau perpaduan tersebut tetap indah dipandang dan nyaman bagi interior rumah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2NUe65e

Beli furnitur yang harganya murah
Furnitur yang harganya murah memang bisa menghemat biaya. Tapi ini juga sering menjadi kesalahan bagi sejumlah orang saat memilih furnitur rumah. Karena biasanya furnitur murah dibuat dari bahan-bahan dengan kualitas nomor dua sehingga furnitur tersebut mudah rusak ketika digunakan.

Kalau ingin menggunakan furnitur dalam jangka panjang, usahakan untuk membeli furnitur berkualitas yang harganya cukup mahal. Furnitur mahal biasanya bisa bertahan selama puluhan tahun jika dirawat dengan cara yang tepat.

Tidak melihat fungsinya
Diskon furnitur besar-besaran memang menggiurkan karena bisa menghemat. Akibatnya orang menjadi kalap membeli banyak furnitur tanpa mempertimbangkan fungsinya. Akhirnya, furnitur yang dibeli malah menumpuk di gudang karena kapasitas interior rumah tidak mencukupi.

Demi menghindari kesalahan ini, catat furnitur penting yang harus dibeli supaya tidak kalap membeli furnitur yang tidak dibutuhkan. Sebaiknya membeli furnitur yang multifungsi, terutama jika rumah berukuran mungil karena lebih praktis sekaligus hemat ruangan.

Tidak peduli model furnitur
Saat membeli furnitur baru dan tetap mempertahankan yang lama, hendaknya perpaduan furnitur tersebut harus dilakukan dengan mempertimbangkan model dan ukurannya.

Jangan sampai memilih furnitur baru yang model dan ukurannya tidak serasi dengan furnitur lama di rumah. Karena perpaduan furnitur yang kurang serasi akan membuat interior rumah terkesan sempit dan berantakan.

Memilih furnitur yang perawatannya sulit
Saat membeli furnitur, tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan cara bagaimana perawatannya. Apalagi jika di rumah anak-anak masih kecil atau memiliki hewan peliharaan.  Jangan sampai furnitur mudah kusam dan rusak karena tidak dirawat dengan benar. 
 
Kurang aman bagi anak-anak

Pemilihan furnitur juga harus mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga lainnya. Jika anak-anak masih kecil, sebaiknya memilih furnitur yang aman seperti tidak memiliki sudut-sudut tajam dan tidak mudah pecah ketika tersenggol. Furnitur ramah anak tidak hanya aman tetapi juga awet digunakan dalam waktu lama.

Membeli langsung satu set
Hal ini sudah banyak dialami oleh orang-orang yang memilih untuk membeli furnitur yang terlihat menarik walau harus set. Karena belum tentu semua furnitur tersebut cocok atau pas ketika ditata, bisa saja lebih besar atau lebih kecil dari ruangan. Sehingga kurang nyaman dipandang mata.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CX2qfU

Membeli semuanya
Membeli semua furnitur langsung dalam sehari di satu tempat tentunya menawarkan kemudahan dan kecepatan untuk dapat segera mendekorasi isi rumahmu.

Tapi, ini berarti tidak akan lagi memiliki kebebasan untuk menemukan furnitur keren lainnya yang mungkin bisa ditemukan di tempat lain. Sebaiknya cari furnitur yang sesuai dengan selera dan kegunaan yang diinginkan, bukan furnitur yang sedang tren.

Salah dalam memadukan furnitur
Kebanyakan orang membeli furnitur dengan ukuran yang tidak konsisten, sehingga banyak furnitur yang terlalu besar dan terlalu kecil bersanding bersama. Untuk menghindari hal ini, ukur jarak antara setiap furnitur dan jarak antara furnitur ke dinding.

Dengan begitu, setidaknya sudah memiliki bayangan mengenai furnitur ideal yang kira-kira cocok.  Selain itu jangan buru-buru menyingkirkan furnitur antik di rumah karena bisa menjadi bagian spesial yang memberikan karakter unik tersendiri untuk rumah.

Biarkan furnitur antik selama beberapa hari. Ketika sudah lewat beberapa hari dan tetap masih merasa tidak cocok maka mungkin memang sudah saatnya furnitur antik itu dipindahkan.

Membiarkan penjual memengaruhi 
Desain dan dekorasi adalah hal yang personal. Jadi, meskipun beberapa barang sedang dalam diskon, dan penjual mengatakan bahwa barang tersebut merupakan barang yang sedang tren, jangan terpenharuh.

Jika memang tidak menyukainya jangan dipaksakan atau berpikir ulang untuk membeli. Jangan terpaksa untuk membeli barang yang tidak disuka, lebih baik mencari barang lain.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
 Apa yang harus dipersiapkan sebelum membeli kavling tanah?
Jumat, 24 Juli 2020 - 10:24 WIB
Lokasi tanah kavling yang cenderung strategis dan peluang pengembangan nilai yang cukup besar menjad...
Apa untung ruginya membeli rumah baru dan rumah bekas?
Kamis, 16 Juli 2020 - 10:59 WIB
Rumah seperti properti lain pada umumnya, cenderung selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke...
Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:21 WIB
 Banyak orang masih kebingungan saat akan memilih warna cat rumah. Alasan utamanya adalah takut jik...
 Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB
emilihan furnitur yang tepat ikut memberi andil dalam kenyamanan sebuah rumah. Namun banyak orang ja...
 Menata dapur sempit sederhana agar terasa luas
Jumat, 26 Juni 2020 - 10:19 WIB
Di beberapa rumah, dapur menjadi area yang tak terlalu diperhatikan kenyamannya. Salah satu alasanny...
 Apa saja peluang usaha sekitar dunia properti?
Jumat, 19 Juni 2020 - 10:10 WIB
 Selain tiga profesi dalam usaha di bidang properti seperti perantara, agen properti, dan developer...
 Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Jumat, 12 Juni 2020 - 10:10 WIB
Kamar tidur adalah salah satu ruangan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Jadi sangat pen...
 Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum sewa apartemen?
Jumat, 05 Juni 2020 - 11:05 WIB
Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi alternatif bagi orang-orang yang hidup di perkotaan. Ber...
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV