MUI Sumut ikuti fatwa MUI Pusat
Elshinta
Senin, 06 April 2020 - 16:47 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 MUI Sumut ikuti fatwa MUI Pusat
Sumber Foto: Diurnawan/elshinta.com.

Elshinta.com - Wakil Ketua MUI Sumut, DR.H Maratua Simanjuntak mengatakan, pihaknya tetap berpedoman pada Fatwa MUI Pusat, terkait prosedur pelaksanaan salat tarawih dan lainnya, dalam rangka pencegahan penyebaran virus COVID-19. 

“Guna menindaklanjuti jelang puasa Ramadan, fatwa kan sudah ada, tinggal sekarang kita akan rapat koordinasi dengan pemerintah, sekarang tanggap darurat itu sifatnya bagaimana. Jadi, penerapannya sekarang akan kita bicarakan,” jelas DR.H. Maratua Simanjuntak usai menggelar rapat koordinasi MUI dengan Polda Sumut, di kantor MUI Sumut Jl Sutomo Ujung Kota Medan, Senin (6/4). 

Ditegaskan Maratua, tidak ada pelarangan untuk pelaksanaan ibadah salat tarawih secara berjamaah selama bulan Ramadan. Hanya saja, ibadah sebaiknya dilakukan di rumah atau di daerah yang statusnya masih negatif dari kasus COVID-19. Mengingat saat ini Sumut sudah bersatus Tanggap Darurat COVID-19.

“Selama masih memungkinkan itu kita berharap pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan itu juga akan membuat kita lebih dekat kepada Tuhan dan berkesempatan berdoa. Tapi kita juga tetap berpikir jangan sampai menimbulkan penyebaran COVID-19," ujarnya. 

"Untuk itu kita bicarakan karena daerah masing-masing juga harus membicarakan aplikasi daripada fatwa itu," tambahnya. 

Menurut Maratua, fatwa itu memang juga sudah mengarahkan, kalau sudah saatnya terlihat maka boleh untuk tidak atau sebaiknya, tidak menjalankan salat tarawih berjamaah di masjid. "Tarawih boleh saja, tetapi di rumah masing-masing,” imbau Maratua seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan.

Maka, MUI melalui Komisi Fatwa MUI akan menyikapi terkait prosedur pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan, untuk disesuaikan dengan imbauan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran COVID-19.

 Hal itu juga akan disesuaikan dengan kondisi penyebaran COVID-19 di setiap kabupaten/kota di Sumut. “Sama halnya juga Shalat Jumat, akan terus selalu kita pantau," tegasnya. 

"Kita tanya hubungannya dengan pemerintah bagaimana situasinya sekarang baru kita tetapkan. Jumat yang lalu kan kita press release bahwa jumat itu tetap dilaksanakan. Kalaupun daerah-daerah tertentu ada yang ternyata gak bisa lagi kumpul-kumpul. Jadi, tidak terlalu terikat dengan semua daerah untuk melihat situasi dan kondisi masing-masing,” ucapnya.

Namun, untuk masjid yang berada di wilayah yang berstatus zona merah dan potensi rawan penyebaran COVID-19, dihimbau untuk meniadakan salat tarawih di masjid. Termasuk masjid yang diperuntukan bagi orang-orang musafir.

“Ya itulah, karena sudah tanggap darurat nanti kita akan melihat daerah – daerah mana yang umpamanya masjid yang dia tempat orang musafir ya itu mungkin akan lebih memungkinkan untuk penyebaran virus ya mungkin itu ditutup. Seperti kita lihat pada dari jumat yang lalu. Ada masjid yang pinggir jalan mereka tidak lakukan jumat. Jadi, tidak bisa secara umum dia, secara parsial mungkin barangkali,” ucapnya. 

Begitupun, MUI Sumut tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol pemerintah untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Hal itu tentu demi kebaikan semua warga Indonesia.

“Imbauan kita (MUI) selalu saya mengatakan supaya kita ikutlah karena ahlinya orang-orang kesehatan. Orang – orang kesehatan menganjurkan kita di rumah, ya di rumah lah. Kita cuci tangan, kita cuci tanganlah. Kita ikutilah itu karena dalan agama Islam juga kita harus patuh kepada Allah, rasul dan Ulil Amri yaitu pemerintah,” jelas Maratua. 

MUI juga sampai saat ini masih menerapkan fatwa MUI Nomor 14 tahun 2020 untuk menjadi pedoman masyarakat beribadah saat bulan Ramadan, sekaligus meneruskan fatwa terkait anjuran pelaksanaan salat  Status pandemi global wabah COVID-19, mengharuskan pemerintah Indonesia mengambil langkah cepat untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Salah satu upaya pemerintah adalah mengeluarkan maklumat dan protokol untuk pembatasan sosial skala besar, di tengah-tengah wabah COVID-19.

Memasuki bulan Ramadan 1441 H yang dijadualkan mulai 25 April nanti, seluruh umat muslim juga dihadapkan pada kegiatan ibadah seperti tarawih, tadarus, dan safari Ramadan. Pelaksanaan ibadah ini juga dilakukan secara berjamaah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wali Kota Pekanbaru imbau warganya gelar Salat Idul Fitri di rumah
Rabu, 20 Mei 2020 - 08:24 WIB
 Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengimbau umat muslim di Ibu kota Provinsi Riau itu untuk tidak melaks...
Menag: `Deadline` kepastian ibadah haji ditunda hingga awal Juni
Rabu, 20 Mei 2020 - 07:18 WIB
Untuk menentukan kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M, Pemerintah Indonesia menunggu ke...
Rumah Zakat akan bangun 33 titik lumbung pangan
Selasa, 19 Mei 2020 - 20:25 WIB
Rumah Zakat berupaya memanfaatkan dana Zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) dengan mendirikan l...
Istiqlal pastikan tidak ada takbiran dan Shalat Id
Selasa, 19 Mei 2020 - 17:37 WIB
Masjid Istiqlal memastikan tidak ada takbiran dan shalat Idul Fitri (id) seiring belum ada penurunan...
MUI: Zakat boleh dimanfaatkan untuk penanggulangan COVID-19. Begini ketentuannya
Selasa, 19 Mei 2020 - 10:42 WIB
Sebagai bentuk antisipasi pelaksanaan serah terima zakat di tengah pandemi COVID-19, Majelis Ulama I...
500 paket sembako Bakti Alumni Akpol bagi penyapu jalanan di Kudus 
Selasa, 19 Mei 2020 - 10:09 WIB
Alumni Akademi Kepolisian angkatan 99 (Endra Dharmalaksana) memberikan bantuan 500 paket sembako kep...
Andre Rosiade sarankan bansos dalam bentuk tunai di tengah COVID-19
Senin, 18 Mei 2020 - 12:03 WIB
Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade menyarankan agar mengubah penyaluran bantuan s...
Motor listrik bertanda tangan Jokowi laku Rp2,5 miliar
Senin, 18 Mei 2020 - 06:10 WIB
Motor listrik buatan anak bangsa yang bertanda tangan Presiden Jokowi akhirnya laku Rp2,5 miliar dal...
Pemerintah ajak masyarakat bantu disabilitas di masa pandemi
Minggu, 17 Mei 2020 - 15:49 WIB
Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengajak masyarakat untuk membantu kom...
 Pelindo1 kembali salurkan APD untuk rumah sakit dan puskesmas
Sabtu, 16 Mei 2020 - 18:25 WIB
PT Pelindo 1 memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) ke rumah sakit, puskemas dan fasilitas kes...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV