Bagaimana membangun ikatan yang kuat antara ayah dengan anak lelakinya?
Elshinta
Selasa, 23 Juni 2020 - 10:23 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Bagaimana membangun ikatan yang kuat antara ayah dengan anak lelakinya?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hTWuVa

Elshinta.com - Ayah memiliki peran penting bagi kesehatan mental anak laki-laki. Sosok ayah sangat berpengaruh dan menentukan dalam fase tumbuh kembang anak menjadikan anak mandiri dan penuh percaya diri. Membangun kedekatan antara ayah dan anak laki-laki adalah hal yang susah-susah gampang, terutama saat anak sudah beranjak dewasa. 

Namun, seiring bertambahnya usia, minat ayah dan remaja laki-laki mungkin saja menjadi berbeda. Hal itu kemudian membuat ayah dan anak laki-laki semakin jarang menghabiskan waktu bersama.

Kalau sudah begitu, kedekatan ayah dan anak pun mungkin akan semakin berkurang. Dihimpun dari berbagai sumber,berikut cara membangun ikatan ayah dengan anak lelakinya:

Masuk ke dunia anak 
Saat masih kecil, orangtua lebih mudah mengetahui apa saja kesukaan anak, seperti permainan, buku yang dibaca, hingga karakter kartun favorit. Semua itu mungkin berubah saat anak beranjak dewasa, tetapi ayah tetap bisa mengetahuinya.

Cari tahu apa saja yang ia akses di internet, seperti apa pergaulannya, serta apa saja koleksi buku yang sering ia baca. Atau bisa dengan cari tahu grup musik kesukaan anak, memainkan alat musik, dan bernyanyi berasama-sama.

Setelah mengetahuinya, ayah bisa coba untuk ikut masuk ke dunia anak dan menjadi teman diskusi yang menyenangkan. Hal ini bisa membangun kedekatan dan membuat ayah lebih mengenali karakter anak sekaligus mempererat komunikasi dengan remaja. 

Aktivitas di luar ruangan 
Ayah perlu memperhatikan kegiatan anak, apa yang ia suka dan apa yang ia hindari. Cari celah agar bisa menemukan kesukaan yang sama. Misal, olahraga.

Jika olahraga bukan pilihan, berkemah bisa menjadi pilihan untuk mendekatkan anak dengan alam dan melatih survival. Komunikasikan dengan anak, siapa tahu ia justru punya pilihan mengejutkan dan menyenangkan untuk dilakukan bersama. 

Ajari permainan lama
Anak zaman sekarang memang sulit dipisahkan dari gawai. Tapi tidak ada salahnya mencoba untuk mengajaknya bermain permainan lama yang pernah ayah mainkan saat remaja?

Bukan tidak mungkin matanya berbinar karena merasa hal tersebut unik dan menerima ajakan tersebut. Coba ajak bermain panco, kartu remi, ular tangga, atau permainan lain yang mengasyikkan. 

Menyamakan waktu
Memang tidak mudah menyamakan waktu dan berkegiatan bersama. Tapi jangan menyerah. Coba sesekali di saat kerjaan tak terlalu padat dan anak tidak dalam masa ujian.

Berikan kejutan dengan menjemputnya di sekolah, lalu ajak nonton bersama. Bernostalgia dengan memakan es krim favoritnya di masa kecil, bisa juga menjadi pilihan. 

Ajarkan kebaikan 
Tidak harus selalu bersenang-senang, ayah juga bisa membangun kedekatan dengan anak sambil mengajarkan kebaikan. Saat ada waktu luang, cobalah untuk memberi pandangan dan fondasi yang kuat secara spiritual pada anak.

Ayah juga bisa membagi pengalaman-pengalaman semasa muda, untuk menjadi pelajaran anak dalam menjalani hidup. Ajarkan setiap kebaikan yang ada di dunia, sehingga hidupnya jadi lebih bermakna. 

Waktu bersama
Sesibuk apapun, selalu luangkan waktu yang berkualitas hanya dengan anak. Bagaimanapun, remaja lelaki butuh sosok ayah untuk memperkuat personalisasinya sebagai lelaki.

Tanyakan bagaimana harinya, bagaimana kehidupan sosialnya, serta apa yang disukainya. Malam hari adalah waktu yang tepat. Saat semua dalam keadaan santai, tak terburu-buru dan siap untuk istirahat. Melibatkanlah diri dalam setiap kegiatannya agar anak tahu bahwa ayahnya akan sedia ketika apapun masalah yang dihadapinya.

Namun tetap jangan lupa, sesuaikan cara bonding dengan karakter anak dan pilih waktu yang tepat. Jangan sampai pemilihan kondisi yang salah membuat anak malah berpikir ayahnya terlalu ingin tahu.

 

   
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Orang tua diharapkan tetap kontrol aktivitas anak di era digital 
Selasa, 20 April 2021 - 14:24 WIB
Ketua Tim Penggerak  PKK Kabupaten Cilacap Tetty Rohatiningsih yang juga merupakan anggota DPR RI F...
Orang tua ujung tombak pendampingan anak autisme saat pandemi
Senin, 19 April 2021 - 13:07 WIB
Pandemi COVID-19 membuat tempat pendidikan membatasi interaksi tatap muka dan beralih ke ruang digit...
Anak pilih-pilih makanan disebabkan oleh kebiasaan ibu saat hamil
Sabtu, 17 April 2021 - 08:45 WIB
Anak yang susah makan atau suka pilih-pilih makanan rupanya dipengaruhi oleh kebiasaan makan ibunya ...
Kiat mudah membangunkan anak saat sahur
Sabtu, 17 April 2021 - 06:00 WIB
Psikolog keluarga Ayoe Soetomo mengungkapkan kiat agar anak tidak sulit bangun sahur, aktivitas khus...
Psikolog UI jelaskan pentingnya waktu luang ayah untuk anak meski WFH
Minggu, 11 April 2021 - 14:11 WIB
Psikolog anak dan keluarga dari LPT Universitas Indonesia Mira Damayanti Amir mengatakan bahwa penti...
Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadan
Sabtu, 10 April 2021 - 11:47 WIB
Tahun ini menjadi tahun kedua warga muslim Indonesia harus menjalani ibadah puasa Ramadhan di rumah ...
Pentingnya `me time` bagi orang tua dengan anak autisme
Jumat, 09 April 2021 - 09:47 WIB
Psikolog lulusan Magister Psikologi Terapan Universitas Indonesia Diah A. Witasari mengatakan bahwa ...
Pastikan kecukupan asupan vitamin D dan kalium pada anak
Minggu, 04 April 2021 - 14:23 WIB
Ahli nutrisi Emilia Achmadi mengatakan sebagian besar anak-anak berhenti mengonsumsi susu di usia du...
 BKKBN mulai mendata 11,4 juta keluarga di Jateng
Jumat, 02 April 2021 - 19:58 WIB
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Tengah mulai melakukan pr...
Tips ibu tangguh fisik dan keuangan di masa pandemi
Rabu, 31 Maret 2021 - 13:11 WIB
Para ibu agar menjadi tangguh situasi pandemi saat ini selain bahagia juga harus sehat sekaligus mem...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV