Kesalahan yang perlu dihindari saat memakai sheet mask
Elshinta
Senin, 04 Mei 2020 - 10:06 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Kesalahan yang perlu dihindari saat memakai sheet mask
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3b0UZzM

Elshinta.com - Sheet maks atau masker kecantikan memang sangat mudah digunakan karena hanya cukup ditempelkan di wajah dan didiamkan beberapa saat, kemudian bisa langsung merasakan manfaatnya. Fungsi sheet mask tidak hanya untuk menenangkan kulit, tapi nutrisi di dalamnya juga bermanfaat membuat kulit lebih mulus.

Tapi jika salah dalam menggunakan sheet mask, maka hasilnya bisa tidak sesuai yang diharapkan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kesalahan saat memakai sheet mask yang perlu wanita ketahui:

Kulit wajah kotor
Jangan pakai sheet mask saat wajah belum benar-benar bersih. Aturan pemakaian sheet mask sama dengan makeup. Wajah harus dibersihkan dari kotoran agar permukaan kulit benar-benar higienis sehingga nutrisi dalam sheet mask bekerja maksimal. Pastikan lakukan double cleansing sebelum menggunakan sheet mask. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fhnTyY

Menggunakan moisturiezer 
Menggunakan moistureizer sebelum masker adalah cara pakai sheet mask yang salah. Sebab moisturizer tidak dibutuhkan sebelum pakai sheet mask. Pakailah moisturizer setelah pakai sheet mask untuk mengunci kelembaban.

Terlalu lama
Tidak benar bahwa semakin lama memakai sheet mask semakin baik. Sheet mask bukanlah sleeping mask yang bisa dibawa tidur semalaman. 

Memakai sheet mask terlalu lama bisa memperburuk kondisi kulit. Jika sheet mask terlalu kering, maka kelembapan yang ada di kulit bisa terserap ke tisu. Akibatnya, kulit akan terangsang untuk memproduksi pelembap lebih banyak. Sehingga akan memicu jerawat maupun komedo. 

Sebaiknya, sebelum memakai sheet mask pastikan membaca dan memahami petunjuk cara pemakaiannya, agar sesuai dan tepat sasaran. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2WBXaor

Mencuci wajah
Sejumlah orang tak nyaman dengan essence yang terlalu basah menempel di wajah setelah pakai sheet mask. Tapi, justru itu bahan-bahan terbaik yang akan diserap kulit. Jangan mencuci wajah setelah pakai sheet mask sebab akan membuang bahan-bahan terbaik untuk melembabkan kulit.

Tidak memanfaatkan essence 
Setelah mendiamkan sheet mask selama 10 hingga 15 menit, sisa-sisa essence masih cukup banyak. Jangan langsung membuangnya. Peras essence dan pulaskan di bagian leher hingga dada. 

Tidak menepuk-nepuk wajah
Saat memakai sheet mask sebaiknya dengan menepuk-nepuk kulit wajah agar cairan terserap maksimal. Namun jika jenis kulit sensitif dan ragu, sebaiknya bersihkan wajah setelah menunggu sebentar sisa essens yang sudah terserap.

Tidak menggunakan skincare lain
Walaupun setelah mengaplikasikan sheet mask bisa mendapatkan manfaat dari essence yang tersisa, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan kulit lainnya. Agar mendapatkan nutrisi lainnya yang tidak ada pada sheet mask.

Produk yang dapat digunakan adalah serum dan pelembap. Kedua produk ini saat diaplikasikan akan mengunci nutrisi dan kelembapan kulit yang dibutuhkan saat tidur. Selain itu, kulit wajah juga akan teregenerasi dengan baik.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fgCzyf

Tidak memerhatikan kandungannya
Karena jenis kulit berbeda-beda, sehingga tidak semua varian sheet mask bisa cocok di kulit semua orang. Untuk itu wanita harus cermat memilih kandungan yang sesuai dengan kulit agar tidak over-hydrating atau mengalami kelembapan berlebih yang akhirnya memicu bruntusan.

Untuk kulit kering, pilih masker yang mengandung pelembap dan kaya asam hialuronat, vitamin B5, vitamin C, serta ekstrak buah murbei. Untuk kulit berjerawat, pilih sheet mask yang mengandung minyak pohon teh untuk mengurangi minyak berlebih. Adapun kulit berminyak, pilih masker yang mengandung vitamin C atau teh hijau untuk mengontrol minyak.

Pemakaian terlalu sering
Intensitas pemakaian yang terlalu sering terutama untuk kulit yang sudah cukup lembap dan berminyak tidak baiik. Untuk kulit berminyak, cukup menggunkan sheet mask 1-2 kali seminggu atau bisa hingga 3 kali jika memang kulit dirasa cukup dehidrasi. 

Sedangkan untuk kulit kering penggunaan 2-3 kali per minggu. Tidak perlu menggunakan sheet mask hingga setiap hari. Penggunaan yang terlalu sering atau berlebihan bisa menyebabkan kulit, khususnya yang jenisnya berminyak, jadi mengalami kelembapan berlebih sehingga akhirnya bruntusan.
 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa saja kosmetik yang wajib dimiliki wanita?
Senin, 06 Juli 2020 - 13:10 WIB
Banyak wanita merasa tidak percaya diri ketika tampil tanpa make up. Wanita membutuhkan makeup untuk...
Hentikan kebiasaan ini agar pori-pori kulit wajah tak tersumbat
Senin, 29 Juni 2020 - 10:32 WIB
Ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan tanpa disadari justru malah menyebab...
 Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat membersihkan makeup wajah?
Senin, 22 Juni 2020 - 11:05 WIB
Ternyata banyak wanita yang masih salah saat membersihkan riasan wajah. Kesalahan itulah yang membua...
 Ketahui warna undertone kulit, agar tak salah pilih pakaian maupun produk kosmetik
Senin, 15 Juni 2020 - 10:30 WIB
Undertone berbeda dengan warna kulit. Orang yang memiliki warna kulit yang sama belum tentu memiliki...
Skincare dengan kandungan niacinamide ini banyak dipakai para beauty influencer
Rabu, 10 Juni 2020 - 08:30 WIB
Baru-baru ini, dunia skincare digemparkan dengan produk lokal terbaru dengan manfaatnya untuk mencer...
 Kesalahan makeup pada wanita usia 40-an
Senin, 08 Juni 2020 - 11:09 WIB
Perlu siasat tersendiri untuk berdandan ketika wanita sudah memasuki usia 40 tahun. Masalah kerutan ...
 Penyebab rambut lepek bisa dari kebiasaan yang sering tidak disadari
Rabu, 03 Juni 2020 - 10:33 WIB
Ciri rambut lepek yang paling mudah dideteksi adalah kulit kepala berminyak, akar rambut kempes dan ...
Bagaimana memilih krim mata yang aman digunakan?
Selasa, 26 Mei 2020 - 10:30 WIB
Daerah sekitar mata cenderung mengalami masalah akibat beberapa faktor eksternal dan internal. Sebu...
Apakah semua wanita harus menggunakan krim mata?
Senin, 18 Mei 2020 - 11:22 WIB
Sejumlah produk perawatan kulit dan wajah sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib ada. Mulai dari p...
 Produk skincare apa yang tetap harus digunakan meski di rumah saja?
Selasa, 12 Mei 2020 - 12:02 WIB
Saat berada di rumah, kebanyakan wanita justru kurang memperhatikan perawatan wajah. Padahal kesehat...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV