Daerah-daerah dengan penambahan positif COVID-19 paling banyak hingga Kamis, ini datanya
Elshinta
Jumat, 29 Mei 2020 - 06:33 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Daerah-daerah dengan penambahan positif COVID-19 paling banyak  hingga Kamis, ini datanya
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Foto: Humas BNPB

Elshinta.com - Jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, per hari Kamis (28/5), ada sebanyak 687 orang sehingga totalnya menjadi 24.538. Dari jumlah itu, penambahan jumlah kasus positif paling banyak terdapat di Jawa Timur, kemudian Kalimantan Selatan, Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

“Kenaikan ini kita dapatkan cukup banyak di Provinsi Jawa Timur ini ada 171 kasus, kemudian Kalimantan Selatan 116, di DKI Jakarta 105, Sulawesi Selatan 46, kemudian di Sumatera Utara 30 kasus,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis. 

Dalam hal ini, angka penambahan kasus di DKI Jakarta yang paling banyak adalah dari para Warga Negara Indonesia (WNI) repatriasi atau yang pulang dari luar negeri. Menurut Yuri, para WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu telah dirawat secara intensif di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

"DKI Jakarta ini didominasi oleh saudara-saudara kita yang baru kembali, karena bekerja di luar negeri, dan kita harus melakukan skrining terhadap mereka, dan hari ini cukup banyak juga yang kita dapatkan. Seluruhnya kita rawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet,” jelas Yuri, seperti diinformasikan melalui laman resmi BNPB. 

Sementara itu, Yuri juga merincikan wilayah yang nihil penambahan kasus, meliputi Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Kemudian untuk wilayah yang ada satu penambahan kasus adalah Aceh, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Adanya kasus nihil tersebut sekaligus menjadi tantangan terbesar bagi masing-masing wilayah untuk mempertahankannya.

Selanjutnya, papar Yuri, apabila melihat hitungan hari ke hari, Provinsi Kalimantan Selatan terdapat penambahan cukup banyak kasus positif COVID. Akan tetapi, Yuri menyatakan, bahwa Jawa Timur menjadi wilayah yang paling banyak meski telah mengalami penurunan hingga 28 orang jika dibanding data hari sebelumnya, Rabu (27/5).

"Kalau kemudian kita hitung dari hari ke hari, maka terlihat, bahwa memang hari ini penambahan yang cukup banyak itu adalah Kalimantan Selatan, karena kemarin 73, sekarang jadi 116. Sementara kalau kita lihat Jawa Timur, memang saat ini paling tinggi, tetapi sebenarnya hakekatnya, kemarin tuh 199, sekarang jadi 171, artinya ada penurunan dibanding dengan kemarin,” jelas Yuri.

Lebih lanjut, Yuri mengajak masyarakat agar memahami bahwa apa yang disimpulkan melalui data dari 34 Provinsi dan 412 Kabupaten/Kota tersebut dipengaruhi oleh dinamika sosial. Oleh sebab itu, Yuri juga mengimbau agar masyarakat dapat lebih berdisiplin kembali dan mematuhi anjuran pemerintah untuk memutus rantai COVID-19 di Tanah Air.

“Inilah yang menjadi perhatian kita, bahwa masih ada beberapa daerah yang memang gambaran grafiknya sudah mulai menurun, ada yang melandai, tetapi ada beberapa yang naik. Kita memaklumi kondisi ini, karena memang dinamika sosial yang berada di provinsi satu dengan yang lain tidak sama,” jelas Yuri.

“Proses penularan masih terjadi. Artinya, kita memang harus betul-betul lebih berdisiplin kembali, untuk mematuhi seluruh anjuran pemerintah. Kita harus mulai mengaktifkan kembali cara-cara hidup dengan kenormalan yang baru,” pungkas Yuri.

Selain data penambahan kasus positif, Gugus Tugas juga merinckan data total pasien sembuh menjadi 6.240 setelah ada penambahan 183 orang dan kasus meninggal menjadi 1.496 dengan penambahan 23 orang.

Adapun akumulasi data kasus tersebut diambil dari hasil uji pemeriksaan spesimen sebanyak 289.906 yang dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 87 laboratorium, Test Cepat Melokuler (TCM) di 50 laboratorium dan Laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM) di 167 lab. Secara keseluruhan, 201.311 orang telah diperiksa dan hasilnya 24.538 positif dan 176.773 negatif.

Kemudian untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau ada sebanyak 48.749 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih diawasi ada 13.250 orang. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pantau penanganan COVID-19 di Jatim, Menteri Terawan ngantor di Surabaya
Minggu, 12 Juli 2020 - 17:29 WIB
Masih tingginya jumlah kasus COVID-19 di Jawa Timur, mendapat perhatian serius Menteri Kesehatan (Me...
Jenazah terduga teroris yang ditembak di Sukoharjo diambil keluarganya
Minggu, 12 Juli 2020 - 17:10 WIB
Jenazah MJI alias IA, terduga teroris yang ditembak Densus 88 Antiteror dalam penangkapan di Dukuh N...
Pasien sembuh dari COVID-19 terus bertambah jadi 35.638
Minggu, 12 Juli 2020 - 16:55 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan sampai dengan saat ini p...
Kasus positif COVID-19 Kota Jayapura bertambah jadi 1.248 orang
Minggu, 12 Juli 2020 - 16:40 WIB
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura, Provinsi Papua, Ni Nyoman Sri ...
Manggarai Barat belum cairkan dana insentif petugas medis COVID-19
Minggu, 12 Juli 2020 - 14:33 WIB
Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur belum mencairkan dana insentif bag...
Wajib terapkan protokol COVID-19, pernikahan sudah diizinkan di Jambi
Minggu, 12 Juli 2020 - 14:27 WIB
Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi mulai Juli 2020 ini telah mengizinkan penyelenggaraan pernikah...
Menhan: Kasad ingin lulusan Akmil jadi pemimpin medan tempur
Minggu, 12 Juli 2020 - 13:29 WIB
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengatakan bahwa Kepala Staf TNI Angkatan D...
Gugus Tugas siapkan aturan pemotongan hewan kurban
Minggu, 12 Juli 2020 - 13:12 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyiapkan aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurb...
Kemenhub: Bandara Muhammad Sidik rencananya diresmikan Presiden Jokowi
Minggu, 12 Juli 2020 - 11:39 WIB
Bandar Udara Haji Muhammad Sidik di wilayah Desa Trinsing Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Uta...
Langgar disiplin protokol kesehatan, sejumlah kafe di Kudus terkena peringatan keras
Minggu, 12 Juli 2020 - 10:57 WIB
Pemerintah Kabupaten Kudus sedang menggencarkan upaya dalam mempersiapkan `new normal`. Kedisiplinan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV