Kenali tanda-tanda krisis paruh baya pada pria
Elshinta
Senin, 22 Juni 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Kenali tanda-tanda krisis paruh baya pada pria
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fMcpCZ

Elshinta.com - Krisis paruh baya atau midlife crisis bisa dialami oleh laki-laki maupun juga perempuan dan biasanya dialami pada usia 40 hingga 50-an. Pada laki-laki, gejalanya kadang lebih kelihatan karena melibatkan perubahan ekstrem misalnya dari yang biasanya cuek jadi lebih memperhatikan penampilan.

Krisis paruh baya pada pria bisa berlangsung tiga sampai sepuluh tahun, sedangkan wanita hanya dua sampai lima tahun. Dihimpun dari berbagai sumber,berikut penjelasan tanda-tanda orang yang mengalami midlife crisis atau krisis paruh baya:

Mempertanyakan sesuatu terlalu dalam
Orang yang mengalami krisis paruh baya akan mempertanyakan banyak hal tentang keadaan hidupnya sekarang. Hal ini dipicu dengan perasaan tidak cocok atau pun mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan keadaan baru.

Saat-saat seperti ini, pertanyaan yang muncul bersinggungan dengan rasa menyesal atas hal-hal yang belum atau tidak dilakukan selama hidup.

Kurang berpikir panjang
Perasaan tak menentu atas keadaan diri biasanya memicu pengambilan keputusan secara terburu-buru. Orang yang mengalami krisis seperti ini akan melakukan hal tanpa berpikir panjang, bahkan jika diukur sesuai dengan usianya. Pengalaman hidup selama ini tidak dihiraukan, karena adanya ketakutan diri akan tertinggal oleh keadaan sekitar.

Apalagi ditambah dengan keadaan fisik yang sudah tidak sebaik saat muda dulu.Dalam memutuskan sesuatu, orang yang mengalami krisis paruh baya bukan tidak menyadari risikonya, tetapi mereka justru menginginkan perhatian lebih. Bahkan, jika perhatian tersebut berbentuk negatif.

Bosan
Midlife crisis akan membuat orang merasa tidak ada lagi yang menarik dari hidupnya. Tidak ada kegiatan yang dilihat memiliki makna atau pun manfaat. Ketika ini terjadi, maka kemungkinan yang terjadi adalah mencari perhatian secara berlebihan. Mungkin juga malah berhenti bergerak dan tidak peduli pada apa pun.

Untuk orang yang cenderung mencari perhatian secara berlebihan, ia akan melakukan hal-hal yang sudah diketahui memiliki dampak buruk. Sebaliknya, untuk orang yang cenderung menghindar dan tidak peduli pada apa pun, interaksi dengan manusia lain akan dianggap sangat mengganggu. 

Berpikir untuk selingkuh
Para ahli psikologi meyakini saat masuk usia paruh baya, laki-laki akan mulai menyadari bahwa masa mudanya telah berlalu. Menjalin hubungan baru dengan perempuan yang lebih muda sebenarnya hanya bentuk pengingkaran (denial) atas kenyataan bahwa dirinya sudah tidak muda lagi. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3134jBV

Boros 
Banyak lelaki punya masa lalu yang serba susah, beli apa-apa tidak mampu padahal barang tersebut sangat diidamkan. Krisis paruh baya bisa membangkitkan lagi keinginan-keinginan terpendam, maka tak heran di usia itu banyak laki-laki beli mobil bagus atau barang-barang mahal meski mungkin tidak terlalu penting.

Sering bercermin
Bentuk lain dari pengingkaran atas masa muda yang telah berlalu adalah dengan lebih menjaga penampilan. Laki-laki yang mendadak jadi suka menghabiskan banyak waktu di depan cermin dan mengoleksi baju-baju modis adalah tanda-tanda sedang krisis paruh baya.

Kehidupan seks berubah
Jika pasangan tiba-tiba tidak tertarik lagi untuk berhubungan seks, atau gairahnya tampak sangat meredup maka amati juga gejala krisis paruh baya yang lain.

Kebanyakan laki-laki akan kehilangan gairah seks dengan pasangan resminya ketika sedang mengalami kegalauan terkait usia atau karena memang punya selingkuhan.

Mengenang masa lalu
Krisis paruh baya juga membuat lelaki jadi lebih seirng membicarakan kenangan-kenangan masa lalu, seperti teman-teman sekolah, guru-gurunya dan juga pengalaman cinta pertama. Bahkan terkadang disertai dengan penyesalan-penyesalan dalam bentuk pertanyaan, 

Depresi
Krisis paruh baya ini bukanlah masalah medis, namun krisis paruh baya dapat mencetuskan depresi. Merasa gelisah atau khawatir mengenai bagian besar dalam hidup dan merasa bahwa hanya tersisa sedikit waktu untuk membuat perubahan.

Tekanan ini ditandai oleh kesadaran bahwa tampilan fisik sudah berubah atau stamina sudah tidak sebaik dulu. Gangguan kejiwaan ini ditandai dengan wajah yang selalu murung.

Tanda-tanda krisis paruh baya lainnya seperti kebimbangan,kenaikan atau penurunan berat badan, perubahan besar pada pola tidur, tidak ingin menjaga kebersihan diri, dan suasana hati mudah berubah drastis seperti marah, sedih, cemas.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pengaruh usia pada kesuburan pria dan dampaknya
Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Bagi perempuan, usia memang sangat memengaruhi kesuburan. Ternyata, hal ini tidak dialami perempuan ...
Angka kematian pasien Covid-19 Kota Malang lebih tinggi dari Nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:58 WIB
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Malang lebih tinggi dari angka kematian nasional.
Dua karyawan positif Covid-19, AEON Mall Tangerang tutup sementara
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup operasional sementara AEON Mall, Pagedangan, Tangeran...
Miliki alat PCR, RS Bhayangkara TK.III Banjarmasin siap tangani Covid-19 di Kalsel
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:11 WIB
Agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijo...
Guru Besar UGM: Penemuan obat COVID-19 tidak mudah
Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:37 WIB
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati menyampaikan bahwa ...
Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbagi hidup dengan orang lain memang tak selalu mudah sehingga dibutuhkan kesabaran dan sikap sali...
Kasus positif COVID-19 Jakarta bertambah 357
Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta pada Rabu mencapai 23.266 kasus atau mengalami peningkatan 357...
Plt Walikota Medan positif Covid-19
Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:56 WIB
 Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfe...
Minuman kesehatan masa depan ini hadir di Indonesia
Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:24 WIB
Kesehatan sangat mahal dan bahkan tidak ternilai harganya. Sibuk bekerja dan beraktivitas menyebabka...
Apa penyebab gairah seksual pada wanita menurun?
Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Gairah seksual setiap orang berbeda-beda, baik gairah wanita maupun pria. Wanita kerap disebut lebih...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV