Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Elshinta
Jumat, 12 Juni 2020 - 10:10 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hn40r4

Elshinta.com - Kamar tidur adalah salah satu ruangan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Jadi sangat penting untuk membuat kamar tidur terasa nyaman.

Bagaimana jika kamar tidur tidak cukup besar? Penghuni memang harus mencari akal agar ruang yang kecil tak terasa sesak. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Ubah warna cat dinding 
Alasan warna-warna terang seperti biru muda, kuning muda cerah, pink, abu-abu muda terutama putih sering digunakan pada hotel adalah karena warna ini memantulkan cahaya sehingga membuat kamar tidur terasa lebih bersih, terang, dan lapang.

Jika ingin menggunakan dua warna maka pilih warna terang dengan gradasi senada. Cara lain adalah dengan mengecat bingkai pintu dan langit-langit menggunakan warna yang lebih muda dari warna dinding. Ini akan memberi ilusi ruangan yang lebih luas.

Jendela 
Cahaya alami adalah kunci untuk menciptakan kesan luas. Buat jendela yang dapat memberi jalan bagi sinar matahari pagi menerangi seluruh kamar tidur.

Cat bingkai jendela dengan warna terang dan bersihkan jendela secara teratur. Jendela yang terang dan bersih akan membuat kamar tidur terasa lapang.

Tirai 
Gunakan tirai dengan menggantungnya dengan tepat. Gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meski jendelanya berukuran kecil.

Selain itu, pilih juga jenis tirai atau gorden jendela yang sesuai ukuran kamar. Dengan cara ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2XR1cei

Mendekor ruangan
Putuskan ingin mendekor ruangan dengan pola vertikal atau horisontal. Keduanya sama-sama bisa membuat kesan lebih lapang, tapi jangan campur aduk keduanya.

Misalnya, sebagian motif dan penyusunan furnitur dalam kamar tidur memanjang ke atas tapi tiba-tiba ada satu motif yang melebar. Pola memotong akan membuat ruang terasa sempit.

Atur perabotan
Pilih perabotan yang memiliki kaki-kaki langsing, tidak berat dan tebal, serta berwarna terang atau bahkan transparan, dan kalau bisa multifungsi. Semakin mungil perabotan yang diletakkan di dalam kamar tidur yang mungil, akan memberi efek meluaskan.

Gunakan meja dan kursi yang memiliki sandaran rendah akan memberi ruang lebih banyak. Selain itu batasi perabotan dalam kamar tidur karena semakin banyak perabotan maka akan semakin penuh dan terasa sesak.

Tidur di bawah
Pilih ranjang dengan ukuran yang kecil dan tidak memiliki banyak ornamen, sehingga tidak menghabiskan ruang dengan sia-sia. Jika perlu, pilihlah ranjang yang bagian bawahnya terlihat kosong untuk menciptakan kesan luas dan terbuka.

Atau bisa juga dengan menggelar saja kasur di lantai atau melipat alas tidur saat tidak dipakai. Ini akan membuat jarak antara perabotan dan langit-langit jauh, memberi kesan kamar tidur lebih luas.

Lemari dinding 
Lemari yang tinggi hingga menyentuh langit-langit kamar akan memberi ilusi, menarik perhatian pada garis memanjang. Lemari yang besar ini juga bisa jadi tempat penyimpanan baju dan barang-barang agar tak berserak di kamar tidur.

Cermin
Jika diletakkan secara tepat, maka cermin akan membuat ruang makin terasa luas. Pilihlah jenis cermin yang tidak memiliki banyak ornamen di sekitarnya dan jangan lupa pilihlah cermin dengan ukuran yang memanjang.

Pasang cermin pada bidang dinding yang kosong, pintu kamar, sudut ruangan, pintu lemari, atau dekat jendela adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba. Namun jika tidak merasa nyaman melihat bayangan sendiri saat tidur, tidak perlu dipaksakan. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3dVTOnw

Ruang kosong
Semungil apapun kamar tidur, sisakan sedikit ruang kosong untuk memberi ruang untuk 'bernapas'. Ini akan mengistirahatkan mata saat melihat sekeliling kamar tidur dan membuat otak berpikir. Ruang kosong bisa dibuat tidak hanya di lantai, tapi juga dinding yang tak dipenuhi karya seni, foto, maupun rak yang tak perlu.

Rapi
Barang yang berserakan di mana-mana akan membuat kamar tidur makin terasa sesak. Sebisa mungkin simpan baju, tas, dan segala pernak-pernik dalam laci dan lemari. Singkirkan barang-barang yang tak penting dan tata dengan rapi barang yang digunakan sehingga kamar terasa lega. 

Sprei dan selimut
Pemilihan sprei dan selimut juga berperan dalam membuat kamar tidur terasa luas atau tidak. Karena itulah, hindari memilih sprei dan selimut yang terlalu tebal dan ramai (seperti berjumbai) karena bisa memunculkan kesan yang sempit.

Selain itu, pilihlah sprei dan selimut dengan warna-warna yang netral dan juga cerah. Untuk menambah estetika, gunakan warna-warna ceria pada sarung bantal. 

Rak melayang 
Gunakan rak melayang atau rak dinding dan letakkan di atas tempat tidur. Posisinya bisa berada di dinding sebelah tempat tidur atau di dinding bagian kepala tempat tidur. Beri jarak yang cukup antara rak melayang dengan ruang gerak tubuh agar tidak tersenggol saat bangun atau ketika hendak tidur.

Mengaplikasikan wallpaper 
Agar bisa memberikan efek khusus, pilihlah wallpaper dengan motif garis vertical yang bisa membuat interior kamar terlihat lebih tinggi dari ukuran aslinya. Tidak perlu menggunakan warna yang mencolok, motif garis vertikal hitam dan putih saja sudah cukup memberikan efek yang kuat.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
 Apa yang harus dipersiapkan sebelum membeli kavling tanah?
Jumat, 24 Juli 2020 - 10:24 WIB
Lokasi tanah kavling yang cenderung strategis dan peluang pengembangan nilai yang cukup besar menjad...
Apa untung ruginya membeli rumah baru dan rumah bekas?
Kamis, 16 Juli 2020 - 10:59 WIB
Rumah seperti properti lain pada umumnya, cenderung selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke...
Bagaimana memilih cat rumah agar hasilnya sesuai keinginan?
Jumat, 10 Juli 2020 - 13:21 WIB
 Banyak orang masih kebingungan saat akan memilih warna cat rumah. Alasan utamanya adalah takut jik...
 Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat memilih furnitur rumah
Jumat, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB
emilihan furnitur yang tepat ikut memberi andil dalam kenyamanan sebuah rumah. Namun banyak orang ja...
 Menata dapur sempit sederhana agar terasa luas
Jumat, 26 Juni 2020 - 10:19 WIB
Di beberapa rumah, dapur menjadi area yang tak terlalu diperhatikan kenyamannya. Salah satu alasanny...
 Apa saja peluang usaha sekitar dunia properti?
Jumat, 19 Juni 2020 - 10:10 WIB
 Selain tiga profesi dalam usaha di bidang properti seperti perantara, agen properti, dan developer...
 Bagaimana membuat kamar tidur mungil agar terkesan luas?
Jumat, 12 Juni 2020 - 10:10 WIB
Kamar tidur adalah salah satu ruangan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Jadi sangat pen...
 Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum sewa apartemen?
Jumat, 05 Juni 2020 - 11:05 WIB
Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi alternatif bagi orang-orang yang hidup di perkotaan. Ber...
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV