Inspirasi Benaya Tiarno, pengusaha muda yang sukses jalankan bisnis pulsa
Elshinta
Minggu, 14 Juni 2020 - 20:44 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
Inspirasi Benaya Tiarno, pengusaha muda  yang sukses jalankan bisnis pulsa
Sumber foto: istimewa

Elshinta.com - Peluang bisnis di era pesatnya teknologi digital sangatlah banyak. Kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi, misalnya, melahirkan beragam bisnis potensial untuk dijajal, salah satunya bisnis pulsa. 

Pulsa bukan hanya sekadar saldo untuk berkomunikasi, melainkan telah berkembang menjadi alat transaksi untuk jual beli online. Sudah banyak online shop yang memfasilitasi pembelian dengan cara membayar menggunakan saldo pulsa sebagai saldo rekening. Sebab, tak semua pembeli memiliki rekening bank.

Hal ini pula yang menginspirasi Benaya Tiarno untuk menerjuni bisnis jual-beli pulsa secara online. Ide tersebut berangkat dari pemikirannya, dengan menjual pulsa secara online akan membantu banyak pemilik olshop yang ingin menukarkan saldo pulsanya menjadi saldo rekening.

Lalu, Benaya pun mendirikan BStore Pedia pada 2019 lalu. Ia mengaku, platformnya tersebut akan memudahkan penjual online (online shop) yang bingung ketika akan menukarkan pulsa hasil penjualan.

Ide kreatifnya itu pun membuahkan hasil. Dengan berjualan pulsa harga terjangkau, ia mampu meraup keuntungan antara 10–20 juta sebulan. "Saya mulai menekuni bisnis jual-beli pulsa online ini di usia 19 tahun. Agar mendapatkan hasil maksimal gunakanlah media sosial dengan bijak untuk menarik banyak pelanggan sehingga bisnis menjadi berkembang," sebut Benaya, yang masih mengenyam pendidikan S-1 di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Sukses menangguk untung hingga puluhan juta, Benaya membeberkan potensi bisnis jual-beli pulsa online. "Era sekarang ini sudah serba digital, termasuk bisnis pulsa. Bahkan pulsa ini nantinya bisa digunakan untuk alat pembayaran pengganti saldo ATM ataupun e-wallet yang sudah ada. Tentu akan sangat membantu terutama bagi masyarakat yang tidak  memiliki ATM agar tetap bisa berbelanja online dengan membayar menggunakan pulsa," ungkapnya.

Untuk menjaring para konsumennya, Benaya pun aktif di media sosial seperti Instagram. Sejak 2019 hingga sekarang, akun IG miliknya @benayatiarno, sudah memiliki lebih dari 50.000 pengikut.

Namun, dirinya juga mengakui jika membangun bisnis jual-beli pulsa online ini juga tidaklah mudah. Ada berbagai tantangan yang harus dilaluinya. "Misalnya, belum semua orang mengerti sistem jual-beli pulsa yang familiar disebut convert pulsa ke saldo ATM.

"Ini kendala utama yang harus dihadapi. Saya sendiri harus terus mengedukasi pelanggan dan promosi kepada teman-teman bahwa pulsa bisa digunakan untuk pembayaran belanja online dengan cara menukarkan pulsa tersebut," jelasnya.

Saat ini Benaya menghandel lebih dari 10 karyawan di rumahnya untuk membantu dirinya melayani setiap pembeli yang bertransaksi, baik menjual pulsa atau membeli pulsa melalui bisnisnya tersebut.

Ke depan, ia bakal terus mengembangkan bisnisnya. Bukan hanya melalui platform Instagram, tapi juga bisa merambah dengan menggandeng ecommerce di Indonesia.
 
Atas prestasi dan kesuksesannya dalam bisnis jual-beli pulsa, ia pun tak segan memberikan kiat suksesnya. "Sukses di usia muda bisa dilakukan oleh siapapun. Yang harus diingat, modal itu bukan fakor terpenting dalam membangun bisnis, akan tetapi yang jauh lebih utama adalah niat dan kegigihan untuk mau berusaha dan memulai semua dari nol," tegasnya.

Menurutnya, jika setiap milenial memiliki modal yang besar, namun tidak diiringi dengan niat dan kegigihan untuk menjadi sukses, hingga kapanpun mereka tidak akan pernah menjadi orang yang sukses.

Sebelumnya, Benaya adalah seorang reseller voucher game online yang aktif di Facebook (pada 2012 hingga 2017). Bisnis tersebut tidak berjalan baik, hingga kemudian dirinya memutuskan untuk mengubah haluan dengan berbisnis pulsa online yang kini menuntunnya menuju kesuksesan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Naomi Susan ciptakan terobosan peluang bisnis di tengah pandemi
Minggu, 13 September 2020 - 10:37 WIB
Nama Naomi Susan memang identik dengan sebuah terobosan baru dalam menciptakan peluang usaha. Setela...
Nurlinda Dwi Sukti, dulu sales dealer motor kini jadi pengusaha beromzet ratusan juta
Minggu, 23 Agustus 2020 - 19:40 WIB
Namanya Nurlinda Dwi Sukti. Pebisnis kelahiran tahun 1993 asal Makassar ini memang sejak kecil sudah...
Inspirasi sukses Mega Dwi Cahyani, `artis TikTok` dengan 7,8 juta followers
Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:23 WIB
Wanita bernama lengkap Mega Dwi Cahyani kelahiran Purwodadi, 01 September 1999 ini dikenal sebagai s...
Rumus sukses dr Richard `Midas` Lee kembangkan bisnis kliniknya
Senin, 10 Agustus 2020 - 20:40 WIB
dr. Richard Lee merupakan seorang inovator dalam dunia bisnis estetika. Dirinya sukses mengembangkan...
Chandra Setiawan Kusuma, anak muda beromzet Rp5 M setahun
Senin, 03 Agustus 2020 - 17:17 WIB
Berawal dari perjalanannya menjadi reseller paket tour travel secara online, hingga di usianya yang ...
Kisah sukses entrepreneur muda Jenny Fransisca di bisnis digital
Senin, 13 Juli 2020 - 14:39 WIB
Jenny Fransisca namanya. Saat ini masih duduk di bangku SMA di Provinsi Aceh. Meski usianya masih be...
Jehian Panangian Sijabat, manager milenial bagi para influencer di luar negeri
Jumat, 10 Juli 2020 - 17:03 WIB
Kejeliannya dalam menagkap peluang bisnis di era digital patut diacungi jempol. Pria bernama lengkap...
Samuel Christ, YouTuber asal Makassar yang mendulang prestasi di Amerika
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:17 WIB
Pria bernama lengkap Samuel Christ kelahiran Malang, 5 Mei 2000 ini dikenal sebagai konten kreator Y...
Carousel, berawal dari bisnis clothing kini ekspansi ke bisnis animasi dan konser musik
Selasa, 30 Juni 2020 - 09:15 WIB
Carousel merupakan salah satu brand clothing di Indonesia yang menggunakan karakter hewan sebagai co...
Swain Mahisa Ardana, sukses berbisnis dan populer di dunia musik
Kamis, 18 Juni 2020 - 06:10 WIB
Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, karier Swain Mahisa Ardana cukup mentereng. Soal talentanya...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV