Bagaimana menjadi ayah idola bagi anak?
Elshinta
Selasa, 21 April 2020 - 13:56 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana menjadi ayah idola bagi anak?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2XTAWjF

Elshinta.com - Ketika seorang ayah harus bekerja seharian di kantor, maka anak memang lebih banyak menghabiskan waktu bersama ibunya. Terlebih, jika ayah bekerja di luar kota. Ketidak hadiran sosok ayah menimbulkan jarak bagi keluarga. Waktu bersama keluarga pun menjadi sangat langka. 

Lalu bagaimana caranya agar ayah tetap bisa dekat dengan anak? Bagaimanapun kendalanya, keluarga bagi seorang ayah tetaplah menjadi yang pertama. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara menjadi ayah idola bagi anak:

Kenali dunia anak
Jika ingin menjadi teman yang baik untuk anak, kenalilah dunia mereka. Anak-anak mempunyai pola pikir yang jauh berbeda dengan orang dewasa. Mereka menciptakan dunia mereka sendiri yang kadang tidak bisa dimengerti oleh orang tua.

Meski begitu, cobalah untuk masuk ke dunia mereka. Ketika pulang kerja dan mendapati anak bermain dengan mainannya, mendekatlah dan ikut bergabung. Minta anak bercerita tentang mainannya.

Luangkan waktu
Seorang ayah tetap harus punya waktu untuk keluarga. Cobalah untuk meluangkan waktu khusus dan manfaatkan waktu tersebut untuk lebih dekat dengan anak. Bagaimana pun keluarga adalah tempat terbaik untuk melepas segala penat. Di rumah, akan selalu ada orang-orang yang menanti kedatangan ayah.

ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2RW3N3b

Kasih sayang
Hubungan dengan keluarga tidak selalu harmonis. Setiap keluarga pasti pernah berkonflik. Di saat seperti inilah peran ayah sebagai kepala keluarga diperlukan. Berikan cinta tak bersyarat untuk anak dan istri.

Saat ada masalah tentang pekerjaan atau hal lain,jangan terbawa emosi dan melampiaskannya kepada keluarga. Sering-seringlah berdiskusi dengan istri tentang bagaimana seharusnya menjadi ayah yang baik. 

Ikut berperan 
Ayah juga mengambil peran dalam mengurus sekolah anak. Tidak ada salahnya mencari tahu perkembangan anak di sekolah. Sesekali usahakan ayah juga bisa datang ke pertemuan orang tua dan guru.

Ayah yang mendukung sekolah anak akan menyumbangkan semangat yang luar biasa bagi anak. Mereka akan merasa didukung oleh kedua orangtuanya. Semangat untuk belajar dan menjadi lebih baik pun akan tumbuh dalam diri anak.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3an0usk

Konsisten
Orang tua tidak boleh bertindak sesuka hati. Mendidik anak harus konsisten. Peraturan di dalam rumah, bukan hanya anak dan istri yang harus mematuhinya, tetapi juga ayah.

Membantu anak
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terjadi hubungan antara perilaku agresif anak dengan keterlibatan ayah dalam kehidupan anak. Anak laki-laki yang memiliki waktu lebih sedikit dengan ayahnya saat kecil, lebih banyak menunjukkan perilaku agresif.
Oleh sebab itu ayah juga harus berusaha menjalin kedekatan dan kebersamaan, agar bisa mengetahui jika anak sedang menghadapi masalah dan membantu mencari solusinya.

Tanamkan perilaku positif
Sudah menjadi karakter khas anak mudah terpengaruh lingkungan sekitar. Namun semakin dekat hubungan ayah dan anak, semakin tinggi tingkat pengaruh perilaku seorang ayah kepada anaknya.

Inilah kesempatan baik bagi ayah untuk menanamkan nilai dan perilaku positif bagi anak. Dengan demikian ayah akan menjadi role model. Itulah pentingnya waktu ayah untuk anaknya.

Mendengarkan
Saat anak membutuhkan ayah, luangkan waktu mendengarkannya. Ayah bisa menghentikan sejenak hal yang sedang ayah kerjakan. Mulailah untuk mendengarkan anak.

Biasakan pula mengirim pesan pendek untuk anak, apalagi ketika anak beranjak remaja. Bukan pesan pendek yang mengintimidasi atau penuh pertanyaan, namun yang menunjukkan ayah pun punya perhatian dengan keseharian anak.  

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2VJCIRT 

Tidak pernah membanding-bandingkan
Setiap anak adalah spesial. Terus-menerus membandingkan anak hanya akan menurunkan harga diri mereka. Jangan biarkan anak menjadi kehilangan rasa percaya diri.

Motivasi anak
Alangkah baiknya bila seorang ayah tahu apa potensi, bakat, dan minat anak, kemudian memotivasi untuk meraih segala cita-cita yang mereka inginkan. Hindari sikap pemaksaan kehendak atau terlalu mengatur. 

Kenali teman-teman anak 
Di masa remaja, anak-anak begitu haus akan hubungan pertemanan dan sosial. Terkadang, mereka akan lebih senang menuruti apa kata teman-temannya. Karena itu, cobalah untuk mengenal teman-teman dan dekati mereka. 

Tunjukkan sikap bersahabat, bahwa ayah menerima mereka di rumah. Dari keramahan dan sikap bersahabat, para remaja akan lebih merasa dipercaya. 

 

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Psikolog UI jelaskan pentingnya waktu luang ayah untuk anak meski WFH
Minggu, 11 April 2021 - 14:11 WIB
Psikolog anak dan keluarga dari LPT Universitas Indonesia Mira Damayanti Amir mengatakan bahwa penti...
Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadan
Sabtu, 10 April 2021 - 11:47 WIB
Tahun ini menjadi tahun kedua warga muslim Indonesia harus menjalani ibadah puasa Ramadhan di rumah ...
Pentingnya `me time` bagi orang tua dengan anak autisme
Jumat, 09 April 2021 - 09:47 WIB
Psikolog lulusan Magister Psikologi Terapan Universitas Indonesia Diah A. Witasari mengatakan bahwa ...
Pastikan kecukupan asupan vitamin D dan kalium pada anak
Minggu, 04 April 2021 - 14:23 WIB
Ahli nutrisi Emilia Achmadi mengatakan sebagian besar anak-anak berhenti mengonsumsi susu di usia du...
 BKKBN mulai mendata 11,4 juta keluarga di Jateng
Jumat, 02 April 2021 - 19:58 WIB
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Tengah mulai melakukan pr...
Tips ibu tangguh fisik dan keuangan di masa pandemi
Rabu, 31 Maret 2021 - 13:11 WIB
Para ibu agar menjadi tangguh situasi pandemi saat ini selain bahagia juga harus sehat sekaligus mem...
Literasi Gizi Untuk Orang Tua Lintas Generasi
Selasa, 23 Maret 2021 - 15:34 WIB
Sudahkah Anda memperhatikan isi piring anak-anak kita? Literasi gizi masyarakat Indonesia saat ini m...
Kekuatan mental orang tua diuji saat rawat anak down syndrome
Minggu, 21 Maret 2021 - 13:16 WIB
Persatuan Orang Tua Anak Down Syndrome (POTADS) membagikan tips dalam merawat anak- anak yang memili...
Stimulasi kunci anak `down syndrome` berkembang dengan baik
Sabtu, 20 Maret 2021 - 19:38 WIB
Ahli sitogenetika Dr. dr. Lydia Pratanu, MS menyatakan bahwa stimulasi menjadi kunci untuk pertumb...
NIPT cara baru cek kelainan kromosom pada usia awal kehamilan
Sabtu, 20 Maret 2021 - 17:14 WIB
Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) yang sekarang sudah berkembang bisa menjadi cara baru untuk menge...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV