Apa saja metode yang biasanya digunakan untuk menghilangkan rambut kemaluan?
Elshinta
Senin, 29 Juni 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Apa saja metode yang biasanya digunakan untuk menghilangkan rambut kemaluan?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2NDr0oi

Elshinta.com - Umumnya rambut kemaluan tumbuh di area antara pusar dan penis, namun bisa juga tumbuh di penis serta skrotum. Mencukur rambut kemaluan pria sebenarnya bukan keharusan.

Namun umumnya orang ingin melakukannya agar lebih bersih, menjaga area genital tetap kering dan tidak lembap karena berkeringat. Ketika tidak berkeringat berlebih, artinya area sekitar penis juga tidak akan berbau tak sedap.

Selain pertimbangan higienis, mencukur rambut kemaluan pria juga dilakukan untuk kenyamanan saat bercinta. Berhubungan seksual tanpa terganggu rambut kemaluan tentu mengurangi kemungkinan mengalami iritasi. 

Cara mencukur rambut kemaluan pria tidak boleh sembarangan, ada teknik yang aman sehingga tidak menyebabkan kulit di sekitar penis dan skrotum terluka, peradangan atau infeksi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menghilangkan rambut kemaluan pria yang umum dilakukan:

Menggunting
Salah satu cara mencukur rambut kemaluan pria yang paling mudah adalah dengan menggunting. Perhatikan saat menggunting rambut kemaluan sekitar penis dan skrotum. Mengingat bentuknya yang tidak rata terutama skrotum, ada kemungkinan terluka terkena gunting.

Menggunting rambut kemaluan biasanya perlu dilakukan sekali atau dua kali setiap minggunya. Beberapa orang lebih memilih melakukannya sambil berdiri untuk mengurangi risiko cedera.

Mencabut
Apabila hanya ada beberapa lembar rambut kemaluan seperti di bagian penis atau skrotum, ada pria yang memilih untuk mencabutnya dengan tweezer. Alat yang digunakan harus benar-benar steril dan tidak digunakan bergantian dengan orang lain.

Biasanya, yang mencukur rambut kemaluan dengan cara ini punya toleransi tinggi terhadap rasa sakit dan memiliki risiko seperti peradangan hingga infeksi apabila kulit terluka.

Mencukur 
Seperti halnya dengan mencukur kumis dan jenggot, alat cukur manual maupun elektrik dapat digunakan untuk mencukur rambut sekitar bawah perut hingga ke area batang penis dan skrotum.

Cara mencukur ini terbilang paling mudah meski untuk melakukannya tidak bisa sembarangan. harus menggunakan krim untuk menghindari timbulnya iritasi pada kulit penis atau tergores pisau cukur yang tajam.

Lakukan dengan penuh kehati-hatian agar tidak menyebabkan luka atau perdarahan. Setelah selesai, bersihkan kembali alat cukur dengan desinfektan dan masukkan ke dalam kotak yang tertutup dan bersih.

Depilatory 
Depilatory adalah penghilang rambut dari bahan kimia yang dijual bebas untuk melemahkan zat yang disebut keratin, menyebabkan rambut rontok dan bahkan rontok dengan sendirinya tanpa menimbulkan rasa sakit.

Tidak semua pria cocok menggunakan cara ini. Beberapa bisa mengalami alergi karena cairan terkena di kulit. Bahan kimia yang digunakan juga mungkin dapat menyebabkan masalah pada fungsi penis. Bahkan efek sampingnya berisiko mengurangi kesuburan hingga impotensi.

Untuk itu, harus berhati-hati dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Krim penghilang rambut kemaluan juga dijual bebas dan bisa jadi alternatif menghilangkan rambut. Pastikan tidak mencukur rambut kemaluan beberapa hari sebelum menggunakan krim.

Lebih amannya, bisa menguji alergi atau tidak di bagian kulit tertentu 24 jam sebelumnya. Risiko yang mungkin dapat ditimbulkan adalah luka bakar, ruam, hingga kulit mengelupas.

Ilustrasi. Sumber foto:https://philips.to/3eGmhxW

Waxing
Jika ingin cara mencukur rambut kemaluan pria yang bertahan lama dan bisa menghilangkan rambut hingga tuntas, cobalah waxing. Waxing harus dilakukan oleh seorang ahli dan tidak disarankan dilakukan sendiri.

Pastikan alat untuk mengaplikasikan wax tidak digunakan berulang kali atau double dip. Idealnya, satu spatula hanya digunakan satu kali dan diganti dengan spatula lain untuk pengaplikasian selanjutnya.

Setelah melakukan waxing, kulit harus diberi krim pendingin untuk menghindari terjadinya iritasi dan infeksi. Kalau sembarangan dan melakukan waxing sendiri, peluang kulit menjadi bengkak cukup tinggi.

Laser dan IPL 
Laser dan IPL (Intense Pulse Light) merupakan metode paling efektif untuk menghilangkan rambut kemaluan. Prosedur ini dilakukan oleh pakarnya seperti seorang dermatologis.Metode ini dilakukan dengan cara menghancurkan akar rambut menggunakan sinar laser berintensitas tinggi.

Perlu sesi perawatan laser sekitar 2-6 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil metode ini bisa bertahan hingga 6-12 bulan. Sedangkan efek sampingnya bisa membuat kulit bengkak, kemerahan, dan iritasi.

Elektrolisis
Elektrolisis dilakukan dengan cara menempatkan jarum kecil di dalam setiap folikel rambut. Kemudian akar rambut dihancurkan menggunakan arus listrik.

Perlu waktu lama untuk menghilangkan semua rambut kemaluan mengingat rambut harus dihilangkan satu persatu jika menggunakan metode ini.

Elektrolisis tidak yang sepenuhnya permanen tapi tergolong aman dan mungkin lebih murah daripada laser. Hasil elektrolisis akan bertahan selama 1-2 minggu sampai rambutnya sebagian besar hilang, sehingga harus diulang sampai rambut benar-benar hilang. 
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab gairah seksual pada wanita menurun?
Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Gairah seksual setiap orang berbeda-beda, baik gairah wanita maupun pria. Wanita kerap disebut lebih...
Perkembangan COVID-19 di Jakarta per 4 Agustus 2020
Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus memassifkan tes PCR untuk menemukan kasus baru secar...
KSAD Jenderal Andika katakan pasien positif Covid-19 di Secapa AD tersisa 188 orang
Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:47 WIB
Dari total 1.308 pasien positif Covid 19 di Secapa AD, pada pagi ini sudah berkurang 1.120 orang ata...
Mengapa pria harus memeriksakan spermanya?
Senin, 03 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Memiliki kualitas sperma yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pria. Karena ku...
 Kapan harus membersihkan alat vital dan bagaimana cara yang benar?
Kamis, 30 Juli 2020 - 23:15 WIB
Jangan anggap remeh manfaat dari kebiasaan membersihkan area kelamin bagi pria. Kerak cairan dan kot...
 Mengapa sebaiknya pasangan suami istri bercinta pada pagi hari?
Rabu, 29 Juli 2020 - 23:15 WIB
Ternyata dibanding pada malam hari, pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk bercinta. Berc...
Ternyata ini fungsi puting susu pada pria
Selasa, 28 Juli 2020 - 23:15 WIB
Jika pada wanita puting berfungsi untuk proses menyusui, lantas untuk apa fungsi puting susu pria? T...
Apa saja keluhan seksual yang sering dialami oleh banyak wanita di dunia?
Senin, 27 Juli 2020 - 23:15 WIB
Masalah seksual dapat menimpah suami atau istri. Namun, secara lebih besar masalah seksual kerap kal...
Kalsel segera tes swab 10 ribu warga
Senin, 27 Juli 2020 - 21:10 WIB
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sedang mempersiapkan pelaksanaan tes swab kepada 10 ribu warg...
 Apa saja vitamin yang ampuh tingkatkan jumlah sperma?
Jumat, 24 Juli 2020 - 23:15 WIB
Kekurangan jumlah vitamin tidak hanya mengancam kesehatan tubuh namun juga dapat memengaruhi jumlah ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV